Tak terasa setahun telah berlalu, dan Januari kembali lagi. Bila di tahun sebelumnya kamu tak sempat mengikuti sejumlah acara gowes yang seru, jangan bersedih, karena tahun ini pun masih banyak kegiatan menarik yang bisa kamu ikuti.

Sebut saja lima event utama Mainsepeda yang telah dinanti para pesepeda. Dari lima event ini, tiga di antaranya merupakan Trilogi Jawa Timur, yakni Bromo KOM Challenge, Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge, dan Kediri Dholo KOM Challenge.

Sementara dua event lainnya merupakan event baru, yakni ultra cycling yang menyajikan pengalaman unik untuk pesertanya. Simak detail acaranya di bawah ini.

1. Bromo KOM Challenge 2023

Membuka Trilogi Jawa Timur, Bromo KOM Challenge 2023 rencananya akan berlangsung pada Sabtu, 27 Mei. Jarak tempuhnya mencapai 100 km dengan rute dari Surabaya menuju Puncak Wonokitri di kawasan Gunung Bromo. Peserta ditantang untuk menaklukkan tanjangan menuju puncak, selain memperbaiki catatan waktunya.

Foto: Instagram @hildnov

Di tahun sebelumnya, antusias pesepeda begitu tinggi dalam mengikuti signature event Mainsepeda ini. Tak heran bila kuota 1.000 peserta habis dalam delapan jam saja. Buat kamu yang belum sempat mengikutinya, catat tanggalnya dan jangan sampai terlewat ya di tahun ini!

2. Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge 2023

Foto: Instagram @jasonjanitra

Memasuki pertengahan tahun, Mainsepeda menghadirkan Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge 2023 dengan rute menuju Paltuding di ketinggian 1.800 mdpl. Digelar Sabtu, 29 Juli, daya tarik utama event ini adalah peserta mesti melalui Erek-erek, jalur yang kerap disebut Tanjakan Setan dengan kemiringan cukup ekstrem, yakni mencapai 45 derajat.

3. Kediri Dholo KOM Challenge 2023

Foto: Instagram @irwanto.rosemary

Rangkaian acara Trilogi Jawa Timur kemudian ditutup oleh Kediri Dholo KOM Challenge 2023 yang digelar selama sehari penuh pada Minggu, 24 Desember. Tantangan bermula dari Kediri, berputar melintasi sejumlah kawasan indah di Kabupaten Kediri, lalu melewati tanjakan fotogenik Kelok 9 hingga tiba di Air Terjun Dholo.

4. East Java Journey

Untuk kategori ultra cycling, Mainsepeda menghadirkan dua event utama, dengan East Java Journey sebagai pembuka. Ada dua pilihan kategori yang bisa kamu pilih, yakni Full Journey sejauh 1.200 km dan Half Journey sejauh 600 km.

Foto: Instagram @kent_graff

Semua kategori dimulai dari Surabaya, dan finis di Surabaya pula. Full Journey dimulai dari Selasa, 14 Maret hingga Minggu, 19 Maret. Sementara Half Journey dari Jumat, 17 Maret hingga Minggu, 19 Maret.

5. Three Island Journey

Bila East Java Journey bersifat kompetisi, lain lagi dengan Three Island Journey. Tak ada juara dari acara gowes satu ini, namun peserta ditantang untuk menuntaskan rutenya sampai selesai dan memenuhi COT setiap harinya. Kalau tidak, peserta akan ketinggalan kapal feri dan terkena diskualifikasi.

Acara berlangsung selama tiga hari, yakni mulai Jumat, 16 Juni hingga Minggu, 18 Juni. Berawal di Surabaya, rutenya akan melintasi Banyuwangi, Gilimanuk, Padang Bai, hingga sejumlah destinasi menarik di Lombok.

Peserta wajib membawa seluruh perlengkapan yang mereka butuhkan di sepeda. Namun, transportasi kapal dan penginapan sudah termasuk dalam paket acara. Support dalam bentuk suplai maupun teknis hanya tersedia di akhir rute.

Registrasi untuk event-event di atas akan dibuka mulai 1 Februari 2023. Peserta bebas memilih single event ataupun multiple events, dengan detail dan rutenya akan diperbarui secara berkala di situs dan media sosial Mainsepeda.

Teks: Melinda Yuliani

Previous article5 Tempat Offroad di Bandung yang Bikin Kamu Tertantang
Next articleTerbang Long-Haul dengan Anak-anak