Terkenal sebagai pusat belanja berbagai macam item fashion dan aksesoris dengan harga miring, siapa sangka kalau di Tanah Abang ternyata punya cukup banyak wisata kuliner yang menarik dicicipi. Ada lebih dari 7 kuliner Tanah Abang yang layak banget untuk dicoba.

Berbanding lurus dengan harga item fashion yang dijual di sana, 7 kuliner tanah Abang yang paling terkenal tidak hanya memiliki cita rasa yang super lezat namun juga dibanderol dengan harga murah meriah yang pastinya ramah di kantong semua kalangan.

Apa sajakah rekomendasi 7 kuliner tanah abang yang lezat dan murah meriah tersebut? Cek daftarnya di sini ya!

7 Kuliner Tanah Abang Paling Recommended

1. Pondok Djaja

Pondok Djaja [qraved]

Alamat : Jalan KH Wahid Hasyim no. 13B Hayam Wuruk, kompleks Tanah Abang, Jakarta PusatMap : Klik di siniJam buka : 11.00 – 16.00 WIBMenu : Masakan khas Indonesia dan masakan PadangHarga : Mulai Rp 14.000,00

Pondok Djaja merupakan salah satu kuliner Tanah Abang yang wajib dikunjungi. Di sini tersaji aneka ragam pilihan kuliner khas Indonesia mulai dari ayam goreng, gulai, ayam crispy, ketoprak, oseng telur balado, otak – otak sampai dengan nasi padang.

Sementara untuk yang kurang suka olahan ikan atau ayam, bisa memilih menu sayuran yang diolah dengan campuran bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa super lezat. Contohnya sop sayur yang segar bisa dipesan di sini.

Untuk nasinya, kamu bisa memesan nasi putih biasa atau nasi rames. Kamu bisa pesan nasi full 1 piring atau setengahnya saja. Untuk harga nasi full 1 piring dan setengahnya dibanderol berbeda.

Untuk tempat parkirnya memang tidak terlalu luas namun interiornya cukup nyaman sehingga makan di sini tetap menyenangkan.

2. Kwetiau Aciap Wahid Hasyim

Kwetiau Aciap Wahid Hasyim [aciap]

Alamat : Blok A Tanah Abang, Jakarta PusatMap : Klik di siniJam buka : 09.00 – 21.00 WIB (Minggu tutup)Menu : KwetiauHarga : Rp 55.000,00

Pecinta kwetiau wajib banget datang ke Kwetiau Aciap Wahid Hasyim. Kwetiau yang dijual di sini cukup berbeda dengan kwetiau pada umumnya karena Kwetiau Aciap Wahid Hasyim dilengkapi juga dengan potongan daging sapi sebagai toppingnya.

Ada kwetiau goreng dan kwetiau kuah yang bisa dipesan. Atau ingin coba sensasi kwetiau seafood? Bisa banget pesan di sini. Cita rasa kwetiau yang khas akan menggugah selera.

Namun kalau kamu ingin memesan menu makanan lain juga ada. Ada cukup banyak menu Chinese food lain selain kwetiau yang dijual dan bisa dipesan di sini mulai dari mie goreng, bihun, pangsit dan berbagai menu lain. Kalau ingin pesan nasi ayam, Kwetiau Aciap Wahid Hasyim juga menjualnya.

Tenang, menu Chinese food di sini merupakan menu halal sehingga siapapun bisa mampir tanpa perlu khawatir.

3. Bubur Ase Bang Lopi

Bubur Ase Bang Lopi [gerbangjakarta]

Alamat : Jalan Kebonkacang No. 83, Tanah Abang, Jakarta PusatMap : Klik di siniJam buka : 06.00 – 12.00 WIBMenu : BuburHarga : Rp 25.000,00

Bubur Ase merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang keberadaannya saat ini sudah mulai langka. Bahkan menemukan bubur Ase di Jakarta sudah semakin sulit.

