Tempat Wisata di Siak – Hi kaka-kaka travelers, gimana kabarnya? min harap kaka selalu fine-fine aja ya, apalagi mau dengerin curhatan min, harus selalu fits. 🙂

Nah, kali ini min mau jelajahi destinasi tempat wisata di kabupaten Siak Provinsi Riau yang merupakan kabupaten terkaya kedua setelah Pekanbaru. hmm…pasti objek wisatanya juga sewru.

Daftar Isi

Sekilas Pandang Kabupaten Siak

Daftar Tempat Wisata di Siak Riau1. Kapal Kato Kesultanan Siak

2. Istana Siak Sri Indrapura

3. Balai Kerapatan Adat Siak

4. Queen Star Waterpark Siak

5. Danau Alam Zamrud

6. Taman Kota Siak

7. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

8. Komplek Makam Raja Siak

9. Turap Siak

10. Masjid Raya Syahabudin

11. Masjid Sultan Syarif Hasyim

12. Tangsi Belanda Siak

13. Taman Tengku Mahratu

14. Jembatan Teluk Masjid

15. Tepian Bandar Sungai Jantan

16. Klenteng Hock Siu Kiong

17. Lambang di Alun-Alun Maharatu Centre

18. Ekowisata Mengrove Mengkapan

19. Jembatan Kupu-Kupu

Sekilas Pandang Kabupaten Siak

Siak adalah salah satu kabupaten di Riau yang dulunya termasuk bagian dari kesultanan Siak Sri Indrapura.

Di permulaan kemerdekaan Indonesia, Sultan Syarif Kasim II yang tak lain sultan terakhir kerjaan Siak menyatakan bergabung dengan negara Indonesia.

Kemudian daerah ini menjadi wilayah kewedanan Siak yang berada di bawah kabupaten Bengkalis.

Pada tahun 1999 daerah ini kemudian meningkat statusnya menjadi kabupaten berdasarkan UU No 53 Tahun 1999. Lalu dipilihlah kota Siak Sri Indrapura sebagai ibukotanya.

Daftar Tempat Wisata di Siak Riau

Dari sisi historis, daerah Siak tampak menarik untuk diketahui, apalagi termasuk daerah kesultanan yang sudah ada sejak lama.

Pun dengan destinasi objek wisata, min yakin kaka bakal kepo. Iya kan? nah, melalui curhatan ini min ingin sharing sejumlah objek tempat wisata di kabupaten Siak. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal ini terbilang unik karena terbuat dari bahan besi dengan bahan bakar batu bara. Dulunya kapal ini digunakan oleh Sultan Siak untuk mengunjungi daerah-daerah kekuasaanya, kalau sekarang mah mungkin ini kendaraan dinas.

Dengan bobot berat 15 ton dan panjang 12 meter, saat ini kapal Kato menjadi sebuah monumen bersejarah yang perlu kaka ketahui.

So, sebagai generasi muda yang kudu tahu seluk beluk daerahnya, sebaiknya kaka sempatkan berlibur ke tempat ini. Selain itu, daerah sekitarnya juga selfieable banget sehingga nuansa anak mudanya tetap ada.

2. Istana Siak Sri Indrapura

Objek wisata sejarah yang ‘wajib’ kaka ketahui juga selama di Siak adalah Istana Kesultanan Siak Sri Indrapura yang pernah berjaya pada rentang abad 16 sd 20 masehi.

Dulunya istana ini dibangun oleh seorang sultan bernama Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889 an.

Dengan capture yang megah, istana ini merupakan objek wisata sejarah yang kudu banget kaka kunjungi. Apalagi peninggalan sebuah kerajaan terbesar yang pernah ada di Riau.

Di samping itu, di dalamnya juga terdapat berbagai benda peninggalan masa lalu terutama alat musik langka yang hanya ada 2 di dunia ini. Satu di Jerman dan satu lagi di Istana ini.

Kaka tahu apa nama alat musik tersebut?

Yups, namanya adalah Komet. Kaka bisa memainkannya? huhhhh….min aja…..juga nggk bisa. hehe

3. Balai Kerapatan Adat Siak

Balai Kerapatan Adat siak ini dibangun sejak tahun 1886 oleh Sultan Syarif Hasyim, sultan ke XI Kerajaan Siak.

Adapun fungsinya, tempat ini digunakan untuk tempat penobatan Para Raja dan juga sebagai tempat musyawarah pera petinggi kerajaan. Selain itu, tempat ini juga dulunya dijadikan tempat persidangan.

So, karena begitu pentingnya nilai sejarah, sebaiknya kaka kunjungi tempat ini yaw. Ditambah lagi pemandangannya oke banget buat dijadikan backround berfoto.

Sebagai gambaran singkat, balai ini memiliki 2 arah pintu masuk yaitu pintu yang berhadapan dengan jalan raya dan satu lagi pintu masuk yang berhadapan dingan sungai.

Adapun bentuknya, bangunan ini berbentuk panggung dengan 2 tingkat. Pada lantai dua, terdapat ruang utama, ruang sidang, ruang panitera dan juga ruang tunggu.

Sementara ruang bawah, terdapat 3 ruangan yang dulunya digunakan untuk kantor para tuan kerajaan.

