Magetan yang merupakan daerah yang berbatas dengan provinsi Jawa Tengah, daerah ini menawarkan kuliner yang istimewa dengan harga yang cukup terjangkau. Magetan memiliki  kuliner khas yang layak kamu coba.

Ingin wisata kuliner di Magetan? Simak ulasan beberapa kuliner dari Kota Magetan yang dapat kamu cicipi yang berbeda dari daerah lainnya berikut ini.

1. Ayam Panggang Gandu

Ayam panggang yang satu ini merupakan masakan khas Magetan yang berasal dari Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Magetan. Desa ini merupakan sentra dari kuliner ayam panggang, kebanyakan masyarakat menjual ayam panggang langsung di rumah mereka masing -masing.

Ayam yang mereka pakai adalah ayam kampung, dengan pengolahan yang masih menggunakan cara tradisional. Ayam yang telah diberi bumbu akan dipanggang di atas tungku yang terbuat dari tanah liat, dengan bahan bakarnya menggunakan kayu. Ayam dibakar dalam beberapa jam sambil diolesi.

Kuliner ayam panggang Gandu yang terkenal di Magetan adalah ayam panggang Bu Setu. Ayam panggang Bu Setu memiliki dua pilihan bumbu yang jadi favorit, yaitu bumbu pedas dan juga bumbu gurih. Ayam panggang ini ditemani sambal terasi, sambal bawang, lalapan, bothok dan tentu saja nasi.

2. Tepo Tahu

Makanan tepo tahu merupakan makanan yang hampir mirip dengan makanan kupat tahu. Perbedaan tepo tahu dengan lontong tahu atau kupat tahu ada pada bentuk lontongnya. Tepo tahu dibentuk menjadi bentuk limas atau juga piramida, dengan bahan dasar lontongnya sama yaitu beras.

Tepo tahu merupakan makanan yang terdiri dari lontong dengan lauknya berupa irisan tahu, telor dan juga tempe dengan bentuk dadu.  Lontong ini disiram dengan menggunakan bumbu kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan. Tepo dapat dikominasi juga dengan kikil sapi.

Jika kamu mau mencicipi kuliner ini, kamu akan menemukannya dengan mudah pada pagi hari. Santapan ini dapat kamu temukan di sekitar lorong pasar Jalan Mayjen Sungkono, dan juga Sukowinangun, serta yang lain. Makanan ini akrab di dompet, tetapi tidak mengurangi kelezatannya. 

3. Nasi Pecel Pincuk Magetan

Pecel pincuk merupakan penganan yang berisikan nasi dan juga beberpa lauk pauk. Makanan ini baisanya makanan ini disajikan dengan menggunakan daun pisang. Nasi pencel pincuk juga disertai dengan kerupuk, peyek, telur, tempe goreng, dan juga sambal kacangnya.

Makanan ini mudah kamu temukan di setiap sudut kota, sehingga kamu dapat mencicipi kelezatannya tanpa harus susah mencari. Harga nasi pecel juga cukup terjangkau, bahkan terbilang murah. Satu warung yang terkenal menjual pecel pincuk adalah warung Bu Parti yang letaknya di pusat kota.

4. Sate Kelinci Magetan

Magetan merupakan kota yang terkenal juga akan kuliner sate kelincinya. Banyak warung makan di Magetan menyediakan menu sate kelinci. Sate kelinci memiliki rasa yang gurih dan kenyal. Sate kelinci biasanya diberi bumbu pecel dan disantap dengan lontong sebagai teman bersantapnya.

Jika kamu ingin mencicipi sate kelinci, kamu dapat menemukan dengan mudah  kuliner ini di desa-desa di Magetan. Tempat yang banyak dikenal untuk menikmati sate kelinci adalah sate kelinci Telaga Sarangan. Harga dari sate kelinci disini sekitar 15 ribu rupiah dengan isi 10 tusuk sate. 

5. Manisan Kulit Jeruk Pamelo

Jeruk pamelo merupakan hasil bumi terbesar yang dihasilkan oleh Kota Magetan. Sentra dari pembuatan manisan jeruk pamelo sendiri berada di Desa Tambak, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan. Manisan dari jeruk pamelo ini sering juga disebut dengan nama kurmelo.

Pembuatan manisan jeruk ini dimulai saat banyak kulit jeruk pamelo yang membusuk dan hanya di berikan kepada sapi untuk dijadikan pakan. Akhirnya masyarakat mencoba untuk mengolah kulit pamelo. Rasa segar, manis, dan asam dari manisan kulit jeruk pamelo menjadi keunikan tersendiri.

