Ngawi merupakan sebuah kota yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Setelah lelah berwisata di kota Ngawi kamu mungkin memerlukan buah tangan khas dari kota Ngawi untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Ingin tahu apa saja oleh-oleh khas Ngawi? Sebelum berlibur ke Ngawi, simak dulu yuk ulasannya berikut ini!

1. Keripik Tempe

Keripik tempe mungkin makanan yang tidak asing buat kamu, makanan ringan ini banyak ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Satu diantaranya yang memiliki camilan khas ini adalah Kota Ngawi. Makanan ringan ini biasa dijadikan oleh-oleh disaat mereka datang berkunjung ke kota ini.

Keripik tempe khas Ngawi dibuat dengan ukuran yang lebih tipis sehingga akan terasa renyah saat digigit. Camilan ini biasanya dicetak dengan bentuk persegi dengan adonan tepung yang sedikit. Keripik tempe dari Ngawi ini memiliki varian rasa yang beragam, tak hanya yang memiliki rasa original.

Keripik tempe merupakan camilan yang mudah untuk kamu dapatkan saat  berkunjung ke Kota Ngawi. Kamu bisa mendapatkan makanan ini di pusat oleh-oleh yang terdapat di kota ataupun di toko daring.

2. Coklat Tempe

Ngawi yang merupakan sentra penghasil tempe, mengeluarkan inovasi seputar penganan tempe yaitu coklat tempe. Kamu mungkin heran bagaimana tampilan dan rasa dari coklat tempe ini? Camilan seperti coklat biasanya berisikan kacang-kacangan, pada coklat tempe isian kacang diganti tempe.

Tampilan dari coklat tempe, sama seperti coklat pada umumnya. Campuran kacang dalam coklat diganti dengan keripik tempe. Soal rasa kamu tak perlu ragu, rasanya sama nikmatnya seperti coklat lain pada umumnya. Camilan ini ternyata banyak diburu wisatawan dari luar daerah.

Coklat tempe merupakan camilah hasil dari dua kakak beradik ayng bernama Niken Larasati Sekar  Panglipuringtyas dan Adinda Sitaresmi  Putri Arimurti. Harga yang ditawarkan untuk coklat tempe ini juga cukup terjangkau. 

3. Jenang Ketan

Jenang merupakan makanan ringan yang sejenis dengan dodol, dibuat menggunakan tepung beras atau juga tepung beras ketan. Selain tepung beras, terdapat bahan tembahan seperti gula merah, dan juga santan. Pengolahan jenang pada umumnya hampir sama dengan pembuatan dodol.

Jenang ketan ini bisa kamu jadkan oleh-oleh saat singgah di Kota Ngawi. Camilan ini dapat dengan mudah kamu temukan di pusat oleh-oleh khas Ngawi. Harga yang ditawarkan untuk Jenang khas Ngawi ini dijual dengan harga yang beragam dimulai dari Rp20.000-Rp95.000.

4. Ratu Menyok

* sumber: infoukm.kampoengngawi.com

Ratu menyok merupakan satu penganan yang kekinian yang musti kamu beli saat berkunjung ke Kota Ngawi. Makanan ini merupakan kue yang berbahan dasar singkong. Kue yang dibuat dengan bahan dasar singkong ini adalah jenis kue cheese cake yang dipadu dengan lumeran coklat.

Makanan ringan ini merupakan kreasi dari seorang pemiliki toko kue yang bernama Rizky Satya. Ratu menyok menjadi makanan yang hits dari Kota Ngawi yang harus kamu coba cicipi. Jika kamu tertarik untuk menjadikannya oleh-oleh, jajanan baru dari Ngawi harganya sekitar Rp40.000. 

5. Kue Lapis Lawi

* sumber: infoukm.kampoengngawi.com

Satu lagi jajanan kekinian dari Kota Ngawi yang masuk daftar jajanan yang musti kamu cicipi. Kue lapis lawi ini merupakan jajanan hasil karya dari Andri Raharjo, seorang pengusaha Pawoncake. Jajanan ini diperkenalkan dalam acara Festival Kuliner di Ngawi dan menjadi juara pertama dalam lomba tersebut.

