Tidak perlu jauh-jauh ke Korea sana untuk bisa merasakan nuansa café Korea dan perniknya. Pasalnya di beberapa tempat di Indonesia sudah ada café bertema Korea dan Kpop. Namanya Chingu Café. Makanan khas, minuman dan Hanbok Experience tersedia di sini. Jika kamu bermimpi untuk berkunjung ke Korea, coba dulu ke Chingu Café.

Kamu bisa wujudkan mimpi itu dengan mengunjungi Chingu Café terlebih dahulu. Di Chingu Café, ada berbagai hal berbau Korea di sana. Café ini mengedepankan slice of Korea sehingga kamu merasa bisa melihat Korea yang nyata di sini. Apa saja yang menarik dari café cantik ini?

Hal Seru di Chingu Cafe

Para penggemar drama Korea dan Kpop pada umumnya pasti tahu apa itu Namsan Tower, Sungai Han, kereta api cepat Korea, Pulau Jeju, Gunung Hala dan lain-lain. Di benak kita pasti ada keinginan suatu saat nanti bisa mengunjungi salah satu tempat di Korea dan mengalami hal-hal seru di sana.

Nah, Chingu Café berkomitmen untuk menghadirkan “Korea” ke tengah-tengah masyarakat Indonesia. Apa saja keseruan yang bisa kamu peroleh ketika mengunjungi Chingu café? Ini dia beberapa daftarnya.

  • Hanbok Experience

Chingu Cafe adalah sebuah tempat makan. Tapi mereka menyuguhkan hanbok bagi pengunjung yang ingin mencoba mengenakan pakaian tradisional Korea Selatan Ini. Mengenakan hanbok di tempat yang sangat Korea menjadi pengalaman yang sangat seru, bukan?

Di café ini kamu akan melihat para pengunjung berseri-seri sambil mengenakan hanbok. Bagaimana tidak? kesempatan mengenakan hanbok tidak bisa kita dapatkan setiap hari, kan? Namun, ke Chingu, kamu bisa mendapatkan itu setiap kali datang.

Pakaian hanbok yang tersedia di Chingu Café bermacam-macam. Ada hanbok anak-anak laki-laki dan perempuan, hanbok dewasa yang berwarna-warni yang biasa dikenakan sehari-hari dan hanbok khusus yang digunakan untuk perayaan dan acara tertentu.

Hanya dengan membayar sekitar Rp35.000 selama 15 menit saja kamu sudah bisa merasakan serunya mengenakan baju khas Korea yang sering kali kamu lihat di tayangan televisi Korea.

  • Mengunjungi Tempat-Tempat Ikonik di Korea

Para penggemar K-Drama dan acara-acara Korea pasti mafhum tempat-tempat apa saja yang popular dan disukai para turis yang datang ke Korea. Nah, Chingu Café berusaha semaksimal mungkin untuk membawa tempat-tempat tersebut ke dalam bentuk replika.

Di area café terdapat beberapa replika tempat yang terkenal di Korea, seperti warung-warung pinggir jalan di Korea, bench yang biasa ada di taman-taman di Korea, mural bergambar hanok, Korail, suasana Pulau Jeju, bus Korea dan lain-lain.

Berada di café ini serasa mengelilingi Korea dalam sekali waktu. Kamu juga bisa mengabadikan pengalaman berada di tempat-tempat tersebut dalam bentuk foto atau video.

Menu Terenak di Chingu Café

Namanya juga café pasti produk utamanya adalah kuliner kan, baik itu makanan atau minuman. Selain mengandalkan nuasa, kuliner adalah andalan lain dari café yang mulai berdiri sejak tahun 2013.

Banyak makanan dan minuman khas Korea yang tersedia di café ini. Lalu, apa saja menu terenak dari Chingu café? Ini dia rekomendasi yang telah kami kumpulkan.

1. Original Patbingsoo

Patbingsoo adalah dessert khas Korea yang menggunakan kacang merah sebagai bahan utamanya. Kalau di Indonesia dessert itu ibarat es buah dan es serut. Hampir sebagian besar bahan-bahan untuk membuat patbingsoo ini terbuat dari buah-buahan.

Kondimen lain yang biasa digunakan adalah nata de coco, popping boba, es krim vanilla, jelly dan tentu saja kacang merah. Satu porsi Original Patbingsoo dijual dengan kisaran harga Rp29.900. Porsinya banyak. Kamu bisa berbagi dengan temanmu.

2. Mandu Guksu

Mandu adalah makanan sejenis pangsit dan guksu adalah mie. Jadi, ini adalah sup khas Korea yang dipadukan dengan pangsit dan mie. Mandu Guksu dari Chingu Café mempunyai tekstur yang mirip dengan misoa. Rasanya gurih karena ada kuah yang terbuat dari kaldu sapi.

