Dikenal sebagai kota pisang, Lumajang berhasil memenuhi hampir semua kebutuhan pisang yang ada di Pulau Jawa. Selain terkenal karena pisangnya, kota Lumajang juga memiliki beragam destinasi wisata yang bisa jadi tujuan berlibur.

Kalau kamu berwisata ke Lumajang, jangan lupa untuk membeli oleh-olehnya. Ada banyak pilihannya. Berikut 10 rekomendasi oleh-oleh khas Lumajang untuk kamu pilih.

1. Kue Lupis

Kalau kamu bertandang ke Kota Lumajang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Lumajang yang pastinya akan membuat keluarga di rumah bahagia. Kota ini memiliki banyak oleh-oleh, salah satunya berupa kue tradisional yang bernama lupis.

Kue lupis dibuat menggunkan ketan yang dikukus lalu dihaluskan. Sebagai tambahannya kue lupis diberi taburan kelapa parut dan kucuran saus gula merah yang rasanya legit. Dalam pembuatannya kue ini tidak memakai zat kimia jadi aman untuk dikonsumsi.

Jadi selain rasa manis dan gurih dari kue ini, tidak adanya tambahan zat kimia membuat banyak orang yang menyukai kue ini. Tak heran jika lupis jadi makanan favorit wisatawan yang singgah atau berlibur ke  di Lumajang. Kue ini bisa kamu dapatkan di Jl. Panglima Besar Sudirman No. 51.

2. Tape Pisang

Lumajang yang merupakan kota pisang, pastinya memiliki banyak olahan dari bahan pisang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lumajang. Salah satu panganan yang dibuat dari pisang dan disukai oleh wisatawan adalah tape pisang.

Tape Pisang ini memiliki rasa yang sangat nikmat, teksturnya lembut dan manisnya pas. Tak hanya itu, Tape pisang ini juga sekarang sudah dikemas sangat praktis dan rapi sehingga bisa dibawa sebagai oleh-oleh bagi mereka yang datang ke Lumajang dari tempat yang jauh.

Untuk membeli tape pisang ini sangatlah mudah. Banyak toko oleh-oleh di daerah Lumajang yang sudah menjual makanan khas kota ini. Harga yang ditawarkan untuk bisa mencicipi tape pisang ini cukup terjangkau, per kotaknya tape pisang dijual dengan harga mulai dari Rp12.500.

3. Keripik Pisang

Olahan pisang lainnya yang bisa kamu bawa untuk jadi oleh-oleh khas Lumajang adalah keripik pisang.  Oleh-oleh ini bisa dengan mudah kamu temui di kota pisang ini. Oleh-oleh berupa keripik pisang adalah oleh-oleh yang wajib kamu beli ketika berkunjung ke Lumajang.

Seperti namanya, pastilah keripik ini dibuat dari pisang sebagai bahan dasarnya. Pisang tersebut dikeringkan kemudian diproses sedemikian rupa sehingga berubah menjadi keripik  pisang yang nikmat sekali. Teksturnya renyah dan rasanya lezat. Makanan ini cocok jadi camilan saat berkumpul bersama.

Di Lumajang, keripik pisang dijual dalam beberapa merek. Yang terkenal di antaranya Keripik Pisang Oven, Keripik Kirana, juga Keripik Pisang Madu. Untuk membeli semua merek keripik pisang ini, kamu bisa singgah di pusat  oleh-oleh di sekitar Lumajang.

Untuk urusan rasa, keripik pisang ini tersedia dalam beberapa varian. Ada rasa original juga ada rasa madu dan varian rasa lainnya. Soal harga, camilan ini dijual sekitar Rp10.000/bungkus.

4. Pisang Agung

Terkenal sebagai kota pisang, oleh-oleh khas Lumajang tak jauh dari pisang tentunya. Salah satu jenis pisang yang merupakan khas Lumajang adalah pisang Agung. Pisang ini memiliki ukuran tiga kali lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran pisang lain pada umumnya.

Pisang Agung adalah salah satu komoditas pisang terbaik yang ada di Lumajang. Maka kamu wajib membawa pisang ini untuk oleh-oleh orang tersayang di rumah. Tak susah untuk mendapatkan pisang ini jika kamu ingin membelinya.

Ini dikarenakan pisang agung dapat kamu jumpai di sepanjang Jalan Raya Lumajang. Ada banyak penjual buah-buahan yang menjajakan pisang ini. Untuk satu tandan pisang agung harga yang ditawarkan sekitar Rp70.000 sampai Rp125.000.

