Makanan khas Korea memang sulit untuk ditolak. Hidangan dari Negeri Ginseng ini menggunakan bumbu dan rempah yang khas sehingga rasanya benar-benar lezat. Sama seperti makanan Jepang, di Indonesia sendiri banyak restoran Korea yang menyajikan menu authentic yang mirip dengan makanan di negeri asalnya sampai dengan yang fusion alias sudah dimodifikasi hingga sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Ingin menyantap hidangan khas Korea ketika sedang berada di Surabaya? Yuk, catat rekomendasi restoran Korea di Surabaya dari Keluyuran berikut ini. Restoran-restoran ini ada yang menyajikan menu authentic, ada pula yang fokus menghidangkan makanan Korea yang sudah dimodifikasi.

10 Restoran Korea Enak di Surabaya

1. Baik Su

Tak banyak yang tahu lokasi restoran Korea di Surabaya yang satu ini karena tempatnya memang akan “nyempil” di ruko. Baik Su adalah restoran Korea yang menyajikan menu authentic. Harga makanan di sini tergolong mahal karena bahan-bahan yang digunakan pun berkualitas dan rasa makanannya juga sangat enak.

Menu andalan di Baik Su sudah pasti Korean BBQ-nya. Pilihan dagingnya sangat beragam dan bumbunya sangat meresap ke dalam daging. Selain Korean BBQ, Baik Su juga menawarkan hidangan Korea lain, seperti bibimbap, jajangmyeon, japchae, dan masih banyak lagi. Alamat Baik Su ada di Pertokoan Darmo Park I Blok IV C No. 1, Surabaya.

2. Myoung Ga

* sumber: www.adekumalaputri.com

Restoran Korea di Surabaya Barat ini selalu menjadi favorit bagi masyarakat kota pahlawan yang ingin bersantap hidangan khas Negeri Ginseng dengan harga yang worth dengan cita rasa makanannya. Myoung Ga merupakan restoran yang menghidangkan makanan Korea tradisional. Akan tetapi, suasana di Myoung Ga lebih modern dan nyaman dibanding Baik Su.

Korean BBQ di Myoung Ga adalah yang paling favorit di restoran ini. Selain itu, hidangan Korea lain yang paling sering dipesan antara lain Cheese and Chicke Tteokbokki, Dolsot Bibimbap, dan Beef Bulgogi.

Meskipun harga makanannya mahal, tapi side dish gratis yang diberikan di Myoung Ga sangat banyak dan beragam sehingga banyak pengunjung yang merasa puas dengan restoran ini. Myoung Ga bertempat di Puri Matahari Apartment, Jalan Mayjen HR Muhammad 181, Surabaya.

3. Magal Korean BBQ

Meskipun namanya adalah Magal Korean BBQ, restoran yang satu ini tetap menghidangkan beberapa makanan Korea lainnya meskipun tidak terlalu banyak. Pilihan daging yang tersedia di restoran ini sangat banyak dan harganya pun lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Baik Su dan Myoung Ga.

Di Magal, pengunjung bisa request kepada pelayan untuk dibantu membakar daging. Sambil menunggu daging matang, cicipi aneka side dish yang tersedia. Side dish tersebut free refill alias boleh nambah secara gratis, lho.

Magal Korean BBQ membuka beberapa cabang di Surabaya, di antaranya ada di Jalan Mayjen Sungkono 243C-D; Jalan Raya Manyar Kertoarjo No. 35; dan Pakuwon Square AK 2-37 Jalan Mayjen Yono Soewoyo.

4. Tteokbokki Queen

Sesuai dengan namanya, Tteokbokki Queen spesial menjual tteobokki sebagai menu utamanya. Harganya pun lebih bersahabat dan porsinya lumayan besar. Hidangan olahan kue beras ini tersedia dalam berbagai varian, seperti original, spicy oil, dan cheese.

Nggak hanya tteobokki saja, di sini Anda bisa memesan makanan Korea lain seperti gimbap, mandukuk, dan gangjeong. Restoran mungil ini sangat cocok buat Anda yang ingin nongkrong sambil ngemil tteokbokki yang lezat. Kunjungi Tteokbokki Queen di Waterplace Tower A Tokan A-01 dan San Antonio Shopping Street N1-178.

5. Ahjumma’s Kitchen

Satu lagi restoran Korea di Surabaya yang menyajikan menu authentic, namanya adalah Ahjumma’s Kitchen. Konon, pemilik restoran ini adalah orang Korea asli sehingga cita rasa makanan yang disajikan pun sangat mirip dengan makanan di negara asalnya.

