Kota Banjarmasin yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan memang dijuluki Kota Seribu Sungai. Apalagi wisata Pasar Terapung-nya yang begitu ikonik mengalihkan perhatian orang-orang untuk hanya datang ke sana saja.

Padahal, kalau Anda main-main ke sana sayang sekali kalau tidak main ke pantainya juga. Yup, destinasi wisata di Banjarmasin bukan cuma sungainya saja tapi ada banyak sekali, salah satunya adalah pantai.

Objek wisata pantai tentunya selalu ada di bucket list orang-orang ketika mengunjungi suatu tempat, tak ayal di Banjarmasin. Pantai merupakan tempat wisata yang ramah untuk keluarga, teman-teman hingga ketika Anda ingin menyendiri. Berikut adalah lokasi-lokasi pantai di Banjarmasin yang terbaik yang harus Anda kunjungi.

1. Pantai Angsana

* sumber: www.nativeindonesia.com

Pertama-tama ada Pantai Angsana. Ini adalah lokasi pariwisata yang terletak di Kecamatan Angsana, sekitar 5 jam dari tengah kota Banjarmasin, tapi sangat worth it. Pantai ini begitu mempesona. Keindahan pantai ini akan terus terkenang setelah Anda tiba di sini. Mungkin pantai ini jarang terdengar oleh wisatawan, tapi untuk warga lokal pantai ini sangat familiar.

Pantai ini begitu tenang dan damai. Ada pantai yang cuma begitu saja, air dan pasir, tapi beda dengan Pantai Angsana. Pantai ini sangat kaya akan pemandangan indah. Terletak di perkebunan sawit, Anda bisa melihat kalau pantai ini dikelilingi hutan lebat. Sehingga di sekitar pantai pun ada tempat bersejuk.

Pasir pantai yang putih dan pepohonan sawit yang rindang adalah daya tarik utama pantai ini. Lalu, ditambah pula dengan kondisinya yang masih perawan sehingga pantai ini sangat bersih. Kenapa perawan? Karena pantai ini belum lama diresmikan pemerintah, jadi masih jarang yang datang ke tempat ini.

Di sini Anda bisa bermain air, loh, seperti snorkeling, scuba diving, dll. Sudah banyak warga lokal yang menyediakan peralatan juga untuk disewa. Jika Anda ingin tuntunan profesional untuk menemani Anda diving dan snorkeling pun ada.

Karena airnya sangat jernih, memang paling asik kalau menyelam di pantai ini. Saking jernihnya, orang-orang menyamakan Pantai Angsana dengan Pulau Bunaken yang terkenal dengan air pantainya yang sangat jernih.

  • Alamat :Jalan Sawit KM. 8, Bunati, Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan 72275
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Gratis, kecuali mau diving/snorkeling (sekitar 100-250 ribu). Parkir mobil 15 ribu, motor 10 ribu.
  • Kontak : –

2. Pantai Gedambaan

* sumber: adyunindra.wordpress.com

Pantai Gedambaan juga menawarkan keindahan yang surgawi. Sama seperti Pantai Angsana, Pantai Gedambaan juga memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Pasir putih ini akan tampak berkilauan ketika terkena sinar matahari. Ada nama lain dari Pantai Gedambaan, yaitu Pantai Sarang Tiung.

Pantai ini menyediakan semua kebutuhan Anda, yaitu ada cottage untuk menginap, ada warung makan hingga ruma makan besar, kolam renang biasa yang bukan air pantai, playground untuk bermain anak-anak, musholla dan tempat parkir yang baik. Karena pantainya sangat indah, Pantai Gedambaan cukup ramai dikunjungi orang-orang walaupun di hari weekday.

Di sini Anda bisa melihat pemandangan nelayan yang hilir mudik, alat penangkap ikan berbentuk bangunan rumah yang mengapung di atas air, bukit kehijauan, hutan bakau yang sudah berumur ratusan tahun, serta dasar air laut yang dangkal dan jernih.

Selain itu, Pantai Gedambaan juga salah satu dari sedikit pantai Indonesia yang masih punya hutan mangrove yang merupakan habitat beberapa spesies fauna seperti burung, kunang-kunang dan lebah. Lalu lokasi pantainya dekat dengan kaki pegunungan Pulau Laut yang masih sangat hijau.

  • Alamat : Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Tiket Masuk 2.500/orang. Ban pelampung (5-10 ribu)
  • Kontak : 0812-5392-3871

3. Pantai Asmara

* sumber: abangsyaiful93.blogspot.com

Sama seperti Angsana, Pantai Asmara adalah wisata pantai yang terbilang baru di Kalsel. Lokasi lebih tepatnya di Desa Muara Asam-asam. Dari Kota Banjarmasin, jarak yang harus ditempuh kurang lebih sejauh 115 KM atau sekitar 2,5 jam perjalanan darat. Tidak terlalu jauh dibandingkan pantai-pantai yang sudah dibahas sebelumnya, kan?