Namun bukan berarti tak ada lagi yang menjual bubur Ase. Kalau kamu ingin mencicipi menu sarapan sehat, mudah dan mengenyangkan ini, kamu bisa datang ke Bubur Ase Bang Lopi di Jalan Kebonkacang no 83, Tanah Abang.

Kuliner tanah Abang yang satu ini masih menjual kuliner bubur Ase spesial dan legendaris sampai sekarang. Harganya juga murah dan satu porsinya melimpah.

Dalam satu porsi bubur Ase, kamu akan menemukan beragam asinan Betawi seperti tauge, lobal, sawi asin, dan potongan tahu serta daging sapi di atas bubur. Dijamin deh kenyang. Siraman kuah semur dagingnya yang membuat bubur ini berwarna gelap juga sangat istimewa.

4. Gado-gado Cemara

Gado-gado Cemara [idntimes]

Alamat : Jalan Tanah Abang 5 No.36 Gambir RT.13, RT.14/RW.4, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota JakartaMap : Klik di siniJam buka : 08.00 – 17.30 WIBMenu : Gado – gadoHarga : mulai Rp 50.000,00

Gado – Gado Cemara merupakan salah satu kuliner Tanah Abang legendaris yang sudah ada sejak tahun 1947. Seperti gado – gado pada umumnya, dalam satu porsi gado – gado Cemara akan kamu temukan aneka isian sayur seperti kentang, kangkung, sampai dengan tauge.

Nah, pembeda antara gado – gado Cemara dengan gado – gado lain adalah kuah yang disiramkan. Sambal kacang gado – gado Cemara ini sangat khas, begitu kental dan sempurna. Dijamin lidah kamu tak akan bisa berhenti melahap makanan sampai habis kalau membeli gado – gado yang satu ini.

Sayuran yang digunakan pun segar dan disajikan lengkap dengan kerupuk renyah di atasnya. So yummy!

Oh ya, gado – gado Cemara juga menawarkan menu paket. Salah satu paket paling laris yang dibeli di sini adalah paket Cemara 3. Paket menu ini merupakan paket gado – gado lengkap dengan nasi dan empal goreng super gurih. Soal harga dijamin tak akan bikin kantong jadi kering dan pastinya sebanding dengan rasa yang ditawarkan.

5. Bebek Goreng H. Slamet

Bebek Goreng H. Slamet [bebekgorengslamet]

Alamat : Jl. D. Tondano No. A4, RT.1/ RW.4, Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota JakartaMap : Klik di siniJam buka : 11.00 – 22.00 WIBMenu : Bebek goreng dan nasiHarga : Rp 30.000,00

Setelah asyik belanja di Tanah Abang, kamu wajib banget mengisi perut yang sudah mulai lapar dengan membeli nasi bebek goreng H. Slamet. Nasinya melimpah sehingga dijamin bikin kenyang. Lauk bebek gorengnya pun super empuk dan mudah dikunyah.

Cita rasa bebek gorengnya spesial karena memang dibuat dengan olahan bumbu khas yang terserap sempurna ke dalam daging bebeknya. Jangan lupa coba sambalnya karena tak kalah menggoda.

6. Warung Nasi Alam Sunda

Warung Nasi Alam Sunda [warungnasialam]

Alamat : Jalan H. Fachrudin No. 191, Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta PusatMap : Klik di siniJam buka : 08.00 – 17.00 WIB (khusus hari minggu libur)Menu : Aneka masakan SundaHarga : Mulai Rp 7.000,00

Warung Nasi Alam Sunda merupakan sebuah warung di Tanah Abang yang menyajikan konsep prasmanan. Jadi nasi dan lauknya bisa diambil sendiri.

Ruang makan di warung ini lebar dan begitu juga dengan tempat parkirnya cukup luas. Tempat parkir di pusat kuliner Tanah Abang ini muat sampai dengan 5 atau 6 mobil.

