Keindahan dari alam Jepara tak hanya ada di Karimun Jawa saja. Banyak wisata air di Jepara yang belum tereskplorasi, satu diantaranya adalah air terjun. Air Terjun di Jepara memiliki potensi untuk dijadikan destinasi wisata. Berikut ini ulasan beberapa air terjun yang layak untuk jadi destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi.

1. Air Terjun Songgo Langit

* sumber: explorewisata.com

Air terjun Songgo Langit merupakan satu destinasi wisata air terjun yang terbaik di Jepara. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dengan lebar sekitar 20 meter. Penamaan Songgo langit karena penampakan dari air terjun yang seolah-olah seperti sedang menyangga langit.

Pada bagian bawah air terjunnya terdapat sebuha kolam, yang sayangnya tidak dapat kamu gunakan untuk berenang. Pada kolam di bawah air terjunnya terdapat palung yang kedalamannya sekitar 8 meter, sehingga kamu harus berhati-hati saat berwisata di air terjun ini terutama di bagian kolam.

Keindahan dari air terjun ini adalah hadirnya kupu-kupu yang beraneka warna yang membuat siapa saja yang memandangnya akan terpesona. Selain itu pada bagian tebing terdapat tumbuhan hijau yang membuat tempatnya menjadi asri dan juga sejuk serta menenangkan jiwa.

  • Alamat : Dukuh ngelencer, Ds. Bucu, Kec. Kembang, Kab. Jepara. Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp2.000

2. Air Terjun Jurang Nganten

* sumber: luluknisak23.wordpress.com

Air Terjun Jurang Nganten merupakan air terjun yang kental dengan kisah percintaan, yang pada akhirnya menjadi nama dari air terjunnya. Air terjun ini memiliki legenda dua muda-mudi yang pernikahannya tidak disetujui oleh orangtua, dan terperosok ke dalam jurang ketika melarikan diri.

Walau kisahnya tragis, tetapi tempat ini berbanding terbalik dengan kisahnya. Air Terjun Jurang Nganten ini memiliki alam yang masih teramat asri, dengan airnya yang masih jernih. Kesejukan dari tempat ini akan membuat kamu betah berlama-lama menikmati keindahan air terjunnya.

Tempat ini juga cukup jarang dikunjungi, sehingga kamu akan merasa tenang di sini. Ada dua jalur menuju air terjun ini, yang pertama akan mengarahakanmu pada bagian atas air terjunnya. Sedangkan jalur kedua akan membawa ke bagian bawah air terjun, berhati-hatilah karena jalannya cukup licin.

  • Alamat : Ds. Tanjung, Kec. Pakis Aji, Kab. Jepara. Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

 3. Air Terjun Kedung Ombo

Air Terjun Kedung Ombo ini terdapat di Desa Papasan, jaraknya sekitar 30 Km dari pusat Kota Jepara. Tempatnya masih sangat alami, karena minim sentuhan manusia. Satu keindahan yang unik dari air terjun ini adalah bentuk batuan pada tebingnya yang bertumpuk dengan rapi berbentuk persegi.

Air terjun yang letaknya masih di kawasan lereng Gunung Muria, membuat udaranya terasa dingin terutama dimusim hujan. Airnya yang juga jernih dan alamnya yang masih alami, dijamin kamu akan merasa betah berada di sini. Perjalanan menuju air terjun ini juga tidak kalah indahnya.

Selam perjalanan menuju air terjun, kamu akan disuguhi oleh persawahan, hutan, dan juga sungainya yang masih alami. Akses menuju air terjun ini cukup sulit, sehingga memerlukan perhatian dari pemerintah. Tetapi udara sejuk akan menemanimu selama perjalanan menuju air terjunnya.

  • Alamat : Ds. Papasan, Kec. Bangsri, Kab. Jepara. Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

 4. Air Terjun Kalen Wates

* sumber: www.travelxtrans.com

Air Terjun kalen waes juga dikenal dengan nama Air Terjun Jabung, hal itu karena lokasi dari air terjun ini berada di Desa Jabung. Keindahan dari air terjun ini belum banyak diketahui oleh orang banyak. Hal itu menjadikan air terjun ini tempat yang cocok untuk orang yang mencari suasana tenang.

Udara di sekitar air terjun terasa sejuk, dan terasa sangat syahdu dengan suara gemericik air yang  yang jatuh menghilangkan penat yang melanda. Keindahan dari air terjun ini juga memiliki akses yang cukup mudah. Kamu dapat menggunakan kendaraan roda empat atau juga kendaraan roda dua.

  • Alamat : Dukuh Jabung, Ds. Tanjung, Kec. Pakis Aji, Kab. Jepara. Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : –

5. Air Terjun Suroloyo

* sumber: www.picuki.com

Satu keindahan lagi yang masih tersembunyi di Kabupaten Jepara yaitu Air Terjun Suroloyo. Walau ketinggian air terjunnya hanya sekitar 10 km, tetapi pemandangan alam sekitarnya masih asri. Jarak dari air terjun ini sekitar 36 km dari pusat kota Jepara, dengan akses yang cukup sulit ditempuh.

Sekalipun akses menuju air terjunnya sulit , tetapi kamu tidak akan menyesal dengan keindahan yang ditawarkan oleh tempat ini. Udara yang bersih dan sejuk akan menemani saat berwisata di tempat ini. Kealamian dari air terjun ini menjadi satu keindahan yang tampak belum terjamah tangan manusia.

