Kegiatan berkemah kini semakin seru dilakukan berkat berbagai penyedia jasa campervan yang bermunculan. Tanpa harus mendirikan tenda, kamu dapat menikmati kenyamanan tidur di dalam campervan yang sudah dilengkapi berbagai peralatan, dari meja dan kursi hingga perlengkapan masak.

Salah satu operator yang menyediakan fasilitas tersebut adalah Nuvantara. Berbasis di Yogyakarta, Nuvantara menawarkan berbagai pilihan paket berkemah di lokasi-lokasi pilihan dengan VW Combi klasik. Berikut tiga di antaranya.

  1. Mengger Kemuning

Camping ground satu ini menawarkan lokasi di tepi Waduk Sermo. Dengan berkemah di sini, kamu tak hanya diajak menikmati keindahan sunset, namun juga berburu sunrise keesokan paginya.

Nuvantara menawarkan paket wisata bermalam di Mengger Kemuning mulai Rp700.000 per orang untuk keberangkatan enam orang, hingga Rp1.800.000 per orang untuk keberangkatan dua orang. Biaya tersebut sudah termasuk VW Combi klasik, transportasi ke/dari lokasi camping ground, perlengkapan untuk berkemah, api unggun, barbekyu dan hidangan lokal untuk makan malam, sarapan, pemandu, dan donasi untuk komunitas lokal.

Foto: Instagram @nuvantara

Untuk pengalaman yang lebih seru lagi, kamu bisa memesan aktivitas tambahan, seperti mendayung kano atau kayak di danau sembari menanti sunset (Rp180.000 per orang), memancing (Rp400.000 per orang), melihat dan mencoba membuat gula kelapa secara tradisional di Desa Sermo (Rp75.000 per orang), atau bahkan menonton bioskop di luar ruang ditemani langit bertabur bintang, hangatnya api unggun, dan nikmatnya secangkir cokelat panas (Rp200.000 per paket).

  • Taman Bambu Air

  • Lokasi camping ground ini tak jauh dari Mengger Kemuning dan sama-sama menawarkan keindahan pemandangan Waduk Sermo. Aktivitas maupun biaya paket wisatanya sama dengan bermalam di Mengger Kemuning.

    Foto: Instagram @nuvantara

    Pengalaman yang didapat pun serupa, yakni dapat menikmati pemandangan pagi yang sejuk dengan kabut tipis yang menyelimuti kawasan tersebut. Usai menyaksikan panorama tersebut, kamu dapat melewatkan waktu untuk bersantai atau melakukan aktivitas tambahan, seperti memancing atau menyusuri waduk dengan naik kano.

  • Candi Prambanan

  • Untuk lokasi camping yang anti-mainstream, kamu bisa menyewa paket bermalam di dekat Candi Prambanan. Seusai menyaksikan matahari terbenam, kamu dapat menonton Sendratari Ramayana Prambanan, kemudian tidur di bawah taburan bintang sembari melihat keindahan Candi Prambanan.

    Foto: Instagram @nuvantara

    Harga paketnya mulai Rp860.000 per orang untuk keberangkatan enam orang, hingga Rp1.800.000 per orang untuk keberangkatan dua orang. Biaya tersebut sudah termasuk VW Combi klasik, Sendratari Ramayana Prambanan, perlengkapan untuk berkemah, api unggun, barbekyu dan hidangan lokal untuk makan malam, sarapan, pemandu, dan donasi untuk komunitas lokal.

    Karena Sendratari Ramayana Prambanan hanya tersedia Selasa, Kamis, dan Sabtu, Nuvantara akan mengganti kegiatan tersebut di lain hari dengan Historia Night Tour, tur berpemandu di malam hari untuk mengenal lebih dekat kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia tersebut.

    Sama halnya dengan paket sebelumnya, kamu bisa memesan aktivitas tambahan, seperti bersepeda di sekitar Candi Plaosan (Rp300.000 per orang), melihat proses pembuatan kerajinan fiberglass di Tulakir Fiberglass dan melukis fiberglass untuk suvenir (Rp75.000), atau menonton bioskop di luar ruang (Rp200.000 per orang).

    Foto: Instagram @nuvantara

    Di luar harga paket yang disebutkan di atas, Nuvantara juga menawarkan fasilitas lain, seperti tenda premium yang dapat menampung hingga enam orang, serta fotografer (Rp1,2 juta) dan videografer (Rp2 juta) selama trip untuk mengabadikan momen perjalananmu.

    Selain itu, biaya paket yang disebutkan sebelumnya tidak termasuk transportasi ke kantor pusat Nuvantara yang berada di Jalan Ring Road Utara No. 77, Jombor Kidul, Sinduadi, Kecamatan Melati, Kabupaten Sleman. Nuvantara menawarkan layanan penjemputan seharga Rp250.000 per orang.

    Kamu dapat memantau akun Instagram @nuvantara untuk informasi lebih lanjut, atau langsung menghubungi WhatsApp 081229101954 untuk reservasi.

    Teks: Melinda Yuliani

    Previous articleInilah Alasan Anda Sebaiknya Tidak Membeli Cokelat di Toko Bebas Bea Bandara
    Next article8 Tempat Wisata Di Bandung Untuk Kamu Penyuka Binatang