Pilihan menu yang tersedia cukup beragam. Kamu bisa memilih sup Betawi, sup iga, sup buntut, ayam bakar, bawal laut goreng, bawal laut bakar, semur daging, gurami bakar, udang goreng, perkedel, bakwan sampai dengan jengkol. Semua menu yang disediakan di sini diracik dengan bumbu khas Sunda yang kelezatannya sudah melegenda.

Untuk minumannya, kamu bisa pesan air mineral, jus atau air hangat. Kalau ingin segar sekaligus kenyang hanya dengan memesan minuman, kamu bisa pesan sop buah. Porsi sop buahnya besar sehingga pasti bikin kenyang.

7. Chang Show Vegetarian

Chang Show Vegetarian [pergikuliner]

Alamat : Senayan City Mall, Jl. Asia Afrika No.19, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang, Jakarta PusatMap : Klik di siniJam buka : 09.00 – 21.00 WIBMenu : Aneka olahan vegetarianHarga : Mulai Rp 23.000,00

Resto vegetarian yang satu ini menghadirkan aneka ragam menu dengan harga terjangkau. Di saat banyak resto vegetarian lain yang membanderol menu dengan harga mahal, kuliner tanah Abang yang satu ini tidak demikian.

Salah satu menu vegetarian yang wajib dipesan adalah sate vegan. Tampilannya mirip dengan sate pada umumnya namun diolah dari bahan jamur sehingga cita rasanya sangat mirip dengan sate ayam.

Selain itu, kamu juga bisa pesan mie pangsit dan sup. Untuk mie pangsitnya, kamu akan menikmati satu mangkuk mie kenyal lengkap dengan potongan tahu yang terasa seperti daging. Dijamin bikin nagih.

Ada juga menu burger vegetarian yang dagingnya terbuat dari olahan sayur. Hanya saja untuk menu ini sayangnya tidak ready setiap hari. Jadi kalau ingin mencoba burger vegetarian bisa ditanyakan dulu kepada pengelola apakah ready atau tidak.

Nasi Uduk Betawi Udik (grid)

Selain di kawasan Tanah Abang, kuliner legendaris dan murah lainnya di kawasan Jakarta yang bisa dikunjungi adalah di daerah GBK Senayan. Jadi buat kamu yang jalan – jalan atau olahraga di sekitarnya bisa banget berburu kuliner di sekitar GBK Senayan. Apa saja rekomendasi kulinernya? Baca : Kuliner GBK Senayan Paling Legendaris

Baca juga : Senayan Park, Pusat Perbelanjaan dengan Wahana Outdoor yang Sedang Viral

Ada tujuan wisata kuliner lain di Jakarta?

Eightman Japanese Menu [Oddle]

Selain tempat hunting kuliner yang sudah kami sampaikan, ada beberapa tujuan wisata kuliner lain di Jakarta yang menarik dijelajahi. Salah satunya untuk pecinta ramen bisa banget datang ke Eightman Sudirman. Rasakan sensasi nikmatnya ramen khas Jepang di sana. Baca : Eightman Sudirman, Resto Ramen Hidden Gem Terenak di Jakarta

Atau ingin pusat kuliner yang menyajikan aneka ragam makanan dalam satu kompleks? Kamu bisa datang ke Petak Enam di Chandra atau ke Pantjoran PIK. Baca : Petak Enam di Chandra, Wisata Kuliner Baru di Jakarta Wajib Dikunjungi

Baca juga : Pantjoran Chinatown PIK, Pusat Kuliner China di Jakarta

Demikian informasi tentang 7 kuliner Tanah Abang terbaik yang wajib dikunjungi. Nikmati aneka sajian kuliner dengan cita rasa yang istimewa namun dengan banderol harga yang bersahabat. Selamat berkunjung!

Previous articleKuliner Malam di Bandung Itu Banyak Sekali yang Layak Dipilih
Next articleHarga Tiket Hutan Menyala di Dago Pakar Bandung