Kalau kamu berlibur ke pulau Kalimantan, cobalah untuk datang ke Singkawang. Kota yang ada di Kalimantan Barat ini mempunyai sejumlah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Beberapa di antaranya akan kami rekomendasikan di sini. Mau tahu apa saja tempat wisata tersebut? Langsung saja simak di bawah ini:

1. Danau Biru

Kalau Sumatera Utara mempunyai Danau Toba, maka Singkawang punya danau yang tak kalah ikonik. Danau Biru adalah nama danau yang dimaksud. Menurut masyarakat setempat, danau ini dulunya adalah bekas penambangan emas yang kemudian dingenai oleh air.

Di sini, kamu bisa bersantai sembari memandangi pemandangan danau dan gunung Poteng. Sebuah gunung yang ikonik di Singkawang. Kalau kamu nanti piknik ke sini, pastikan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Hal itu disebabkan tidak adanya tempat makan atau warung di kompleks tempat wisata ini.

Danau Biru bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Wonosari, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Singkawang, Kalimantan Barat.
  • HTM : Rp5.000 (untuk parkir motor).

2. Waduk Pajintan

* sumber: ngoopini.blogspot.com

Selain Danau Biru, ada satu tempat wisata danau lainnya di Singkawang yang bisa kamu kunjungi. Waduk Pajintan adalah danau yang kami maksud. Waduk Pajintan merupakan danau buatan Singkawang yang terdiri dua kolam.

Dua kolam itu sama-sama mempunyai panorama yang indah. Seperti halnya Danau Biru, kamu pun bisa melihat gunung Poteng saat mengunjungi danau buatan ini. Kalau kamu tertarik ke tempat ini, kamu bisa langsung datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Pajintan, Singkawang Timur, Singkawang, Kalimantan Barat 79251.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 08.00 – 17.00.

3. Air Terjun Sibohe

* sumber: delikkalbar.com

Kalau masih mau berwisata air di Singkawang, tempat satu ini bisa kamu kunjungi. Tempat ini merupakan sebuah air terjun yang letaknya berada di dalam sebuah pemukiman. Air terjun ini memiliki air yang jernih dan sejuk, sehingga kamu pun bisa berendam saat di air terjun ini.

Air terjun ini juga dilengkapi kolam renang alami yang dikenal sebagai kolam bidadari. Bila ingin ke kolam tersebut, kami sarankan untuk datang pada pukul 1 siang. Pasalnya, kamu bakal menemukan panorama kolam yang begitu indah bila datang pada jam tersebut.

Air Terjun Sibohe bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Pajintan, Singkawang Timur, Singkawang, Kalimantan Barat 79251.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 08.00 – 17.00.

4. Palm Beach

*

Masih ada satu tempat wisata air lainnya di Singkawang. Tempat tersebut adalah Palm Beach. Sebuah pantai yang letaknya persis di selatan Singkawang. Di pantai ini, kamu bisa melihat panorama yang indah, terutama saat matahari akan tenggelam (sunset).

Di pantai ini pula, kamu bisa melihat beberapa gugusan pulau dan kapal-kapal nelayan lokal. Kamu juga bisa berenang di tepian pantai ini. Bahkan, kamu pun juga bisa sekalian berkemah saat piknik ke sini. Pantai satu ini bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Pasir Panjang, Sedau, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat 79163.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Rp25.000/orang.

5. Pulau Randayan

* sumber: www.indonesiakaya.com

Dari utara Singkawang, ada satu pulau kecil yang perlu kamu kunjungi. Pulau Randayan adalah pulau tersebut. Pulau ini memiliki pasir putih yang eksotis, serta pemandangan pantai yang begitu indah. Ada beberapa kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan di sini.

Salah satunya adalah snorkeling. Bila kamu snorkeling di laut pulau ini, kamu bakal melihat ekosistem bawah laut yang indah dan masih terjaga. Selain snorkeling, kamu pun bisa melihat penyu yang naik ke daratan saat waktu-waktu tertentu.

Bila tertarik ke pulau ini, kamu bisa datang ke alamat berikut:

  • Alamat: Singkawang, Kalimantan Barat.
  • Jam buka: Setiap hari selama 24 jam.
  • Biaya Transportasi dan Penginapan: Rp. 100ribu/pulang pergi (via kapal khusus), Rp. 30ribu/pulang pergi (via perahu motor), Rp. 400ribu/malam (biaya penginapan).

