Benua Hitam merupakan sebutan atau nama lain yang dimiliki oleh Benua Afrika, yang merupakan kawasan bersuhu tinggi dan dilengkapi dengan kenampakan alam yang super menawan.

Nah, salah satu kenampakan alam yang ada adalah danau.

Apa saja danau terbesar di Afrika?

Memang, Afrika dikenal dengan benua yang memiliki danau berukuran sangat besar yang tersebar di berbagai negara.

Bahkan beberapa danau yang ada di benua ini juga dinobatkan sebagai danau terbesar, lho. Penasaran nama-nama danau dan lokasinya di mana?

Cek informasi berikut ini:

List Danau Terbesar di Afrika, Menakjubkan!

1. Danau Victoria

Danau yang memiliki ukuran paling besar di Afrika adalah Danau Victoria, yang terletak di Great Rift Valley tepatnya di bagian barat.

Danau ini membentang di tiga negara sekaligus, yakni Kenya, Uganda, serta Tanzania.

Sebesar apa sih Danau Victoria? Luas danau terbesar di Benua Afrika ini sangatlah fantastis, yakni sekitar 68.670 kilometer persegi.

Wow, bukankah ini ukuran yang sangat besar? Dengan luas yang dimilikinya, membawa Danau Victoria menjadi danau tropis terluas di dunia serta danau air tawar terluas kedua di dunia.

Walaupun memiliki ukuran yang begitu luas, tapi ternyata kedalaman danau ini tergolong dangkal, lho.

Sedangkan volume air yang ada di danau ini mencapai kurang lebih 2.760 kilometer kubik.

Fakta tentang Danau Victoria, ternyata air yang menempati cekungan besar ini berasal dari aliran sungai terbesar di dunia, yakni Sungai Nil.

Selain itu, di danau besar ini terdapat setidaknya 3.000 pulau namun tidak semuanya berpenghuni.

Karena keindahan yang dimiliki oleh Danau Victoria, membuat pemerintah setempat membukanya sebagai salah satu destinasi wisata alam.

2. Danau Tanganyika

Danau Tanganyika bukan hanya termasuk kedalam danau terdalam di dunia, tetapi juga mendapat predikat danau terbesar di Afrika di urutan kedua.

Dinobatkan sebagai danau terbesar kedua karena memiliki luas hingga mencapai 32.900 kilometer persegi, sedangkan panjangnya mencapai 673 kilometer dan lebar 50 kilometer.

Saking luasnya, ternyata Danau Tanganyika membentang hingga empat negara sekaligus, lho, yakni Kongo, kemudian Burundi, Tanzania, dan juga Zambia.

Sudahkah Anda tahu bahwa danau ini dapat mencegah terjadinya turn over massa air? Hal tersebut dikarenakan danau ini memiliki kedalaman mencapai 1.470 meter dan berada di daerah tropis.

Nah, yang menjadikan Danau Tanganyika unik adalah air di dalamnya dijuluki sebagai air fosil.

Wah, mengapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan air yang terletak di dasar danau tidak memiliki kandungan oksigen yang cukup seperti air-air pada umumnya.

Sama dengan Danau Victoria, Danau Tanganyika ini juga membentang di kawasan Great Rift Valley sehingga dikelilingi oleh pegunungan.

Inilah yang membuat suhu di area danau tergolong rendah, yakni berada di angka 25 derajat Celcius.

Danau dengan pH 8.4 ini menjadi tempat tinggal bagi setidaknya 450 spesies ikan dan lokasi rumah ikan-ikan tersebut berada di bagian dasar danau.

Tak kalah dengan Danau Victoria dan lainnya, danau terbesar kedua di Afrika ini juga memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya.

3. Danau Malawi

Nah, di urutan ketiga ada Danau Malawi yang memiliki luas hingga mencapai 29.600 kilometer persegi.

Menurut informasi terpercaya, selain dinobatkan sebagai danau terbesar di Afrika yang berada di urutan ketiga, danau ini berada di urutan kedelapan danau terbesar di dunia, lho.

Terbentuknya danau ini terjadi karena adanya gerakan lempengan tektonik yang berada di bawah benua Afrika.

Peristiwa tersebut sudah terjadi sejak puluhan ribu tahun yang lalu, lho. Di mana letak Danau Malawi? Tentu saja danau ini terletak di Negara Malawi sesuai dengan namanya.

