Check-out di hotel merupakan proses yang terlihat sederhana, namun kadang bisa menyebabkan masalah bagi traveler berpengalaman sekalipun – terutama bila mesti meninggalkan hotel saat subuh dalam keadaan mengantuk demi mengejar penerbangan paling awal. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan orang saat check-out di hotel berikut cara mengatasinya agar dapat menghemat waktu dan uang, serta mengurangi stres.

Tidak Mengecek Ulang Tagihan
Pastikan tagihan tersebut benar, dan bila ada makanan atau minuman yang tertagih padahal Anda tidak membuka minibar, atau bila ada biaya makan malam yang dibebankan ke nomor kamar yang salah, mintalah staf hotel untuk mengecek kembali dan jangan lupa untuk mengambil bon yang sudah diperbarui sebelum check-out. 

Barang Tertinggal
Selain meninggalkan barang di brankas, para pejalan suka lupa membawa perlengkapan mandi yang diletakkan di kamar mandi, atau charger ponsel dan kamera yang masih menempel di stopkontak. Untuk menghindarinya, kemaslah sebanyak mungkin barang di malam sebelumnya saat Anda tidak sedang terburu-buru. Kemudian, sesaat sebelum check-out, cek ulang kembali kamar. Intip bawah ranjang di mana sering ada barang-barang yang terjatuh, buka tirai kamar mandi, cek semua stopkontak, dan bukalah brankas.

Ada satu trik lain yang direkomendasikan pejalan berpengalaman, yakni masukkan sepatu ke dalam brankas di malam sebelumnya sehingga Anda tak bakal meninggalkan kamar tanpa membukanya. Opsi lainnya adalah membawa daftar barang bawaan (yang biasanya dibuat sebelum keberangkatan) dan memastikan semuanya sudah masuk ke dalam koper.

Lupa Memberi Uang Tip

Jangan lupa memberi uang tip untuk housekeeper (yang sering kali dibayar tak sebanding dengan pekerjaannya) saat terburu-buru keluar dari kamar. Bila tidak memiliki uang pecahan kecil, bisa menukarkannya di resepsionis. Pertimbangkan untuk memberikan setara Rp 20.000 hingga Rp 60.000 per malamnya selama masa tinggal Anda, tergantung etika tip di destinasi tujuan dan seberapa berantakan kamar Anda.

Tidak Meluangkan Waktu yang Cukup untuk Check-out
Kalau semuanya lancar, Anda dapat keluar dari lift, menyerahkan kartu kunci ke resepsionis, dan menyelesaikan proses check-out hotel dalam waktu 90 detik. Namun, tentu saja hal ini tak selalu terjadi di dunia nyata. Faktanya, ada saja halangan saat check-out, terutama bila menginap di hotel besar dan staf hotel sedang sibuk mengurus proses check-in atau check-out grup tur.

Bila mesti mengejar penerbangan pesawat atau keberangkatan kereta, luangkan waktu ekstra untuk berjaga-jaga.

Meminta Staf Hotel untuk Meneleponkan Taksi
Kecuali terpaksa, pejalan yang bepergian dalam bujet terbatas sebaiknya memesan taksi online. Selain lebih murah, Anda juga dapat menghemat uang untuk memberikan tip kepada staf hotel.

Lupa Reservasi Tempat untuk Shuttle Bandara
Bila menginap di hotel bandara, biasanya ada fasilitas shuttle gratis – namun jangan harap bakal kebagian tempat bila belum reservasi. Sebaiknya, pesan tempat dulu di malam sebelumnya, lalu pastikan datang tepat waktu. Resepsionis bisa saja menelepon Anda bila Anda belum berada di lobi saat shuttle sudah siap berangkat, namun shuttle tersebut tak bakal menunggu lama mengingat penumpang yang lain sedang terburu-buru mengejar penerbangan mereka.

Check-out Melebihi Waktu yang Ditentukan
Sebagian besar hotel mengharuskan tamu untuk check-out pukul 11:00 atau 12:00, sehingga housekeeper memiliki waktu untuk membersihkan kamar untuk tamu berikutnya. Pastikan mengetahui waktu check-out sehingga bisa merencanakan jadwal perjalanan Anda dengan baik. Bila memerlukan sedikit waktu tambahan, teleponlah resepsionis sesegera mungkin dan jangan hanya diam di kamar setelah waktu check-out, karena dapat menganggu jadwal housekeeping dan bakal terkena biaya tambahan.

 

Previous article15 Tempat Wisata di Karimun Kepri Terbaru Paling Heboh
Next article10 Oleh-Oleh Makanan Khas Bali yang Paling Enak dan Unik