Sulawesi Tenggara merupakan provinsi bagian tenggara Pulau Sulawesi. Dilihat secara geografis, wilayah tersebut memiliki daratan seluas 38.140 km2 dan luas perairan 110.000 km2. Sehingga Provinsi Sulawesi Tenggara sangat terkenal dengan wisata baharinya yang indah dan memukau.

Setiap tahunnya banyak wisatawan yang datang, baik wisatawan lokal maupun internasional. Mereka sengaja datang untuk menikmati surganya bahari di Sulawesi Tenggara. Tidak hanya ada satu pantai yang tersedia, tetapi puluhan. Kamu bisa bebas memilih pantai mana saja sebagai tempat favorit.

Namun diantara banyak pantai yang tersedia, 10 diantaranya paling recommended buat dikunjungi. Ada di mana saja ya, penasaran? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Pantai Waikesa

* sumber: www.mldspot.com

    Alamat : Waelumu, Wangi-Wangi Sel., Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara 93791

    Jam Buka : 15.00 – 20.00 WITA

    Tiket Masuk : Rp10.000

Pantai Wakeisa merupakan tempat wisata yang recommended saat berkunjung ke Sulawesi Tenggara. Ada banyak spot bagus di tempat ini untuk mengabadikan foto bersama. Pasir putih lembut di tepi pantai siap menyambut para pengunjung yang datang.

Pemandangan semakin indah dengan air laut berwarna biru kehijauan. Terdapat satu jembatan panjang hingga mencapai tengah laut. Di sana kamu bisa mengambil foto apik yang instagramable. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung menempuh perjalanan sejauh 15 menit dari Pulau Wangi-Wangi.

2. Taman Nasional Wakatobi

* sumber: wartawisata.id

    Alamat : Lagiwae, Kaledupa, Ambeua, Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara

    Jam Buka : 24 Jam

    Tiket Masuk : Rp160.000

    Telepon : (0402) 28263226

Taman Nasional Wakatobi adalah surganya wisata bahari di bagian tenggara Pulau Sulawesi. Wilayah tersebut memiliki luas sekitar 1.390.000 hektare. Untuk menuju lokasi wisata ini pengunjung harus menempuh 4 jam transportasi laut dan 1 jam melalui transportasi udara dari pusat kota Wakatobi.

Menyelam merupakan kegiatan favorit wisatawan saat berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi. Pemandangan indah bawah laut akan kamu dapatkan dengan mudah di tempat ini. Air lautnya berwarna biru dan jernih. Siapapun yang melihatnya pasti akan takjub akan keindahan pantai Taman Nasional Wakatobi.

3. Pantai Meleura

* sumber: www.kompasiana.com

    Alamat : Lakarinta, Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara

    Jam Buka : 24 Jam

    Tiket Masuk : Rp50.000 – Rp100.000

    Telepon : +6282293914265

Jika kamu jalan-jalan ke Sulawesi Tenggara, kurang lengkap kalau belum berkunjung ke Pantai Meleura di Pulau Muna. Tempat wisata satu ini memiliki kualitas air biru dan jernih. Bahkan kejernihannya sudah dibuktikan langsung oleh tim Asosiasi Speleologi Pyreneene dari Prancis.

Keindahan bawah laut Pulau Muna tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak biota laut langka dan unik di tempat ini. Jika kamu dan keluarga ingin mengelilingi pulau cukup dengan menyewa perahu kecil yang telah disediakan warga setempat.

4. Pantai Lakeba

    Alamat : Katobengke, Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara

    Jam Buka : Senin – Jumat (10.00 – 22.00 WITA) / Sabtu – Minggu (10.00 – 00.00 WITA)

    Tiket Masuk : Rp2.000

Pantai Lakeba terletak di Katobengke kota Bau Bau. Tempat wisata bahari ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah maupun luar negeri. Lokasinya masih terbilang asri dengan pepohonan hijau mengelilingi pantai.

Pasir putih pantai yang lembut siap memanjakan setiap pengunjung yang datang. Menjelang sore merupakan momen paling ditunggu banyak orang. Pemandangan sunset di tempat ini sangat indah dan memukau. Tidak jarang wisatawan mengabadikan momen tersebut dengan foto bersama.

5. Pantai Mutiara Buton

    Alamat : Gumamano, Mawasangka, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara 93762

    Jam Buka : 24 Jam

    Tiket Masuk : Rp10.000

Pantai Mutiara lokasinya berada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Resmi dibuka sejak tahun 2015 lalu, tempat wisata ini menarik perhatian wisatawan. Sehingga tidak heran kalau Pantai Mutiara sebagai objek wisata unggulan Buton.

Lautnya jernih berwarna hijau. Hamparan pasir putih terbentang sepanjang tepi pantai. Ada banyak fasilitas yang kamu dapatkan di sini, yaitu saung, lahan parkir luas, toilet, spot foto instagramable, dan tempat jajan makanan.