Buat yang bingung mendengar nama Pantai Asmara mungkin lebih familiar dengan nama panjangnya, yaitu Pantai Asam-asam Muara. Karena masih baru, kondisi pantainya pun masih cukup bersih, pasirnya putih bersih juga, Anda bisa bersantai di pinggir pantai atau bahkan berenang karena ombaknya tenang. Di sini disediakan pula spot-spot Instagramable seperti tulisan LOVE besar-besar.

  • Alamat : Desa Muara Asam-asam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Tiket masuk 10 ribu/orang. Parkir mobil 10 ribu, parkir motor 5 ribu. Sewa speed boat 20 ribu.
  • Kontak : –

4. Pantai Batu Buaya

* sumber: banjarmasin.tribunnews.com

Keindahan Pantai Batu Buaya juga tak bisa Anda lewatkan. Sesuai namanya, pantai ini banyak bebatuannya, gundukan pasir, dan batuan karang. Nama pantai ini diambil dari gundukan batu karang di tengah laut yang disebut Batu Buaya. Pantai Batu Buaya sudah cukup lama ada makanya banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.

  • Alamat : Sungai Cuka, Kec. Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : Gratis
  • Kontak : –

5. Pantai Pagatan

Coba lihat video di atas, menawan sekali, bukan? Pantai Pagatan adalah salah satu pantai yang terkenal karena ada acara ritual “Macceratasi” alias “Pesta laut” khas nelayan keturunan Bugis asli di kawasan pantai.

Pesta ini biasanya dilaksanakan setiap bulan April. Pesta laut merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil laut yang melimpah, sekaligus meminta perlindungan selama nelayan melaut. Acara ini dimeriahkan dengan adanya atraksi musik dan tarian tradisional.

Tapi, mungkin bukan itu daya utamanya, melainkan panorama laut birunya yang membentang luas dan pasir putih yang mencapai seluas 1,5 ha. Deburan ombak pantai ini termasuk kecil, sehingga aman untuk dipakai berenang. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pagi hari menikmati deburan ombak yang lembut, lalu pada sore hari untuk mendapatkan golden hour.

  • Alamat : Sei Lembu, Kusan Hilir, Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : –
  • Kontak : 0812-5755-9554

6. Pantai Joras

* sumber: explorekalimantanselatan.blogspot.com

Ingin ke pantai yang vibe-nya mirip dengan lokasi syuting drakor Goblin? Pantai Joras termasuk lokasi wisata yang sepi karena tidak banyak perumahan warga lokal di sekitar pantai. Di sini pun sangat jarang ada nelayan sehingga pantai benar-benar kosong, hanya deburan ombak dan angin sepoy-sepoy saja yang akan Anda temui.

Saking sepinya, pantai ini memang tak banyak memiliki fasilitas. Hanya ada jembatan panjang saja yang rencananya akan dibangun untuk menjadi pelabuhan baru. Walaupun begitu, daya tarik pantai ini adalah airnya yang jernih, gelombang ombaknya yang tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk anak-anak, ada warung untuk menikmati kuliner hingga kamar mandi dan tempat parkir.

Biasanya orang-orang datang pada malam hari ke pantai ini untuk memancing karena pada saat itu banyak ikan yang berdatangan ke pinggir pantai. Pantai ini tidak terlalu jauh, hanya 40 KM saja dari ibukota dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan darat. Jalurnya pun tidak sulut karena melewati jalur Trans Kalimantan lintas provinsi.

  • Alamat : Swarangan, Jorong, Swarangan, Tanah Laut, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : –
  • Kontak : –

7. Pulau Birah-birahan

* sumber: backpackerjakarta.com

Ingin ke pulau tak berpenghuni? Datanglah ke Pulau Birah-birahan. Ini adalah pulau eksotis yang memiliki pemandangan luar biasa. Anda bisa menjelajahi pulai, memancing, hingga menikmati alam bawah laut dengan snorkeling dan diving. Keindahan ikan kecil berwarna-warni dan terumbu karang yang beragam akan memanjakan mata Anda.

Pulau Birah-birahan juga merupakan salah satu habitat asli binatang endemik Kutai Timur, yaitu penyu sisik dan penyu hijau yang dilindungi oleh pemerintah. Setiap hari penyu ini akan bertelur di sekitar Pulau Birah-birahan. Selain penyu juga ada banyak binatang liar lainnya seperti burung-burung dan biawak yang mendiam pulau ini.

  • Alamat : Kecamatan Sandaran, kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tarif : –
  • Kontak : –

Itulah beberapa pantai di sekitar Banjarmasin yang bisa Anda datangi. Anda tahu pantai lainnya yang recommended? Beri komentar di bawah, ya!

Oh iya, selain wisata pantai, Banjarmasin juga terkenal dengan tempat wisata lainnya lho. Bosen ke pantai? Kalau begitu, harus kunjungi 10 Tempat Wisata di Banjarmasin yang seru ini!

Previous article10 Makanan Khas Wonosobo yang Siap Memanjakan Lidah
Next articlePanggung Inohong Jawa Barat ada di Perpustakaan Kawaluyaan