Sepatu roda sekarang sedang hits sekali dikalangan anak-anak. Mulai dari usia balita hingga SD, hampir semua anak-anak memiliki sepatu roda dan hampir setiap hari memainkannya. Sebenarnya anak-anak Anda bisa bermain di mana saja, di depan rumah, di komplek, di gang, di mana pun asal jangan lupa menggunakan pengaman seperti helm dan pads. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga bermain sepatu roda di luar.

Terdapat banyak spot bagus untuk bermain sepatu roda di Bandung. Tidak hanya untuk anak-anak, tetapi untuk orang dewasa juga. Jadi, Anda bisa ikut bermain sepatu roda selagi menemani anak Anda. Keluyuran telah merangkum 10 tempat bermain sepatu roda di Bandung yang paling seru. Yuk, main ke sana!

10 Tempat Bermain Sepatu Roda di Bandung yang Paling Seru

1. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau yang sering disingkat GBLA merupakan stadion olahraga yang sangat besar. Makanya, GBLA termasuk salah satu stadion terbesar di Indonesia.

GBLA terletak di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Walaupun di stadion ini tidak terdapat arena khusus sepatu roda, Anda tetap bisa bermain di sana, kok.

2. Gor Saparua

GOR sendiri merupakan singkatan dari Gelanggang Olah Raga, jadi tentu saja tempat ini merupakan hot spot untuk orang-orang berolahraga, di antaranya untuk jogging dan menggunakan sepatu roda. Di GOR Saparua ini terdapat lintasan atletik, lapangan voli, lapangan basket, hingga arena skate board yang bisa digunakan juga untuk roller blade atau sepatu roda.

Selain arena skate board, Anda bisa bermain sepatu roda di lintasan khusus sepatu roda yang pernah digunakan oleh para atlet profesional saat PON kemarin. GOR Saparua terletak di Jalan Saparua No. 1 (dekat Stadion Siliwangi). Tempat ini buka 24 jam. Anda bisa menelepon terlebih dahulu sebelum datang ke sana di nomor (022)4207761.

PS: di tempat bermain sepatu roda di Bandung ini tersedia penyewaan sepatu roda juga, loh! Dan Anda tidak perlu khawatir, karena harganya terjangkau.

3. Car Free Day Asia Afrika

Car free day atau hari bebas kendaraan bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermain sepatu roda untuk Anda sendiri dan juga anak-anak Anda. Di Bandung terdapat beberapa spot yang rutin menyelenggarakan car free day, salah satunya adalah Jalan Asia Afrika.

Anda bebas berolahraga dan bermain saat weekend di car free day Asia Afrika mulai dari pagi hingga menjelang siang. Untuk rute car free day-nya sendiri adalah sebagai berikut: Jalan Tamblong – Jalan Asia Afrika, hingga jembatan penyebrangan (dekat Jalan Cikapundung Barat).

4. Lapangan Tegalega

Lapangan yang sangat besar dan luas ini sering dijadikan tempat menyelenggarakan acara musik. Walaupun begitu, tempat ini sejatinya merupakan arena olahraga publik yang buka 24 jam dan tentunya gratis.

Selain di lapangannya, Anda dan anak-anak Anda bisa bermain sepatu roda di kawasan tamannya juga. Taman ini dilengkapi oleh bunga-bunga berwarna merah dan kuning, sangat indah dan bermanfaat untuk mengurangi polusi.

Selain bunga, di lapangan dan taman Tegalega terdapat banyak sekali pohon, sehingga Anda dapat terlindung dari sinar matahari yang terlalu terik. Lapangan Tegalega terletak di Jalan Otto Iskandar Dinata No. 592, Astana Anyar.

5. Car Free Day Dago

Car free day Dago merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi orang-orang, baik warga asli Bandung, warga luar kota, hingga turis mancanegara. Hal ini disebabkan oleh letaknya yang berada di tengah kota dan merupakan “jalan hidup” yang dilengkapi oleh lautan toko makanan dan fashion.

Setiap pagi hari pada weekend, Jalan Dago ditutup untuk digunakan sebagai arena berolahraga. Anda dan anak-anak Anda bisa bermain sepatu roda dengan bebas di sana. Jalanannya yang rata dan aspal yang mulus, dipadu dengan udara Dago pada pagi hari yang dingin dan bersih, merupakan perpaduan sempurna untuk berolahraga sambil bermain, bukan?

6. Taman Musik Centrum

Tempat bermain sepatu roda di Bandung ini sebenarnya merupakan taman yang didedikasikan untuk wargi Bandung yang hobi bermusik. Tapi, Anda bisa juga bermain inline skate atau roller blade di sana, kok.

Selain panggung untuk bermain musik, di taman Centrum tersedia juga lapangan untuk berolaraga, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar. Di Taman Musik Centrum ini tersedia free wifi, loh!

7. Alun-alun Bandung

Alun-alun Bandung termasuk ke dalam salah satu kawasan car free day Asia Afrika. Tapi, Anda tidak perlu menunggu weekend untuk bermain di sana, karena Alun-alun Bandung bukan 24/7!

Anda memang tidak mungkin bermain sepatu di area hijau (rumput sintetis), tapi Anda bisa bermain di sekitar area hijau karena lantainya rata dan tidak licin.

8. Taman Super Hero

Seperti namanya, taman ini dipenuhi oleh super hero, baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebut saja Gatot Kaca, Batman, dan Superman. Anak-anak tentunya akan suka bermain di taman yang penuh dengan super hero idola mereka, bukan?

Taman ini cukup luas dan tersedia area taman bermain untuk Anak-anak juga. Tempat bermain sepatu roda di Bandung ini terletak di Jalan Bengawan, Bandung Wetan.

9. Skate Park

Rekomendasi tempat bermain sepatu roda di Bandung selanjutnya ada Skate Park. Jika Anda jarang melewati jalan Pasteur mungkin Anda akan kebingungan mencari Skate Park ini. Pasalnya, Skate Park ini ‘bersembunyi’ karena berada tepat di bawah jalan layang Pasupati.

Skate Park dibangun oleh Bapak Ridwan Kamil untuk tempat para anak muda yang menyukai olahraga skate. Namun, tempat ini bisa dipakai juga untuk yang mau bermain sepatu roda. Terutama untuk permainan profesional, karena di sana tersedia berbagai macam spot untuk melakukan trick.

10. Street Skate

Street skate atau bermain sepatu roda di jalanan merupakan alternatif lainnya jika taman atau lapangan olahraga sedang sangat penuh atau sedang tidak bisa dipakai bermain. Street skate sendiri bisa dilakukan di mana saja, asal jalanannya rata dan tidak licin.

Hot spot untuk bermain sepatu roda di jalan bebas ada di Jalan Riau, Braga, Asia Afrika, dan masih banyak lagi. Namun, Anda perlu melakukan pengawasan ekstra.

Terlebih lagi pada anak-anak, mengingat ini adalah street skate sehingga kendaran bermotor berlalu lalang di mana-mana. Jangan lupa menggunakan helmet dan pads agar tubuh Anda dan anak-anak Anda terlindungi dari luka dan benturan.

Itulah 10 tempat bermain sepatu roda di Bandung yang paling seru. Jangan lupakan alat keselamatan (helm dan pads) sebelum bermain. Selalu awasi anak-anak Anda, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan karena anak kurang pengawasan. Selamat bermain sepatu roda!

Previous articleMenyusuri Perjalanan Ibnu Batutah di Abad Pertengahan
Next articleIni Dia 10 Restoran & Tempat Makan di Pagaralam