Blora merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya kabupaten ini adalah Blora, yang terletak sekitar 127 km sebelah timur Semarang. Wilayah yang terletak di timur Jawa Tengah, berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Blora memiliki banyak objek wisata menarik. Inilah tempat wisata di Blora yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

1. Goa Terawang

* sumber: www.blorakab.go.id

Tempat wisata di Blora ini bernama Goa Terawang yang banyak didatangi oleh fotografer baik lokal maupun nasional. Mereka, selain datang untuk berlibur, juga hunting foto, mencari angle foto yang bagus sambil sekaligus berkreasi.

Momen yang paling ditunggu oleh mereka adalah ketika sinar matahari yang memasuki goa melewati celah dinding atap di tengah kegelapan hingga munculah siluet cahaya yang indah. Goa Terawang merupakan sebuah goa dengan bentuk yang memanjang.

Di dalam goa tersebut terdapat lima goa yang saling sambung. Goa paling luar atau depan yaitu Terawang 1, dan seterusnya hingga Terawang 5 yang berada di bagian terdalam. Terdapat beberapa lubang alami di langit-langit gua dengan lebar yang berbeda-beda.

Goa ini memiliki detail dinding yang khas dan begitu juga dengan stalaktit-stalagmitnya yang khas yang dapat dilihat dengan mudah. Walaupun beberapa bagian goa ada yang sedikit gelap, pengunjung masih tetap bisa berjalan menyusuri goa yang kedalamannya mencapai kira-kira 500 meter.

  • Alamat: Kedungwungu Todanan, Area Sawah dan Perkebunan, Kabupaten, Todanan, Kabupaten Blora
  • HTM: 10,000
  • Jam Buka: 24 jam

2. Waduk Greneng

Pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah ketika berada di Waduk Greneng, yang merupakan salah satu tempat wisata di Blora. Mereka pun bisa menghirup udara yang sangat sejuk karena keberadaan hutan jati yang mengelilingi waduk ini.

Ketika berada di sini ada beberapa aktifitas yang bisa pengunjung lakukan, salah satunya yaitu memancing. Bahkan di Waduk Greneng ini mereka juga bisa menyewa alat pancing. Untuk yang tak senang memancing, mereka bisa menyewa perahu warga sekitar untuk mengelilingi waduk.

Pengunjung pun bisa berkeliling sambil menikmati sore di tempat wisata ini dengan harga sewa yang cukup murah. Sesudah lelah berkeliling waduk, mereka bisa menyantap menu khas wisata satu ini yaitu ikan bakar.

  • Alamat : Dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora
  • HTM: Rp3.000
  • Jam Buka: 08.00 – 18.00

3. Gunung Cengklik

* sumber: www.infoblora.com

Tempat wisata di Blora ini memiliki panorama alam terbuka hijau yang merupakan khas daerah pegunungan. Untuk pengunjung yang senang dengan pemandangan alam yang bebas serta pohon-pohon hijau, mungkin tempat ini bisa jadi pilihan destinasi wisata.

Namanya Gunung Cengklik dan menjadi heboh di media sosial karena banyaknya pemuda dan pemudi yang mem-posting foto-foto mereka saat berkunjung ke tempat ini. Di sini pengunjung bisa refresing sambil menghirup udara segar yang sejuk dan menyaksikan latar belakang alam terbuka hijau.

Destinasi wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, salah satunya karena memiliki fasilitas untuk menyaksikan pemandangan dari atas yang sangat luar biasa indah. Tempat ini berada di daerah Bicak, Tondanan.

  • Alamat: Bicak, Todanan, Area Sawah dan Perkebunan, Bicak, Todanan, Kabupaten Blora
  • HTM: Gratis, Rp2.000 biaya parkir

4. Air Terjun Masohan

* sumber: www.minews.id

Berada di lokasi yang tersembunyi tempat wisata di Blora yang bernama Air terjun Masohan ini memerlukan sedikit usaha keras untuk bisa tiba di sini. Pengunjung dapat menemukan aliran sungai yang terjun dari tebing yang tak terlalu tinggi.

Pesona alam yang sangat alami yang mengelilinginya menjadikan air terjun ini menarik. Pengunjung bisa menikmati pemandangan hijau yang menenangkan selain tentunya menghirup udara segar, dan menyaksikan tebing dan aliran sungai yang indah.

Jalur yang dilalui untuk tiba di air terjun ini cukup menantang. Namun pesona air terjun yang begitu luar biasa indahnya membuat perjalanan menjadi berharga.

  • Alamat: Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
  • Harga tiket: Gratis

5. Sungai Kalinanas

Diapit dua dinding batu yang memiliki ukiran unik, Sungai Kalinanas yang menjadi tempat wisata Blora ini memiliki dinding yang bentuknya menyerupai rak terbuka berukuran besar. Karena kikisan air sungai yang terjadi selama jutaan tahun maka secara alami terbentuklah dinding ini.

Banyak orang menyebutnya sebagai Sungai Purba Japah karena formasi dari dinding sungai ini memperlihatkan setitik jejak sungai purba. Dinding sungai ini pun menjadi salah satu tempat yang asyik untuk jadi objek foto.

Pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan jembatan kuno yang merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda. Jembatan Merah adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar. Nama itu diberikan karena dulu catnya berwarna merah.

  • Alamat: Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
  • HTM: Gratis
  • Jam Buka: –

6. Gunung Manggir

Ketika berkunjung ke Blora Ada satu lagi tempat wisata di Blora yang wajib dijelajahi. Gunung Manggir yang terdiri dari perbukitan dengan pemandangan yang memesona ini terletak di daerah Ngumbul, Todanan.

Pengunjung bisa mendaki bersama tim atau rekan-rekan untuk menjelajah gunung ini. Berbeda dengan gunung pada umumnya, Gunung Manggir trek penjelajahannya tidak terlalu sulit. Tempat wisata ini sudah populer dan menjadi salah satu destinasi wisata dengan panoramanya yang sangat instagramable.

  • Alamat: Perbukitan Manggir, Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora
  • HTM: 5.000
  • Jam Buka: 24 jam

7. Goa Sentono

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=qF203OOUHMg

Tempat wisata di Blora lainnya yang berupa goa adalah Goa Sentono. Di goa ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu banyak bebatuan yang berbentuk unik, tapi sangat disayangkan belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Bagi yang senang berfoto, tempat wisata ini cocok sekali karena bebatuan yang terdapat di goa tersebut bisa jadi objek foto yang menarik. Sayangnya, akses jalan ke goa ini masih belum bagus. Namun pengunjung akan merasa puas setelah menyaksikan keindahan dan panoramanya Goa Sentono.

  • Alamatnya: Daerah Mendenrejo,Kradenan,Nglaren Kabupaten Blora
  • HTM: ┬áRp5,000.00
  • Jam Buka: 24 jam

8. KDR Park Kunduran

* sumber: halimahbintimasdari.blogspot.com

KDR Park Kunduran adalah tempat wisata di Blora yang sangat cocok untuk wisata keluarga. Tempat wisata ini mempunyai taman bermain anak-anak yang menjadi daya tarik utama. Beragam wahana permainan yang tersedia di sini, di antaranya kereta mini, ATV, kolam renang, dan rumah pohon.

Pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini tiap hari dari jam 7 pagi sampai 6 sore. Lokasinya berada di Jalan Raya Kunduran Km 1, Kec. Kunduran.

  • Alamat: Kunduran, Sambiroto, Kunduran, Blora, Jawa Tengah
  • HTM: Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak
  • Jam Buka: 07.00 – 18.00 WIB
  • Telepon: 0852-8572-4002

9. Bukit Pencu

* sumber: pramudyaarif.wordpress.com

Blora mempunyai banyak tempat untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam dari puncak tertinggi. Bukit Pencu merupakan salah satu tempat wisata di Blora yang bisa dikunjungi. Dahulu, menurut cerita tempat ini dikenal sebagai tempat orang mengasingkan diri atau bertapa.

Namun sekarang, tempat ini ramai dikunjungi karena merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit. Bukit Pencu mempunyai ketinggian sekitar 400 mdpl. Kawasan ini merupakan daerah pegunungan. Di bawahnya terdapat tebing batuan yang memiliki aliran sungai yang jernih.

Dari atas puncak bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan hutan jati yang terbentang luas. Banyak pengunjung yang mengabadikan pemandangan dari atas sini. Sejenak menghirup udara segar dari atas pegunungan sembari berfoto dengan berlatar belakang pemandangan alam.

  • Alamat: Tegaldowo, Gunem, Ladang,Hutan, Tegaldowo, Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
  • HTM: Rp2.000
  • Jam Buka: Senin – Sabtu 06.00 – 17.00, Minggu 04.30 – 18.00 WIB

10. Bukit Kunci

* sumber: www.idntimes.com

Tempat wisata di Blora lainnya yang berupa bukit adalah Bukit Kunci. Terletak di Watugunung, Bangoan, Kec. Jiken, wilayah perbukitan tersebut saat ini sudah berubah jadi sebuah destinasi wisata yang menarik. Bukit ini banyak disukai oleh para pemburu foto hits.

Di sini terdapat beragam fasilitas dan konstruksi warna-warni yang dibuat dari kayu ataupun bambu dan bahan lainnya. Selain bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai sambil memandang area bukit, fasilitas ini juga bisa digunakan untuk hunting foto.

  • Alamat: Dukuh, Watugunung, Bangoan, Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
  • HTM: Rp3.000
  • Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB
  • Telepon: 0856-4120-0447

Untuk kamu yang suka dengan wisata alam, tempat wisata di Blora ini sangat cocok sekali. Jadi, jangan ragu untuk berkunjung ke destinasi-destinasi wisata yang ada di Blora. Pilih tempat mana yang mau kamu kunjungi.

Previous articleHindari GBK yang Ramai, Lari Saja di 3 Taman Kota Ini
Next articleIni Dia Tempat Belanja Mebel, Silakan Lengkapi Agar Informasinya Lebih Lengkap