Apa yang kamu pikirkan tentang tempat wisata di Pulau Papua? Wayag? Raja Ampat? Yes, tempat tersebut memang luar biasa menakjubkan. Tapi kalau kamu ingin melihat luar biasanya pulau di paling barat Indonesia ini, perlu banget berkunjung ke Biak.

Biak adalah pulau kecil yang berada di utara Pulau Papua. Sejujurnya, kamu bisa merinding hanya dengan melihat fotonya.

Keindahan alaminya luar biasa dan bisa membuat bulu kuduk berdiri sampai ternganga di buatnya. Untuk itu, Keluyuran membuat 10 tempat wisata di Biak yang epic indahnya dan tersembunyi.

Baca juga: 10 Pantai Terindah di Papua yang Cocok untuk Liburan

1. Telaga Biru Samares

  • Alamat: Sepse, Kecamatan Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat

Tempat pertama yang wajib kamu datangi saat ke Biak adalah Telaga Biru Samares. Sesuai dengan namanya, warna telaga di sini biru dengan air yang sangat teramat jernih.

Kamu bisa melihat dengan mata telanjang keindahan bawa telaga. Ikan, tumbuhan air, sampai apa pun yang kamu bisa lihat di dalamnya dengan sangat jelas. Epic!

Kamu sendiri bisa berenang di Telaga Biru Samares dengan snorkeling. Airnya yang sejuk didukung dengan lingkungan sekitar Telaga Biru Samares yang penuh dengan pepohonan. Benar-benar tempat yang cocok untuk refresh.

Untuk bisa sampai ke Telaga Biru Samares, kamu perlu menempuh perjalanan dari Biak selama satu sampai dua jam. Tentu saja, menyewa kendaraan bermotor adalah pilihan terbaik.

2. Pantai Anggopi

  • Alamat: Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat.

Pantai Anggopi terletak sekitar satu jam perjalanan dari kota Biak tapi menawarkan keindahan yang luar biasa. Lokasi persisnya berseberangan dengan Samudera Pasifik.

Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dengan sekelilingnya adalah hutan. Jadi, saat menuju ke sini, kamu akan disuguhi banyak pepohonan yang masih asri dan lestari.

Ombak di Pantai Anggopi bisa dibilang cukup tenang. Kamu pun bisa melihat pemandangan bawah laut luar biasa di pantai ini dengan snorkeling atau diving.

Tak hanya itu, di sisi lainnya, Pantai Anggopi memiliki kolam air tawar. Masyarakat Biak menyebut kolam ini disebut dengan salobar. Jangan lupa nikmati olahan ikan merah khas tempat ini di sekitar pantai. Kamu akan mendapatkan pengalaman luar biasa di Pantai Anggopi.

3. Air Terjun Wafsarak

  • Alamat: Inswambesi, Distrik Warsa, Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat
  • Harga tiket: Rp35.000

Saat berkunjung ke Biak, jangan lupa berkunjung ke Air Terjun Wafsarak. Air terjun yang cukup terkenal di antara para pelancong ini memiliki ketinggian jatuh sebesar 10 meter. Dari tempat jatuhnya air terjun, kamu bisa berenang, bermain air, atau bahkan menikmati saja dari jauh.

Sekelilingnya masih asri, membuat Air Terjun Wafsarak lebih berbeda dan magis. Untuk bisa sampaiĀ  ke sini dari Biak pun hanya berjarak 2,5 kilometer. Tidak terlalu jauh, bukan?

4. Goa Binsari

  • Alamat: Jalan Goa Jepang, Sumberker, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Papua
  • Harga Tiket: Rp25.000

Biak juga memiliki sejarah di masa lalu. Bahkan beberapa tempat wisata di Biak memiliki kaitan erat dengan zaman tersebut. Sebut saja Goa Binsari. Sekilas goa ini hanyalah goa saja tapi ternyata tempat ini merupakan saksi biru kekejaman Perang Dunia II sekaligus jaman penjajahan Jepang.

Pada zaman penjajahan Jepang, Goa Binsari digunakan untuk berlindung dan bersembunyi oleh para penjajah. Jangan heran saat berkunjung ke sini kamu akan menemukan sisa amunisi, helm tentara sampai kerangka tentara Jepang.

Di luar sejarahnya, Goa Binsari merupakan goa cantik dengan bentuk stalaktit yang mempesona. Cahaya matahari yang masuk ke celahnya membuatnya lebih menakjubkan.

5. Air Terjun Karmon

  • Alamat: Karmon, Distrik Yawosi, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat
  • Harga Tiket: Rp20.000

Selain Air Terjun Wafsarak, kamu bisa mengunjungi Air Terjun Karmon saat berkunjung ke Biak. Air terjun satu ini memiliki tinggi kurang lebih 20 meter.

Kemudian terdapat dinding bebatuan yang menyentuh air terjun sehingga membuatnya terlihat seperti tirai. Lumut pun sudah pasti ditemukan di bebatuan ini.

Dalamnya kolam dari jatuhan air terjun pun termasuk dangkal. Kamu bisa berenang atau bermain air di bawahnya. Namun, tetap hati-hati ya karena bebatuan tersebut masih termasuk licin.