6. Pulau Labengki Toli-Toli

* sumber: getlost.id

    Alamat : Toli Toli Village, Pulau Labengki, Lalonggasumeeto, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara

    Jam Buka : 24 Jam

    Tiket Masuk : Rp400.000

    Telepon : +6281341614440

Pulau Labengki adalah adalah surga tersembunyi di Sulawesi Tenggara. Sekilas bentuknya mirip Raja Ampat, Papua, tapi dalam bentuk mininya. Tempat wisata ini cocok buat kamu yang ingin liburan tapi jauh dari kebisingan. Ada sekitar 100 keluarga yang tinggal, yaitu bernama Suku Bajo.

Jika menelusuri lebih dalam Pulau Labengki, kamu akan menemukan teluk bergambar hati. Maka tak heran banyak yang menyebutnya teluk cinta. Untuk mencapai tempat tersebut membutuhkan waktu 20 menit dari perkampungan Toli-Toli, Suku Bajo.

7. Pantai Nirwana Bau Bau

    Alamat : Bau-bau, Sulaa, Murhum, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara

    Jam Buka : 24 Jam

    Tiket Masuk : Rp2.000

Pantai Nirwana menawarkan pemandangan pantai yang indah dan eksotis. Air jernih berwarna biru semakin lengkap dengan adanya pasir putih lembut di tepi pantai. Ombak di tempat ini tergolong kecil sehingga aman buat anak-anak yang asyik bermain di pinggir pantai.

Untuk mencapai lokasi ini pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 9 km. Suasana sekitar pantai masih sangat asri dan kondisi pantainya bersih. Kamu dan keluarga juga bisa menikmati pemandangan pantai sambil duduk santai di saung. Tidak jauh dari pantai terdapat tempat jajanan makanan seafood khas Kota Bau Bau.

8. Pantai Wabokeo

    Alamat : Desa, Batuatas Liwu, Batu Atas, Pulau Batuatas, Sulawesi Tenggara

    Jam Buka : 24 Jam

    Tiket Masuk : Rp2.000

Pantai Wabokeo merupakan tempat wisata yang dikelilingi tebing-tebing menjulang tinggi. Pemandangan pantainya begitu indah dan memukau. Suasana pantai tenang karena ombaknya tidak begitu tinggi. Hamparan pasir pantai putih terbentang luas dan lembut.

Momen yang paling ditunggu wisatawan, yaitu saat detik-detik tenggelamnya matahari. Warna langit biru cerah perlahan mulai berubah menjadi oranye kebiruan. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan harus melewati 140 anak tangga yang dibuat oleh warga Batuatas Liwu. Namun, rasa lelah itu akan terbayar saat melihat langsung pemandangan indah Pantai Wabokeo.

9. Pulau Wisata Bokori

* sumber: backpackerjakarta.com

    Alamat : Tapulaga, Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara

    Jam Buka : 24 Jam

    Tiket Masuk : Rp15.000 – Rp20.000

Jika berkunjung ke Sulawesi Tenggara, kurang lengkap kalau belum ke Pulau Bokori. Tempat wisata satu ini sangat populer di Kabupaten Konawe. Fasilitasnya lengkap dan memadai. Sehingga tidak heran banyak perusahaan yang melakukan meeting atau gathering di Pulau Bokori.

Pemandangannya indah dengan air biru jernih dan pasir putih lembut. Kamu juga bisa mengelilingi pulau dengan menyewa perahu kecil yang sudah disediakan. Ada permainan airnya buat kamu yang hobi main, seperti banana boat dan aktivitas olahraga kano.

10. Pantai La Poili

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=faX_VZb2xyA

    Alamat : Desa, Wawoangi, Sampolawa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara

    Jam Buka : 24 Jam

    Tiket Masuk : Rp10.000

    Telepon : +6282189382990

Pantai La Poili surga keindahan dari Sulawesi Tenggara. Pantai satu ini tidak memiliki pasir putih. Oleh karena itu, pemerintah setempat membuatkan desain khusus yang dinamai Lapoili. Desainnya cukup unik membentuk lingkaran di atas laut. Kemudian tengahnya terdapat gazebo yang didesain khusus untuk bersantai.

Wisata bahari tersebut sukses menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Jika beruntung kamu bisa menyaksikan upacara adat warga sekitar di Pantai Lapoli. Letaknya tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah mudah dijangkau oleh siapapun.

Sulawesi Tenggara menawarkan berbagai keindahan wisata baharinya. Tidak hanya indah, tetapi beberapa tempat di desain unik untuk menarik perhatian wisatawan. Untuk harganya cukup terjangkau oleh semua orang. Pantai favoritemu yang mana? Tuliskan di kolom komentar ya!

Previous article8 Kolam Renang Hotel di Bandung yang Bisa untuk Umum
Next articleMarie Tunggal, yang Lumer di Mulut dan Melegenda