Depok merupakan kota paling dekat dengan Jakarta. Jarak itu membuatnya seakan tertutup dengan kemegahan ibu kota, khususnya sebagai destinasi wisata. Padahal, kamu harus tahu kalau Depok memiliki tujuan wisata yang dapat menjadi alternatif di akhir pekan. Bahkan, tempat itu sangat Instagramable.

Keluyuran telah merangkum 10 tempat sebagai spot foto terbaik di Depok yang bisa kamu kunjungi. Untuk mengetahuinya, mari simak kesepuluh tempat itu di bawah ini.

1. Masjid Dian Al-Mahri

*

Berbicara wisata di Depok, kita tentu tidak bisa melewatkan yang satu ini dan mungkin menjadi ikon tersendiri bagi Depok. Masjid Dian al-Mahri, atau lebih dikenal banyak orang sebagai Masjid Kubah Emas, tempat ibadah sekaligus objek wisata keluarga ini berada di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok.

Kenapa jadi spot bagus untuk foto? Banyak alasannya, terutama jika dilihat dari arsitekturnya. Masjid ini memiliki lima kubah, satu yang terbesar dan dikelilingi empat yang kecil. Kubah itu menjadi yang paling spesial karena dilapisi emas setebal dua sampai tiga milimeter dan mozaik kristal. Kubah utamanya juga menyerupai Taj Mahal di India.

Meski dijadikan objek wisata, tapi kamu harus memperhatikan aturan-aturan yang berlaku di sana karena masjid milik Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid itu merupakan tempat ibadah.

2. Taman Bunga Wiladatika

* sumber: anandastoon.com

Kalau kamu merupakan anggota pramuka sejati, pasti pernah ke Taman Bunga Wiladatika. Taman yang terletak di Cibubur ini memang didirikan untuk tujuan mengumpulkan dana kegiatan pramuka nasional sejak didirikan Presiden Soeharto pada 1980. Taman Wiladatika pernah menjadi tempat dilaksanakannya Jambore Nasional ke-10 pada 2016 lalu.

Lokasinya memang di perkotaan, tapi taman ini cukup sejuk untuk nongkrong dan bermain karena banyak pepohonan yang tumbuh di sana. Spot favorit untuk berfoto adalah kawasan yang ditumbuhi bunga-bunga cantik di tengah-tengah taman. Selain bunga, desainnya dibentuk menyerupai labirin rumput juga.

Taman Wiladatika mudah dijangkau karena dekat dengan pintu tol Cibubur. Untuk harga tiket, kamu hanya perlu membayar Rp8 ribu per orang, dan khusus anggota pramuka, cukup dengan Rp4 ribu saja sudah bisa bermain sepuasnya.

3. Studio Alam TVRI

* sumber: www.instagram.com

Studio Alam TVRI awalnya memang didirikan untuk kebutuhan perfilman yang diproduksi stasiun televisi nasional sejak 1980. Namun pada 2001, tempat seluas 20 hektare itu dibuka untuk umum. Studio alam tersebut banyak ditumbuhi pohon-pohon rindang serta langka.

Saat pertama kali masuk, kamu bakal melihat tempat rekreasi keluarga dengan suasana zaman dulu. Tak banyak perubahan pada tempat itu. Hanya saja yang menarik dan bakal jadi tempat spot foto, ada beberapa bangunan khas seperti rumah tradisional, joglo, dan tugu yang khusus dibuat untuk kebutuhan film.

Bagi yang ingin ke sana, letak studio berada di Jalan Raden Saleh, Sukmajaya. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, Rp5 ribu untuk pengendara motor, Rp10 per mobil, dan seribu rupiah untuk yang jalan kaki saja.

4. Situ Cilodong

* sumber: www.instagram.com

Jika diperhatikan sekilas, tak ada yang istimewa dari situ ini. Kamu hanya akan menemukan wisata air keluarga yang sangat biasa-biasa saja.

Tapi jangan salah, situ yang terletak di Kecamatan Cilodong, sebelah timur dari kantor pemerintahan kotanya itu, akan menjadi spot foto cukup bagus saat sore menjelang matahari tenggelam. Suasananya cukup tenang. Kalau cuaca cerah, langit akan menguning kemerahan ketika matahari tenggelam. Air situ akan membuat lebih indah dengan memantulkan cahaya tersebut.

Untuk datang ke sini, kamu tak perlu membayar tiket masuk. Persiapkan saja uang untuk parkir dan wisata air yang mungkin akan kamu naiki, seperti perahu-perahuan dan bola air.

5. Situ Sawangan dan Bojongsari

* sumber: www.instagram.com

Membicarakan situ atau telaga di Depok rasanya tak cukup tanpa menyebut Sawangan dan Bojongsari. Situ yang terletak di Desa Bojongsari ini dijadikan sebagai tempat membudidayakan ikan gurame, mas, dan nila, serta favorit bagi mereka yang hobi memancing.

Namun selain itu, kamu yang hobi fotografi juga bakalan dibuat kagum dengan pemandangan eksotis gunung salak yang terlihat jelas di arah selatan. Tak hanya kemegahannya, gunung itu dihiasi hijaunya padang golf yang cukup luas. Jika kamu beruntung dan cuacanya cerah, gunung Gede Pangrango pun bisa dinikmati dari danau ini.