Mie yang digunakannya terbuat dari bahan gandum, bukan terigu jadi teksturnya berbeda dengan mie yang sering kita jumpai di Indonesia. Harga satu porsinya berkisar Rp26.900.

3. Jumukbap

Dalam Bahasa Indonesia jumukbap artinya bola basi yang dibalur nori atau rumput laut dan diberi bumbu khusus. Satu porsi Jumukbap terdiri dari 4 bulatan bola nasi, harganya sekitar Rp25.900. Ada dua varian Jumukbap, yaitu Jumukbap Tuna Mayo original dan Spicy.

Bola-bola nasi ini rasanya mirip sushi, namun dalam bentuk yang berbeda. Dalam satu bola-bola nasi itu terdapat isian daging sapi, tuna dan ditambahkan bumbu mayo.

4. Bibimbap

Nasi campur ala Korea ini adalah menu selanjutnya yang kami pilih sebagai menu terenak dari Chingu Café. Ditilik dari asal katanya bibim adalah campur dan bap artinya nasi. Bibimbap disajikan dalam mangkuk panas agar telur yang ada di atas nasinya menjadi matang.

Bibimbap terdiri dari daging cincang, sayuran seperti wortel, bayam, toge, telur, dan bumbu gochujang (pasta cabe) serta minyak wijen dan kecap asin. Meskipun terlihat banyak porsinya, namun ternyata harganya hanya sekitar Rp27.900. Murah ya?

5. Chijeu (Cheese) Bokkeumbap

Nah, untuk kamu penggemar nasi goreng, Chingu Café punya menu nasi goreng enak yang wajib kamu cicipi. Kami memilih Cheese Bokkeumbap sebagai nasi goreng rekomendasi karena rasanya yang unik. Bokkeumbap diberi daging cincang yang telah dibumbui bumbu khas Korea.

Lalu, di atasnya diberi topping lelehan keju yang membuat nasi goreng menjadi lebih gurih. Cheese Bokkeumbap disajikan di atas hot plate sehingga panasnya terjaga dan cita rasanya tetap sedap. Oh ya, satu porsi bokkeumbap cukup mengenyangkan lho. Harganya hanya berkisar Rp27.900.

6. Teokbbokki

Menyantap hidangan Korea rasanya belum afdol kalau belum mencicipi kue beras khasnya, teokbbokki. Kue beras yang diberi saus gochujang ini adalah jajanan tradisional yang wajib kamu coba.

Teokbbokki dari Chingu Café rasanya manis, gurih dan pedas karena ada pasta cabe gochujang itu. Tapi rasa pedasnya tidak akan membuat lidah terasa terbakar. Kue beras yang telah ada sejak zaman dinasti Joseon ini masih aman dinikmati oleh orang yang tidak begitu menyukai makanan pedas.

Teokbbokki biasanya disajikan dengan potongan telur rebus dan diberi taburan biji wijen.  Ada dua pilihan teokbbokki di Chingu café, yakni Teokbbokki All Rice Cakes dan Teokbbokki Odeng. Dua-duanya harganya kurang lebih Rp26.9000.

7. Hotteok

Hotteok itu seperti pancake versi manis yang lebih tebal dan lembut. Bentuknya bulat dan diberi filling pasta kacang. Chingu Café menyediakan beberapa pilihan isian hotteok misalnya keju, cokelat kacang, choco hazelnut, pasta kacang merah dan hotteok original.

Satu butir hotteok dijual dengan harga kurang lebih Rp10.000. Kamu bisa menambahkan es krim di atasnya jika kamu. Tinggal tambah sekitar Rp7.000 saja dan pilih rasa es krim untuk topping-nya.

Di Korea sana, kabarnya hotteok adalah makanan yang enak disantap ketika musim dingin. Di Chingu Café, kamu tidak perlu menunggu sampai musim berganti untuk menyantap hotteok.

8. Spicy Chicken Popcorn

Ini dia ayam potong dengan dengan saus khas Korea bercita rasa pedas. Camilan berbahan dasar ayam ini adalah camilan yang mengenyangkan. Satu prosi Spicy Chicken Popcorn harganya kurang lebih Rp22.900.

Bagi kamu penyuka camilan pedas, Spicy Chicken Popcorn pasti cocok di lidah. Namun, ada pula varian yang tidak pedasnya kok. Pesan saja Sweet Chicken Popcorn-nya. Rasanya tidak ada pedas-pedasnya. Aman untuk kamu si penyuka camilan dengan bumbu ringan.  

9. Yangnyeom Tongdak

Selain Spicy Chicken Popcorn, kamu juga bisa memilih Yangnyeom Tongdak. Yangnyeom Tongdak sendiri merupakan menu ayam goreng pedas yang diberi bumbu gochujang dan rempah-rempah lainnya. Di Chingu Cafe sendiri, sayap ayam dipilih sebagai bahan utama menu Yangnyeom Tongdak ini.