Jika kamu ingin merasakan kesegerakan dari manisan kulit jeruk pamelo ini, kamu dapat membelinya dengan harga sekitar 10 ribu per bungkus untuk ukuran 125 gram. Kini manisan kulit jeruk pamelo juga telah banyak di pasarkan ke luar Magetan. Jangan lupa ya, untuk mencoba manisan ini.

6. Sempolan

Sempolan merupakan camilan atau jajanan khas Magetan yang biasanya di tunggu di saat bulan Ramadhan. Sempolan merupakan makanan dari olahan tepung tapioka yang ditusuk dengan lidi lalu dibalut dengan telur yang lembut. Sempolan memiliki tekstur yang kenyal setelah digoreng.

Sempolan ini bisa kamu santap dengan saus kacang atau juga dengan saus merah yang pedas. Sempolan ini juga dapat kamu tambahkan gilingan daging ayam untuk rasa yang lebih lezat. Kamu dapat menemukan makanan ini di warung-warung di Magetan terutama di daerah Gorang-gareng.

7. Jerangking

Jerangking merupakan camilan kerupuk tradisional yang dibuat dari beras ketan. Jerangking memiliki rasa yang khas dan berbeda jika dibandingkan dengan kerupuk yang biasanya kita makan. Jerangking bisa kamu jadikan oleh-oleh sepulangnya kamu dari Kota Magetan.

Jerangking merupakan makanan yang banyak dicari disaat momen lebaran tiba. Keunikan dari rasa jerangking yang alami menjadi alasan jerangking banyak disukai dan diminati oleh wisatawan yang datang ke Magetan. Jerangking ini masih di proses dengan cara yang masih alami.

Proses pembuatan jerangking masih menggunakan sinar matahari pada proses pengeringannya. Selain itu jerangking dimasak bukan dengan cara digoreng melainkan dipanggang dengan arang kayu bakar. Proses pembuatannya membuat kenimatan rasa jerangking yang alami tetap terjaga.

8. Getuk Lindri

Getuk lindri mungkin nama makanan yang sering kamu dengar, camilan yang berasal dari singkong  yang dihaluskan dan dibentuk seperti mie. Getuk lindri memiliki warna-warna yang cantik yang menggugah selera dengan taburan kelapa parut yang memberikan paduan rasa manis dan gurih.

Getuk merupakan penganan yang biasanya hadir pada acara-cara besar seperti hajatan atau acara pernikahan. Jika kamu ingin mencicipi getuk khas Magetan kamu bisa mencobanya di satu tempat produsen getuk yang terkenal di Magetan yaitu getuk Diana yang berada di jalan Timor Magetan.

9. Jenang Candi

Jenang candi adalah kuliner khas Magetan yang dibuat dari tepung ketan, gula dan santan, dengan lama pembuatan hingga 8 jam. Nama jenang candi sendiri merupakan nama dari desa tempat jenang tersebut dibuat yaitu Desa Candi. Jenang yang diproduksi di Desa Candi telah dimulai sejak tahun 1993.

Jika kamu ingin menjadikan jenang candi sebagai oleh-oleh untuk dapat dibawa pulang, kamu dapat langsung membelinya di Desa Candi. Kamu akan mendapatkan jenang dengan rasa yang otentik. Jenang memiliki tekstur yang benar-benar legit, dengan taburan wijen sebagai hiasan.

10. Sate Jamur Tiram

Sate dari jamur tiram dari Magetan ini rasanya tidak kalah dari sate yang  jamur dari kota yang lain. Sate jamur Tiram khas Magetan sudah cukup terkenal di kota-kota besar seperti Jakarta. Sate Jamur tiram juga merupakan kuliner favorit untuk di coba saat kamu singgah di Kota Magetan.

Sate yang menggunakan jamur putih ini memliki rasa yang khas, rasanya yang mirip dengan daging cocok untuk kamu pencinta kuliner vegetarian. Kamu dapat mencicipi jamur ini dengan harga yang terjangkau sekitar 10 ribu rupiah dengan lontong sebagai tambahan.

Itulah makanan khas dari Magetan yang dapat kamu cicipi dengan harga yang cukup terjangkau. Kenimatan dan kelezatan dari kota Magetan ini menunggu untuk kamu cicipi. Setiap kulinernya memiliki rasa yang istimewa untuk kamu coba. Dari semua jenis makanannya , makanan manakah yang ingin kamu coba?

Previous article10 Air Terjun Terbesar di Dunia dengan Panorama yang Memukau
Next article10 Rekomendasi Menu di Pizza Hut yang Paling Enak