Letak air terjun ini hanya diketahui oleh masyarakat Desa Bungu. Selain itu air terjun ini masih digunakan oleh masyarakat dalam kehdipan sehari-hari. Oleh karena itu masyarakat berharap kepada para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk tidak membuang sampahnya sembarangan.

  • Alamat : Dusun. 7, Ds. Bungu, Kec. Mayong, Kab. Jepara. Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp5.000 

6. Air Terjun Dung Paso

* sumber: www.picuki.com

Air Terjun Dung Paso biasa juga disebut dengan Air Terjun Kedung Paso. Hal itu dikarenakan terdapat kubangan air yang menyerupai wadah air. Air terjun ini masih alami dengan dua tebing yang mengapitnya. Kamu akan menemukan air yang mengalirnya terlihat jernih dengan suara gemericiknya.

Pemandangan yang asri dengan pepohonan hijau membuat mata yang memandang terasa segar. Perjalanan menuju air terjun ini juga terasa menyenangkan dengan aliran sungai yang masih jernih dan hijaunya pepohonan. Tempat ini membuat tertarik untuk menceburkan diri disegarnya air terjun.

  • Alamat : Dsn. Somosari 7, Ds. Somosari, Kec. Batealit, Kab. Jepara. Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka : 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp3.000
  • Parkir : Motor Rp5.000, Mobil Rp10.000

7. Air Terjun Kedung Bobot

Air Terjun Kedung Bobot merupakan air terjun yang tidak terlalu tinggi, dengan alamnya yang masih asri. Air terjun ini memiliki debit air yang sangat deras, terutama saat dimusim penghujan. ada dua jalan menuju air terjunnya jalur pejalan kaki dan jalur untuk kendaraan berat pengangkut batu kali.

Gemericiknya air terjun Kedung Bobot akan sejenak melepaskan penatmu, selain pemandangan gunung di sekitar yang masih hijau. Masyarakat lokal menyarakan agar Kedung Bobot ini dikunjungi pada hari jumat, karena pada hari itu aliran airnya jauh lebih jernih di banding hari yang lain.

  • Alamat : Dkh. Krajan RT 12 RW 03, Ds. Somosari, Kec. Batealit, Kab. Jepara. Prov. Jateng
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

8. Air Terjun Banyu Anjlok

Akses menuju air terjun ini terbilang cukup ekstrim, sehingga jarang orang yang berkunjung ke tempat ini. orang yang inging berkunjung ketempat ini harus menyiapkan stamina yang cukup besar. Warga Desa tempat air terjun ini sendiri awalnya tidak menyangka bahwa ada air terjun di daerahnya.

Debit air dari air terjun ini tidak besar, tepai benturan dengan tebing membuat kamu dapat mendengar suara gemericiknya air yang jatuh. Pemandangan disekitar yang masih alami dengan rimbunnya pepohonan hijau akan membuat kamu terpesona oleh keindahannya.

  • Alamat : Dkh. Sewengen, Ds. Somosari, Kec. Batealit, Kab. Jepara. Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

9. Air Terjun Sumenep

* sumber: airterjunsumenep.blogspot.com

Air Terjun Sumenep merupakan air terjun yang masih jarang dikunjungi, sehingga alamnya masih alami dan asri. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan, pada tingkat dua merupakan air terjun yang dianggap paling indah. Hal itu karena dinding yang membentuk setengah lingkaran dengan tiga aliran airnya.

Air terjun ini masih digunakan oleh masyarakat sebagai sumber air, sehingga orang yang berkunjung tidak boleh membuang sampah sembarangan. Tempatnya yang belum terjamah banyak orang membuat tempat ini tenang dan sejuk, serta tidak berdesakan dengan banyak orang.

  • Alamat : Dkh. Setro, Ds. Batealit, Kec. Batealit, Kab. Jepara. Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : –
  • Parkir : Rp3.000

10. Air Terjun Nongko Pace

Air Terjun Nongko Pace merupakan air terjun untuk penyuka petualangan. Letak dari air terjun tersembunyi dengan pemandangan yang asri menjadikan perjalan menuju air terjun menjadi menarik. Kamu akan ditemani oleh rimbunya pepohonan hijau dan udara yang sejuk selama perjalanan,

Air terjun ini masih belum banyak pengunjung, sehingga kamu akan mendapatkan ketenangan yang kamu inginkan. Pemandangan yang mempesona dari ketinggian air terjun ini memberikan sensasi yang luar biasa. Air terjun ini dipercaya merupakan air terjun tertinggi di Kabupaten Jepara.

  • Alamat : Ds. Somosari, Kec. Batealit, Kab. Jepara. Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : –

Itulah beberapa air tejun di Jepara yang masih banyak belum diketahui orang. Sebuah surga wisata air yang masih alami dan tersembunyi. Indahnya air terjun yang alami masih dapat terjaga jika kita tetap memeliharanya dengan baik, yaitu dengan cara tidak membuang sampah di tempat wisata. Jangan lupa bawa kembali sampah  makanan yang kamu bawa agar air terjunnya senantiasa alami dan bersih.

Previous articlePasar Baru di Bandung Menyimpan Kuliner Jaman Dulu
Next articleAquarium Ikan Hias Dijual di Toko-toko Khusus di Kota Bandung