Akan tetapi, sebenarnya danau ini membentang di tiga negara sekaligus, yaitu di Negara Malawi, Negara Tanzania, dan juga Negara Mozambik.

Karena termasuk danau besar dan dalam, tak heran jika Danau Malawi menjadi tempat hidup sekaligus berkembang biak sejumlah spesies ikan air tawar.

Sekadar informasi untuk Anda, air yang ada di Danau Malawi ini berasal dari aliran Sungai Shire, yang merupakan sungai terbesar di Negara Malawi.

Nah, Sungai Shire sendiri merupakan anak dari Sungai Zambezi

Baca Juga: 7 Nama Danau Terdalam di Dunia, Ada dari Benua Asia?

4. Danau Albert

Afrika masih menyimpan banyak danau yang memiliki ukuran yang besar, dan salah satunya adalah Danau Albert yang membentang di perbatasan dua negara, yakni Kongo dan Uganda.

Danau ini memiliki nama lain yang juga populer, yakni Danau Mobutu Sese Seko.

Luas Danau Albert sendiri mencapai 2.220 kilometer persegi dengan lebar 30 kilometer serta panjang mencapai 160 kilometer, sehingga dinobatkan sebagai danau terbesar keempat di Afrika.

Sedangkan kedalaman danau maksimal adalah sekitar 51 meter dan danau ini berada di ketinggian mencapai 619 mdpl.

Danau Albert juga terletak di kawasan Great Rift Valley, tepatnya di bagian paling ujung utara. Sedangkan air danau berasal dari beberapa sumber, mulai dari Sungai Nil, kemudian Danau Edward, dan juga Danau Semliki.

Hal unik yang ada di danau satu ini ialah, meski berasal dari air sungai atau air tawar namun kadar air garam yang ada di Danau Albert sedikit lebih banyak alias tinggi dibandingkan dengan air yang ada di sungai-sungai yang mengalirinya.

5. Danau Kivu

Danau terbesar di Afrika yang akan kita bahas di list terakhir ini adalah Danau Kivu yang memiliki luas sama dengan Danau Albert, yakni 2.220 kilometer persegi.

Danau besar ini terletak di dua negara sekaligus, yakni Kongo dan Rwanda yang berada di kawasan Afrika Tengah.

Danau dengan kedalaman maksimal hingga 240 meter ini mampu menampung air hingga 333 kilometer kubik, lho.

Menurut sejarah, danau yang memiliki muara di Sungai Ruzizi pernah dikunjungi oleh Pangeran Adolf von Gotzen yang merupakan gubernur Afrika Timur Jerman di tahun 1894.

Meskipun mendapatkan predikat danau terbesar di kawasan Afrika, namun spesies yang mendiami danau ini tergolong sedikit apabila dibandingkan dengan danau besar lainnya.

Di sini ada sekitar 28 spesies ikan endemik, mulai dari ikan barbus, nila, kemudian lemuru dan juga ikan sarden.

Ikan sarden yang ada di danau ini ternyata merupakan hasil perkembangbiakan yang dilakukan oleh seorang ilmuwan untuk melestarikan ikan tersebut.

Pasalnya, sebelumnya terjadi eksploitasi ikan sarden besar-besaran di Danau Tanganyika, sehingga ide ini muncul dan dilakukan di Danau Kivu.

Maka dari itu, hingga kini Danau Kivu menjadi habitat alami bagi ikan sarden dan menjadi satu-satunya yang ada di dunia.

Jika Anda membayangkan Danau Kivu sangat gersang karena berada di tanah Afrika bayangkan Anda salah. Sebab, danau ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang sangat hijau.

Ternyata di balik panasnya Afrika, benua ini menyimpan banyak sekali danau besar, ya.

Selain pemandangan yang indah dan menakjubkan, danau-danau di atas menjadi rumah bagi banyak spesies binatang air tawar.

Jika berkesempatan keliling Benua Afrika, mana danau yang akan Anda kunjungi dari daftar di atas?

Baca Juga: Gunung Api Purba Nglanggeran: Selalu Jadi Favorit si Petualang!

Previous articlePanduan Cara Naik Berbagai Macam Kereta di Jepang
Next articleYuk ke 7 Pantai di Kabupaten Malang Ini! Cuma Sekali Jalan, Kok…