Varian makanan yang disajikan di Ahjumma’s Kitchen sangat lengkap. Tak ada menu Korean BBQ di sini karena restoran ini memang berfokus menghidangkan makanan khas Korea yang siap santap. Cita rasa yang lezat dan harga makanan yang ditawarkan di sini benar-benar mantap. Sayang sekali jika Anda melewatkan kesempatan untuk makan di sini. Ahjumma’s Kitchen berlokasi di Spazio Terrace 03, Jalan Mayjen Yono Soewoyo, Surabaya.

6. Gojumong

* sumber: kulinermonster.wordpress.com

Dengan nama Gojumong Korean Traditional Grill kita pun sudah mengetahui bahwa restoran ini menjual menu daging bakar khas Negeri Ginseng. Pilihan daging sapi di Gojumong sangat beragam. Namun, jenis daging di sini berupa daging sapi atau daging babi. Harga daging yang dijual di sini memang sedikit mahal, tapi dagingnya cukup berkualitas .

Side dish yang disajikan di  Gojumong juga beragam sehingga pengunjung akan merasa puas menikmati side dish yang tersedia sebelum makanan utamanya datang. Adapun makanan Korea lain yang tersedia di Gojumong adalah campong, sam gye tang, dan masih banyak lagi. Lokasi Gojumong ada di Jalan Bukit Darmo Boulevard No. 2D – 2E, Surabaya.

7. D’Jang Gem

Masih ingat film Korea yang berjudul “Dae Jang Geum”? Ternyata, di Surabaya ada restoran Korea yang menggunakan nama serupa dengan judul film seri tersebut, lho. D’Jang Gem adalah restoran Korea di Surabaya yang sudah ada sejak lama. Restoran ini tak hanya menawarkan cita rasa makanan yang authentic, tapi suasana di dalamnya juga “Korea banget”!

Sama seperti restoran Korea lainnya, D’Jang Gem menyediakan Korean BBQ dan masakan Korea yang khas. Mulai dari tteokbokki dan jajangmyeon yang paling familiar sampai dengan menu makanan Korea lain yang kurang familiar semua ada di sini. D’Jang Gem terletak di Jalan Mayjen Sungkono No. 208A, Surabaya.

8. SamWon House

* sumber: www.inijie.com

Kalau ingin menyantap makanan Korea saat sedang jalan-jalan di mall, SamWon House bisa menjadi pilihan, lho. Yang satu ini adalah restoran Korea dengan menu yang tidak terlalu otentik sehingga lebih bisa diterima oleh lidah orang yang belum pernah menyantap hidangan Korea sebelumnya.

Menu yang paling favorit di SamWon House adalah bibimbap dan japchae. Selain rasanya enak dan porsinya besar, harga makanan di restoran ini juga cukup terjangkau. Kunjungi SamWon House di Surabaya Town Square Unit P 31-32/Plaza Level.

9. Sadang Korean BBQ

* sumber: dosenkuliner.com

Siapa yang bilang kalau Korean BBQ selalu dibanderol dengan harga mahal? Sadang Korean BBQ adalah restoran yang menjual makanan dengan harga yang terjangkau. Tempatnya yang modern dan nyaman juga menjadi nilai plus bagi restoran ini.

Kini, Sadang Korean BBQ juga menawarkan paket all you can eat untuk daging bakarnya. Jadi, Anda boleh nambah daging sepuasnya kalau mengambil paket all you can eat tersebut. Sudah murah, enak, dan bisa tambah sepuasnya pula! Lokasi Sadang Korean BBQ ada di Ruko Villa Bukit Mas RM No. 16 dan Jalan Pregolan No. 11, Surabaya.

10. Manse Korean Grill

Kapan lagi bisa makan Korean BBQ dengan harga 100 ribuan rupiah? Apalagi makannya sepuasnya pula! Wah, benar-benar kenikmatan yang hakiki tuh. Manse Korean Grill adalah rumah makan Korea dengan konsep kaki lima. Tempat ini menawarkan paket all you can eat dengan harga yang sangat bersahabat.

Pilihan daging yang ditawarkan memang tidak banyak, tapi dagingnya sudah cukup berkualitas dan bumbunya pun sangat lezat. Hanya saja, tempat makannya tidak ber-AC sehingga Anda harus rela kepanasan dan aroma dagingnya melekat pada rambut dan pakaian Anda. Manse Korean Grill bisa dikunjungi di Jalan Manyar Kertoarjo V/12 dan Ruko Taman Gapura Blok K No. 12, Citraland.

Itulah 10 restoran Korea di Surabaya yang wajib untuk dicoba. Sesuaikan selera dan budget Anda dalam memilih salah satu restoran di daftar ini. Kalau Anda ingin kuliner mencicipi makanan Jepang di Surabaya, kunjungi artikel restoran Jepang di Surabaya.

Previous articleYuk Uji Nyali dengan 5 Aktivitas yang Memicu Adrenalin di Yogyakarta
Next article10 Wisata Alam di Boyolali yang Menarik untuk Dikunjungi