Kamu bisa datang kapan saja ke sini tanpa adanya tiket masuk. Selain spot foto, udara di sini juga sangat bersih sehingga bisa berlama-lama dan bersantai ria.

6. D’Kandang Amazing Farm

* sumber: www.instagram.com

Mencari spot foto bisa dilakukan dengan segala cara dan di berbagai tempat. Kalau ke Depok, tempat wisata edukasi keluarga D’Kandang Amazing Farm harus kamu kunjungi. Kamu bakalan disajikan pengalaman baru tentang dunia peternakan dan pertanian di lahan seluas enam hektare itu.

Uniknya, kamu tidak akan pernah bosan di sana karena banyak spot foto yang bisa dijadikan latar belakang yang Instagramable. Kamu juga bisa berbaur dengan anak-anak yang belajar tentang pertanian dan peternakan.

Jika tertarik untuk mengunjunginya, taman edukasi ini terletak di Jalan Penarikan, Sawangan, Depok. Kamu akan dikenakan biaya Rp18 ribu per orang dengan bonus yogurt. Kalau ingin memiliki topi rimba khas D’Kandang, kamu bisa pilih paket yang Rp30 ribu per orang.

7. Rumah Keramik F Widayanto

* sumber: www.instagram.com

Rasanya, rumah keramik ini sulit untuk tidak dijadikan tujuan wisata di Depok. Terletak di Tanah Baru, Beji, wisata edukatif ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 9000 meter persegi dan dibangun pada 1979. Namanya rumah keramik, kamu bakalan menemukan ribuan karya seni berbahan tanah hasil tangan Widyanto, seorang seniman jebolan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Disamping belajar seni, kamu bisa menjadikan rumah keramik sebagai tempat berfoto ria. Lingkungannya begitu hijau, segar, dan asri. Ada juga tujuh bangunan yang bisa dijadikan latar belakang ciamik. Tak hanya itu, gaya foto ala candid jadi favorit di sini ketika kamu tengah belajar membuat kerajinan dari keramik.

8. Taman Lembah Mawar

* sumber: www.instagram.com

Taman Lembah Mawar merupakan ruang terbuka hijau (RTH) di Depok yang dapat didatangi siapa saja secara gratis. Lokasinya berada di Jalan Mawar Raya, Pancoran Mas. Ketika mau datang ke sini, kamu hanya perlu menyiapkan uang parkir saja sebesar Rp2 ribu untuk roda dua dan Rp5 ribu kendaraan roda empat.

Namanya RTH, kamu bisa melakukan beragam aktivitas di sini, seperti ayunan, prosotan, jungkat-jungkit, dan mainan anak lainnya. Tapi, ada juga fasilitas olahraga berupa jogging track dan Gym Park yang sangat cocok untuk kamu yang ingin menambah masa otot serta menjaga kesehatan tubuhnya.

Taman Lembah Mawar selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Selain asyik, ada spot cantik untuk berfoto dengan latar bukit dan danau kecil di bagian selatan taman. Kemudian, beberapa spot foto buatan pun terus dihadirkan pemerintah setempat guna menarik para remaja untuk bermain di ruang terbuka tersebut.

9. Kampung 3D

* sumber: www.instagram.com

Kampung tiga dimensi (3D) pertama di Jabodetabek ini punya kisah awal yang cukup unik. Kampung di Jalan Danau Tondano Raya, Depok timur, ini dibuat 3D bukan dengan tujuan agar jadi viral, tetapi demi keselamatan anak-anak karena di daerah sekitar kendaraan bermotor selalu melaju dengan kecepatan tinggi. Dengan begitu, mereka pun akan lebih pelan dengan adanya lukisan tersebut.

Saat mengunjungi Depok, Kamu perlu datang ke sana untuk menambah koleksi foto pribadi dengan latar yang unik. Di sana terdapat lukisan 3D berupa sejadah terbang, piano, lubang, perahu, dan tangga bawah tanah.

10. Kafe Daebak

* sumber: www.instagram.com

Pecinta kuliner sekaligus Korean Pop (K-Pop) wajib datang ke sini ketika melancong ke Depok. Berlokasi tepat di Jalan Margonda, tempat ini memiliki pilihan beragam makanan khas Korea seperti Teokppoki hingga Sundubu Jjigae. Harganya pun tak terlalu mahal, kok, cukup untuk kantong mahasiswa.

Daebak memiliki desain unik, yakni gabungan antara Modern K Pop Style “Hongdae Room dan Traditional Korean Atmosphere “Bukchon Room”. Di Hongdae Room, kamu akan menemukan Wall of Fans yang berisikan foto-foto idol asal Korea. Sedangkan di Bukchon Room, kamu akan menemukan foto tentang destinasi menarik di Korea yang bakalan menarik minat untuk melancong ke sana.

Depok punya beragam destinasi menarik yang bisa dijadikan spot foto ciamik dan unik, bukan? Kamu sebaiknya tak melewatkan beberapa tempat di atas untuk berfoto di Depok. Selamat berburu ya!

Previous article6 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Wajib Kamu Bawa Pulang
Next article10 Danau Garam di Dunia yang Menarik untuk Dikunjungi