6. Bukit Rindu Alam

* sumber: panduanwisata.id

Singkawang tak hanya memiliki wisata air dan pulau saja. Kota satu ini pun juga punya wisata bukit. Salah satunya adalah Bukit Rindu Alam. Bukit ini letaknya persis 20 kilometer dari Singkawang. Kamu tak akan menyesal bila ke bukit ini.

Soalnya, kamu bakal melihat indahnya Singkawang dari ketinggian bila ke bukit ini. Tak hanya Singkawang, kamu pun juga bisa melihat pemandangan laut, pulau, dan gunung yang ada di sekitar Singkawang. Kamu tertarik? Yuk datang saja ke alamat berikut ini:

  • Alamat : Sedau, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat 79163.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Gratis.

7. Sinka Island Park

* sumber: wisatapontianak.com

Sinka Island Park merupakan kawasan wisata buatan yang sudah ada sejak 2007 silam. Tempat wisata ini memiliki perpaduan konsep modern dan alam di dalamnya. Banyak objek wisata menarik di tempat wisata ini.

Salah satunya adalah Sinka Zoo. Objek wisata tersebut merupakan kebun binatang yang konsepnya sama dengan Taman Safari di Bogor. Di objek wisata tersebut, kamu bisa berkeliling kebun binatang dengan mobil khusus, serta berfoto bersama para binatang.

Selain Sinka Zoo, Pantai Bajau, dan Pulau Simping adalah dua objek wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi nanti. Sinka Island Park berlokasi di alamat berikut:

  • Alamat : Sedau, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan 79163.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Rp10.000/orang (Sinka Zoo), Rp20.000/orang (Pantai Bajau).

8. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

* sumber: www.indonesiakaya.com

Singkawang punya beberapa tempat wisata religi. Salah satunya adalah Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Selain sebagai tempat ibadah dan wisata, vihara ini juga merupakan salah satu ikon dari kota Singkawang.

Daya tarik vihara ini adalah adanya lukisan di sisi kanan bangunannya. Lukisan tersebut menggambarkan kehidupan masyarakat Tionghoa yang sejahtera, aman, dan damai. Daya tarik lainnya adalah gambar koin yang dikelilingi kelelawar yang melambangkan simbol kemakmuran.

Vihara tertua di Singkawang ini bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Sejahtera No. 28, Melayu, Singkawang Baru, Singkawang, Kalimantan Barat 79111.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

9. Masjid Raya Singkawang

* sumber: situsbudaya.id

Masjid Raya Singkawang adalah tempat wisata religi lainnya yang ada di Singkawang. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah arsitektur bangunannya yang mewah dan berbalut cahaya lampu, terutama di waktu malam. daya tarik lainnya adalah adanya tugu yang ada di belakang masjid ini.

Tugu tersebut sudah ada sejak 1880 silam. Tugu tersebut dianggap menarik lantaran bentuknya yang serupa kubus, dan warnanya yang keemasan. Untuk menikmati keindahan masjid ini, kamu bisa langsung ke alamat berikut ini:

  • Alamat : Jalan Mesjid Melayu, Singkawang Baru, Singkawang, Kalimantan Barat 79111.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

10. Pasar Hongkong

* sumber: www.kulinerindonesia.id

Ingin wisata kuliner khas Singkawang dan belanja sekaligus di Singkawang? Datang saja ke tempat wisata ini! Di sini, kamu bakal menjumpai beragam toko yang menjual barang-barang yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa menemukan aneka gerobak penjaja makanan yang selalu ada kala malam tiba.

Khusus untuk wisata kuliner, kami rekomendasikan untuk mencoba Chinnese food dan makanan rakyat yang dijual di sini. Mulai dari kwetiau, cap cay, hingga nasi campur Singkawang, dan bubur tahu Singkawang.

Tertarik datang ke tempat ini? Yuk, langsung saja datang ke alamat berikut ini:

  • Alamat : Jalan Setia Budi, Condong, Singkawang Tengah, Singkawang, Kalimantan Barat 79111.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 17.00 – 05.00.

Itulah beberapa rekomendasi  tempat wisata di Singkawang yang bisa kamu kunjungi nanti. Semoga beberapa rekomendasi di atas bisa membantumu saat hendak piknik ke Singkawang. Oh ya, di antara semua rekomendasi di atas, mana yang bakal kamu kunjungi terlebih dulu?

Previous articleCafe Djoeragan Kota Batu Lokasi Dan Harga Menu Terbaru Januari 2023
Next articleToga Mas, Toko Buku yang Tawarkan Diskon Seumur Hidup