Walau banyak tempat makan baru bermunculan di Jakarta, bukan berarti restoran yang sudah beroperasi puluhan tahun kemudian dilupakan. Banyak restoran legendaris yang masih mempertahankan kualitas dan rasa makanan mereka, sehingga pelanggannya pun tak bosan-bosannya datang untuk bersantap. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kopi Es Tak Kie

Foto: Instagram @stevenhans95
Disebut-sebut sebagai kedai kopi tertua di Jakarta, Kopi Es Tak Kie yang terletak di Pecinan Glodok ini tetap mempertahankan nuansa tempo dulu dan hanya mengandalkan dua jenis sajian kopi, yakni kopi hitam dan kopi susu. Meski demikian, kedai ini tetap ramai dikunjungi, dan bila datang terlalu siang, tak jarang menu kopinya pun sudah habis terjual. 

Jam buka: 06:30-14:00 (Senin-Kamis), 06:30-12:30 (Jumat-Minggu)
Lokasi: Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No. 4-6, Taman Sari, Jakarta Barat

2. Asinan Betawi H. Mansyur

Foto: Instagram @echisofwan
Dikenal juga sebagai Asinan Kamboja Rawamangun (merujuk pada lokasinya), kedai yang sudah berjualan sejak 1970-an ini menawarkan dua menu asinan, yakni asinan sayur dan asinan buah. Hingga kini, kedai ini masih ramai dan digemari masyarakat sekitar. 

Jam buka: 10:00-21:00
Lokasi: Jl. Taman Kamboja No. 10, Rawamangun, Jakarta Timur

3. Gado-gado Bon Bin

Foto: Instagram @hungryfever
Konon, gado-gado di sini disebut yang paling enak seantero Indonesia dengan bumbu kacang yang pernah ditawar puluhan juta rupiah, namun tak dilepas oleh sang pemilik. Gado-gado siram di sini memang beda dari yang lain, dengan tekstur bumbu yang halus, gurih, dan sedikit asam yang khas, yang diperoleh dari cuka aren. 

Jam buka: 10:00-17:00
Lokasi: Jl. Cikini IV No. 1, Jakarta Pusat

4. Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Foto: Instagram @ajakmakan
Tak mudah memang mencari makanan halal di Mangga Besar. Namun, kwetiau di sini diklaim aman dimakan oleh muslim karena minyaknya menggunakan minyak sayur, sementara babat, urat, dan dagingnya pun dari sapi. Rasanya pun tak berubah sejak tahun 1973 ketika kwetiau ini pertama kali dijual, karena seluruh bahannya selalu dicek sebelum diolah agar kualitasnya terjamin.

Jam buka: 10:00-24:00
Lokasi: Jl. Raya Mangga Besar No. 78D, Taman Sari, Jakarta Barat

5. Bakmi Gang Kelinci

Foto: Instagram @penggila_bakmi
Siapa yang tak kenal bakmi legendaris satu ini? Walaupun sudah membuka 10 cabang baru, Bakmi Gang Kelinci di Pasar Baru tetap ramai pengunjung walau jam makan siang sudah berlalu. Dikelola generasi kedua, rasa yang dihadirkan tetap sama, dengan bakmi ayam sebagai menu andalannya. 

Jam buka: 07:00-21:00 (Minggu sampai pukul 19:30)
Lokasi: Jl. Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleYuk Kenali Ragam Kartu Transportasi yang Dipakai di Korea
Next articleTip Road Trip Selama Pandemi Covid-19