5. Keripik Nangka

Tak hanya olahan pisang, kota Lumajang di Jawa Timur ini juga memiliki olahan buah-buahan lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lumajang. Olahan ini berupa keripik yang dibuat dari buah nangka. Keripik nangka nama olahannya. Camilan ini banyak dijual di pusat oleh – oleh di Lumajang.

Rasa keripik ini tidak terlalu manis tapi cukup gurih dan teksturnya sangat renyah jadi cocok sekali untuk dijadikan camilan saat bersantai. Keripik nangka ini memiliki bungkus yang sangat praktis sehingga memudahkan jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh. Kemasan dari keripik ini juga sangat praktis sama seperti keripik lainnya sehingga sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh.

6. Keripik Ketela Ungu

Tak hanya nangka dan pisang yang dijadikan sebagai bahan untuk membuat makanan olahan. Ketela ungu pun bisa disulap menjadi camilan renyah yang sehat. Oleh-oleh khas Lumajang ini berupa keripik ketela ungu yang dijamin pasti membuat kamu tidak bisa berhenti makan.

Mungkin kamu pernah mencicipi keripik yang satu ini. Jika kamu bertandang ke Lumajang, pastikan untuk tak melewatkan keripik ketela ungu ini. Rasanya manis legit serta teksturnya renyah tak beda dari kebanyakan keripik. Makanan ini bisa kamu temukan di pusat oleh-oleh khas Lumajang.

7. Keripik Talas

Kalau tadi ada ketela ungu, nah, yang satu ini juga berasal dari umbi-umbian. Oleh-oleh khas Lumajang ini masih berupa keripik dengan bahan utamanya talas. Jadilah keripik talas yang mempunyai rasa yang gurih juga teksur yang renyah. Pas untuk disantap sambil nonton TV.

Keripik talas dari Lumajang ini dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet jadi aman untuk dikonsumsi. Kalau kamu mencari makanan ini untuk oleh-oleh, cukup datangi saja toko oleh-oleh yang berada di pinggir-pinggir jalan kota Lumajang.

8. Keripik Tempe

Sepertinya Kota Lumajang memiliki beragam camilan dalam bentuk keripik. Satu lagi oleh-oleh dari kota pisang ini adalah keripik tempe. Makanan ini juga bisa dijumpai di kota-kota lain di Indonesia, tetapi tak ada salahnya jika kamu mencoba keripiki tempe khas Lumajang.

Keripik tempe khas Lumajang ini selain gurih dan juga memiliki tekstur yang renyah. Tentu saja makanan ini cocok untuk jadi camilan saat bersantai atau jadi teman nasi. Keripik tempe dari Lumajang ini dapat kamu dapatkan di toko-toko yang menjajakan oleh-oleh khas Lumajang ini.

9. Kue Latok

Pernah mendengar nama kue latok? Kue tradisional ini merupakan makanan asli khas Lumajang. Meski merupakan kue tradisional, tapi makanan ini sudah menjadi favorit banyak orang. Warna hijau dan merah yang dimiliki kue ini sangat menarik sehingga orang tertarik untuk membeli.

Kue latok bisa ditemui di kota lain tapi kue latok dari Lumajang ini mempunyai ciri khasnya sendiri. Saat disajikan, kue latok diberi taburan kelapa parut yang banyak. Ketika mengunjungi kota Lumajang, kamu akan bertemu dengan para penjual kue latok yang jumlahnya banyak.

Hal ini wajar sekali mengingat kue yang satu ini asalnya memang dari Kota Lumajang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal sehingga mudah sekali dikunyah. Hadir dalam bermacam variasi warna, kue tradisional ini memiliki penampilan yang terlihat menggoda.

10. Ketan Koro

Satu makanan tradisional yang enak untuk dijadikan oleh-oleh khas Lumajang yaitu ketan koro. Tekstur makanan yang berbahan utama ketan ini  layak untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke kota Lumajang.

Ketan merah menjadi bahan yang digabung dengan koro dan parutan kelapa membuat rasanya menggoda. Itulah mengapa kamu jangan lupa untik membawa oleh-oleh khas Lumajang ini. Kamu bisa mendatangi lapak Umi Kalsum di daerah Karangbendo. Harganya murah hanya cuma Rp1.000.

Bagaimana menurutmu makanan-makanan di atas? Menarik untuk dicoba, kan? Jadi, kalau kamu datang ke Kota Lumajang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khasnya. Kamu bisa memilih dari rekomendasi makanan di atas.

Previous article10 Jenis Kimono yang Biasa Dikenakan Perempuan Jepang
Next articleSimak 7 Tips Merayakan Tahun Baru Agar Semakin Berkesan