Nah, kalau kamu lagi ngidam makan ayam goreng pedas, maka Yangnyeom Tongdak dari Chingu Cafe bisa jadi pilihan utama untukmu. Menu ini ditawarkan di kisaran harga Rp28.000-an per porsi.

10. Ramyeon

Siapa yang tidak suka dengan hidangan satu ini? Ramyeon atau ramen a la Korea seringkali muncul di drama-drama Korea dan berhasil membuat penontonnya ngiler. Biasanya, Ramyeon terbuat dari ramen atau mie instan, dengan campuran bumbu dan sayuran, serta telur di atasnya.

Nah, di Chingu Cafe, kamu juga bisa menikmati menu satu ini. Hanya saja, telurnya bukan telur mentah, ya. Melainkan telur yang sudah direbus. Kamu bisa memilih varian Ramyeon sesuai selera. Ada Classic Ramyeon, Kimchi Ramyeon, Mushroom Ramyeon dan masih banyak lagi. Menu Ramyeon di Chingu Cafe ditawarkan dengan harga mulai dari Rp23.000.

11. Jjajangmyeon

Tak hanya Ramyeon, Jjajangmyeon juga kerap kali muncul di dalam drama-drama Korea, lho. Jjajangmyeon sendiri adalah mie dengan pasta yang terbuat dari kacang hitam. Rasa Jjajangmyeon di Chingu Cafe terbilang otentik dan tentunya bikin nagih. Satu porsi Jjajangmyeon di Chingu Cafe bisa kamu dapatkan dengan harga Rp27.900 per porsi.

12. Gun Mandu

Chingu Cafe juga punya menu ringan lain yang bisa kamu coba. Ya, ada Gun Mandu. Gun Mandu ini merupakan pangsit goreng atau gyoza khas Korea dengan isian daging sapi dan juga sayuran.

Rasa dari Gun Mandu ini sangat lezat. Isiannya juga melimpah ruah. Teksturnya garing di luar dan lembut di dalam. Satu porsi Gun Mandu bisa kamu dapatkan dengan harga Rp19.900.

13. Sundubu Jjigae

Sundubu Jjigae cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin atau musim hujan tiba. Menu ini merupakan sup dengan kuah pedas berisi tahu sutra, sayuran dan daging sapi.

Menu ini pas untuk disantap dengan nasi. Lembutnya tahu sutra berpadu dengan daging sapi dan sayuran, bakal bikin kamu ngerasa puas banget ketika menikmati menu ini. Satu porsi Sundubu Jjigae dibanderol dengan harga Rp31.900.

14. Oksusucha

Minuman ini jadi salah satu minuman yang wajib kamu pesan saat mampir ke Chingu Cafe. Oksusucha sendiri merupakan teh jagung khas Korea yang rasanya legit, dengan aroma dan rasa jagung yang kuat. Kamu bisa memesan minuman ini dalam keadaan hangat atau dingin. Satu gelas Oksusucha bisa kamu beli dengan harga Rp7.900.

15. Korean Milk Tea

Menu di Chingu Café tidak melulu berupa minuman tradisional Korea kok. Ada menu modern yang tidak kalah enak. Meskipun namanya Korean Milk Tea pada dasarnya tampilan minuman dingin ini sama saja dengan minuman boba yang sedang hits saat ini. Hanya saja ada bahan khusus yang digunakan.

Korean Milk Tea cocok untuk kamu ingin sekedar ngemil dan menikmati makanan ringan. Porsinya cukup besar kok dan harganya hemat. Satu cup Korean milk tea rata-rata dibanderol Rp21.900.

Varian Korean Milk Tea pun tidak hanya satu. Ada banyak varian rasa, misalnya Honey Milk Tea, Red Velvet Milk Tea, Strawberry Milk Tea, Taro Milk Tea, Vanilla Milk Tea, Hazelnut, Green Tea Milk dan Caramel Milk Tea.

Demikian ulasan kami mengenai menu terenak di Chingu Café. Tergiur untuk mencobanya? Nah, meskipun café ini identik dengan dengan penggemar Kpop, namun sebetulnya cafenya sendiri tidak mengkhusukan diri pada satu golongan saja. Semua hal berbau Korea ada di sini. Jadi, meskipun kamu bukan penggemar idol, masih nyaman kok duduk santai menikmati suasana café.

Oh ya, metode pembayaran yang digunakan di café ini tidak menggunakan uang cash. Pihak café menyediakan kartu khusus. Ada dua jenis kartu yang tersedia, Member Card dan Citypass Card. Member Card adalah kartu khusus yang membuktikan bahwa seseorang adalah anggota Chingu Café dan berhak mendapat fasilitas lain. Masa berlaku kartu ini adalah dua tahun.

Previous articleSentra Onderdil Jalan Banceuy, Ada Juga Aksesori Mobil
Next article10 Tempat Makan Enak di Kelapa Gading yang Mesti Dicoba