4. Queen Star Waterpark Siak

Kalau kaka sudah selesai berpetualangan mengunjungi temapt-tempat sejarah, sekarang min mau ajak kaka ke tempat hiburan. Salah satunya adalah Queen Star Waterpark yang super kece.

Beneran loh ka, kalau kaka lagi liburan, cobalah datang ke sini. Soalnya wahana tempat bermain di sini sangat sewru. Kaka bisa main air sampe puas, apalagi kolam renangnnya luas. min yakin kaka bakal betah.

Kalau ingin lebih santuy, kaka bisa berkunjung ke sini di hari kerja, kalau hari sabtu dan minggu atau liburan nasional, tempat ini ramai ka. Hmm

5. Danau Alam Zamrud

Apakah kaka termasuk pekerja yang sering kepalanya pening karena seabrek tugas? Baiklah, kalau begitu berarti sudah saatnya kaka berkunjung ke Danau yang satu ini. Letaknya cuma 180 km dari kota Pekanbaru, 3 jam pake roda 2 atau 4.

Karena danau ini jauh dari pemukiman, maka suasanya pun tenang, adem dan bikin fresh. Panoramanya indah menghijau dan angin sepoy-sepoy.

Selain itu, kaka juga bisa menemukan satwa langka seperti Beruang Merah, Harimau Sumatra dan satwa lainnya yang dilindungi.

6. Taman Kota Siak

Bagi kaka yang ingin bersantuy bareng keluarga, tempat ini kayaknya cocok banget. Susanya adem dan pemandangannya selfieable.

Selain itu, dari temat ini juga kaka bisa melihat pemegahan jembatan siak yang ditopang dua menara kokoh. Pemandangan ini, bisa kaka jadikan untuk backround berfoto.

7. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Jembatan ini merupakan icon kabupaten Siak yang tentunya sudah sangat terkenal. Jembatan ini menghubungkan 2 daerah penting sehingga membuat masyarakat semakin mudah dalam menjalankan aktifitasnya.

Dahulu kala, masyarakat hanya bisa menggunakan sampan untuk menyebrang, tetapi saat ini mereka sudah bisa memakain fasilitas jembatan kapan pun mau.

Oleh pemerintah Kabupaten Siak, jembatan ini diberi nama Tengku Agung Sultanah Latifah yang merupakan permaisuri Raja Sultan Syarif Kasyim II.

Jadi, kalau kaka berkunjung ke Siak, belum afdhal rasanya kalau belum ngajengjehe di Jembatan ini. 🙂

8. Komplek Makam Raja Siak

Kita kembali lagi ke objek wisata sejarah sekaligus religi, yaitu Komplek Makam Raja Siak.

Di kompek ini, kaka2 bisa melihat makam raja Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (raja ke 4), makam Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Shah (sultan ke 5) mekam Sayid Osman Syahabuddin (menantu sultan Alam dan juga panglima perang kerajaan).

Selain itu, kaka juga bisa melihat makam Sultanah Khadijah (istri Sultan Alamudin Syah) makam Tengku Embong Badriah (istri Sayid Osman) dan juga makam Sayid Zen al-Jufri (cucu Sultan Alam).

Pokoknya, berkunjung ke sini tuh bakal mengingatkan kaka ke kerajaan-kerajaan di masa lalu. Tentu hal ini sangat penting untuk diketahui oleh generasi muda.

9. Turap Siak

Siapa yang senang bersantuy sambil menikmati minuman atau kopi bareng teman-teman? hemm…kalau kaka termasuk, berarti tempat ini cocok banget buat kaka kunjungi.

Sebagaimana taman kota, tempat ini juga kerapkali dijadikan area bersantuy sembari menikmati pemandangan sungai dan alam sekitar.

Apalagi di sore hari, biasanya para pengunjung berlomba membidik pemandangan sunset yang super indah. Min yakin, kaka pasti ketagihan untuk datang lagi dan lagi.

10. Masjid Raya Syahabudin

Nah kalau masjid yang satu ini, sangat perlu juga untuk kaka kunjungi. Ya, di samping ngecharge iman, tempat ini juga bisa mengenalkan kaka ke aspek sejarah.

Soalnya masjid yang berwarna orange ini didirkan tahun 1926 alias jauh hari sebelum Indonesia merdeka. Pendirinya adalah Sultan Sayid Syarif Kasim Abdul Jalil Saefudin.

Biasanya, kalau pengunjung datang ke sini, mereka juga bisa langsung berwisata ke istana siak yang jaraknya tak jauh dari tempat ini. Atau sebaliknya.

11. Masjid Sultan Syarif Hasyim

12. Tangsi Belanda Siak

13. Taman Tengku Mahratu

14. Jembatan Teluk Masjid

15. Tepian Bandar Sungai Jantan

16. Klenteng Hock Siu Kiong

17. Lambang di Alun-Alun Maharatu Centre

18. Ekowisata Mengrove Mengkapan

19. Jembatan Kupu-Kupu

Demikian ke 19 tempat wisata di Siak Riau yang bisa min sharingkan. Semoga bermanfaat ya dan semoga kaka-kaka semua bisa berkunjung ke tempat ini. Byeeee!

Previous articleInilah 10 Makanan Cina yang Paling Populer di Dunia
Next articlePagarsih, Sentra Percetakan di Bandung Terkenal Sejak Dulu