Kue lapis lawi ini tersedia dalam tiga rasa, yaitu rasa original, pandan, dan juga red velvet. Kudapan ini dikemas dengan kemasan yang unik, sehingga menjadi kudapan yang menarik untuk kamu coba. Harga untuk satu kue lapis ini sekitar Rp50.000 per dus. 

6. Dodol Jambu

Kuliner yang satu ini merupakan jajanan asli dari Kota Ngawi. Dodol jambu ini merupakan kreasi dari seorang perempuan asal Ngawi bernama Eva Agustiyana. Dodol ini dibuat dengan menggunakan bahan jambu merah yang banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang manis.

Olahan berbahan dasar jambu ini dikemas dengan sangat cantik dan menarik. Dodol dikemas dengan menggunakan besek sebagai kemasan luarnya. Dodol ini juga dijual secara daring melalui media instagram. Jika kamu tertarik kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp6.000.

7. Ledre

Lendre merupakan makanan yang sejenis dengan egg roll atau juga kue semprong. Kue ini dapat  kamu temukan hampir di semua di kota kota lain di Pulau Jawa. Tetapi setiap kota tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Ledre merupakan makanan memiliki cita rasa manis dan beraroma pisang.

Lendre merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras, telur, pisang raja, santan, gula pasir, dan tentu telur. Makanan sederhana ini bisa kamu jadikan oleh-oleh saat bertandang ke Ngawi.

8. Batik Ngawi

Batik Ngawi dengan motif padi, bambu dan manusia purba atau disebut juga palu purba. Batik dari Ngawi ini merupakan jenis batik tulis. Batik Ngawi merupakan industri rumahan yang berkembang di dua desa yaitu, Desa Munggut di Kecamatan Padas, dan Desa Banyu Biru di Kecamatan Ngambre.

Batik dari Ngawi ini banyak memperlihatkan ragam kekayaan alam dari Kota Ngawi. Batiknya yang dibuat dengan proses batik tulis sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama. Batik khas Ngawi ini di jual dengan harga yang beragam bergantung tingkat kerumitan pembuatannya.

9. Ukiran

Ngawi merupakan kota yang terkenal dengan kerajinan ukiran jatinya. Ada beragam ukiran kayu jati yang dibuat di Kota Ngawi ini. Selain dari furnitur kerajinan dari jati ini juga bisa berupa tempat minuman, hiasan dinding, dan masih banyak yang lainnya. Akarnya pun dapat dijadikan kerajinan.

Para pengrajin ukiran ini perlu  SVLK atau Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu. SVLK dibutuhkan agar masyarakat tahu bahwa kayu yang mereka pasarkan memiliki legalitas untuk diperdagangkan. Sehingga kamu tidak perlu ragu saat membeli barang  berupa kerajinan kayu dari Ngawi ini.

Kamu bisa menjadikan ukiran dari Ngawi ini sebagai buah tangan untuk di bawa pulang. Kamu bisa mendatangi sebuah galeri tempat hasil ukiran-ukiran kayu di pamerkan. Galeri tersebut berada di Desa Banjajero, kecamatan Kedulanggalar. Harga yang ditawarkan pun beragam dariRp20.000-Rp2.000.000.

10. Kaos Ngawi

Selain batik dan kerajinan ukiran kayu, kamu juga musti beli kaos khas dari Kota Ngawi untuk oleh-oleh keluarga. Kaos khas Ngawi memiliki beragam desain yang menunjukan kekhasan dari kota ini. Ada beberapa distro yang memperjual belikan kaos yang memperlihatkan keunikan dari Kota Ngawi.

Jika kamu tertarik untuk menjadikan kaos dari Ngawi sebagai oleh-oleh, kamu dapat membelinya di toko-toko yang menjual suvenir khas Ngawi. Kaos yang mereka tawarakan memiliki kualitas yang baik, serta bahan yang nyaman. Kaos Ngawi ini di jual dengan harga sekitar 90 ribu rupiah.

Itulah beberapa buah tangan atau oleh-oleh yang dapat kamu jumpai saat singgah di Kota Ngawi. Jangan lupa untuk mencoba makan-makanan ringannya yang dapat kamu bawa pulang. Serta tidak lupa beberapa hasil kerajinan Ngawi yang layak kamu beli saat singgah disana.

Previous article10 Peninggalan Kerajaan Singasari yang Penuh Sejarah
Next articleDaftar Agenda Kebudayaan Jepang Sepanjang Tahun