Untuk sampai sini pun cukup mudah karena berada di pinggir jalan. Tak perlu trekking jauh sudah bisa menikmati pemandangan luar biasa. Sekeliling air terjun masih sangat asri dan sejuk karena pepohonan masih menjulang tinggi dan banyak.

Baca juga: 9 Destinasi Wisata yang Indah di Papua Selain Raja Ampat

6. Wisata Cagar Budaya Kuburan Tua Padwa

  • Alamat: Jalan Raya Sorido, Padwa, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat

Kalau membicarakan Wisata Cagar Budaya Kuburan Tua Padwa lalu melihat langsung mungkin tak akan percaya bahwa tempat ini menyimpan sejarah dan kemagisan tersendiri.

Padwa merupakan bahasa Biak yang berarti kurungan. Penamaan terjadi karena saat terjadi pasang air laut, Desa Padwa pun terkurung. Ini karena desa yang sarat dengan sejarah ini terletak di antara dua tanjung. Walau begitu, pemandangannya epic dengan tebing batu kapur di sekelilingnya.

Tebing batu kapur di Desa Padwa ini bukan hanya tebing batu kapur. Melainkan, tempat makam dari masa prasejarah yang digunakan sampai sekarang. Menarik, bukan?

7. Pantai Batu Picah

  • Alamat: Sor, Kecamatan Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor, Papua Barat

Pantai Batu Picah bisa dikatakan adalah salah satu pantai di Biak yang sudah terkenal di telinga para pelancong luar Biak sampai luar Papua. Pemandangannya jangan ditanya lagi, epic banget!

Kontur pantai yang bukan berpasir tetapi penuh dengan berbagai bentuk batu karang. Dengan karang berbenturan langsung dengan ombak besar yang datang akan menghasilkan suara menggelegar dan air menyembur ke atas.

Tak jarang Pantai Batu Picah disebut juga dengan Pantai Gong. Di sisi lainnya, terdapat kolam dangkal yang dibuat dari karang yang mengelilingi kawasan tersebut. Airnya tentu saja berasal dari laut yang membentur karang.

8. Tanjung Saruri

  • Alamat: Yawosi, Kabupaten Biak Numfor, Papua

Wisata bahari di Biak memang banyak. Masing-masing pun menonjolkan hal yang berbeda, seperti Tanjung Saruri. Walau namanya tanjung tetapi tempat ini paling cocok untuk selancar. Ombak yang tinggi dan kuat menjadi daya tarik utama Tanjung Saruri.

Kalau tidak menyukai berselancar pun tak apa. Di sekeliling Tanjung Saruri terdapat deck yang bisa digunakan untuk menatap keindahan lepas pantai sambil menyeruput air kelapa murni.

9. Pulau Owi

  • Alamat: Kepulauan Padaido, Kampung Owi, Distrik Biak Timur, Papua Barat

Bila mencari keindahan bawah laut luar biasa dan tidak biasa, perlu banget mengunjungi Biak. Biak memiliki keindahan bawah laut yang menawan. Dari banyak tempat, Pulau Owi perlu kamu datangi.

Walau belum banyak yang mengetahui keberadaan Pulau Owi, tetapi penampilannya tidak akan mengecewakan sama sekali. Biota bawah laut yang ditawarkan seperti anthias merah otanye, ikan schooling, batu karang, coral yang besar menawan.

Lalu siap-siap juga untuk takjub saat mengelilingi daratan pulau ini. Pulau Owi memiliki landasan pacu pesawat terbang buatan Australia melawan Jepang pada Perang Dunia II.

Ini berarti Pulau Owi memiliki andil dalam perang tersebut. Akan tetapi, landasan pacu tersebut kini hanyalah saksi bisu sejarah masa lalu.

10. Pantai Segara Indah

  • Alamat: Jalan Raya Bosnik, Yenusi, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua
  • Harga Tiket: Rp10.000

Pantai Segara Indah atau yang dikenal juga dengan nama Pantai Bosnik adalah pantai menakjubkan di Biak. Pantai ini tak pernah sepi pengunjung karena memang terkenal akan keindahannya.

Walau arus cukup deras di Pantai Bosnik, tetapi kamu bisa snorkeling dengan beberapa aturan berlaku. Bawah lautnya tak kalah indah dengan atas laut.

Untuk bisa sampai ke sini, perlu berkendara sepanjang 15 kilometer dari Kota Biak. Sesampainya di sini, silakan lakukan aktivitas air di pantai. Bila sudah puas, sempatkan ke Pasar Bosnik yang berada di pinggir pantai.

Pasar Bosnik hanya buka pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Isi pasar ini merupakan hasil buruan para nelayan seperti gurita, ikan, sampai siput.

Membawa pulang ke rumah atau penginapan lalu dimasak, duh kebayang enaknya. Tak hanya isi bahari, ada juga kerajinan tangan warga setempat hadir di pasar ini.

Keindahan Biak memang epic. Bahkan terasa seperti unreal. Kemanapun pilihan tujuanmu di Biak, tetap jaga ketentuan yang berlaku dan kebersihan agar keindahan kawasan tetap terjaga dan lestari.

Previous articleAjak Pasangan ke 10 Tempat Makan Romantis di Kediri Ini
Next articleStarbucks Buka Coffee Sanctuary di Bali