Seperti halnya Bali, Pulau Lombok yang berada di Nusa Tenggara Barat juga terkenal dengan keindahan pantai dan pulau-pulau kecilnya. Salah satu daerah di Lombok yang memiliki pantai yang eksotis adalah daerah Lombok Timur.

Lombok Timur yang dikenal juga dengan nama “Sekaroh” ini menyimpan banyak pesona pariwisata yang eksotis. Pantai di Lombok Timur mempunyai keunikan tersendiri, seperti Pantai Surga, Pantai Cemara atau Pantai Sungkun yang selalu dikagumi oleh mereka yang memandangnya.

Sayangnya, tidak semua pantai tersebut dikenal banyak wisatawan. Simak informasi mengenai pantai-pantai yang ada di Lombok Timur berikut ini.

Baca juga: 10 Air Terjun di Lombok yang Wajib Dikunjungi Pelancong

1. Tanjung Bloam

  • Alamat: Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Jerowaru, Sekaroh, Kab. Lombok Timur
  • Jam Buka: 05.00 -17.00 WITA
  • HTM: Gratis

Tanjung Bloam adalah pantai yang tersembunyi yang berada di Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini termasuk ke dalam kawasan Jerowaru.

Lokasi pantai ini tersembunyi karena Tanjung Bloam lokasinya terletak di balik hutan jati sehingga masih jarang didatangi oleh wisatawan. Tanjung Bloam menawarkan panorama unik berupa bebatuan cadas yang sangat memukau.

Letak bebatuan ini menjorok ke laut disertai dengan gugusan tebing-tebing yang indah. Pemandangan dua batuan cadas dengan bentuk yang tak beraturan mengapit pantai dengan arahnya yang menjorok ke pantai ini membuat Pantai Tanjung Bloam menjadi sangat fenomenal.

Ini adalah salah satu spot yang menjadi andalan untuk keindahan tanjung ini. Tanjung Bloam memiliki air laut yang berwarna biru jernih dilengkapi dengan hamparan pasir lembut yang berwarna putih.

Putihnya pasir, birunya laut, dan tebing-tebing dengan warna kuning keemasan yang apik disertai corak hitam tak beraturan menyatu menjadikan Tanjung Bloam jadi surga di Lombok Timur. Karang-karang di tanjung ini terbentuk secara alami dan sudah diciptakan dengan indahnya.

Sayangnya, Tanjung Bloam mempunyai keindahan alam yang masih alami sekali ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Karena itulah keasrian serta kebersihan di lingkungan di pantai ini masih sangat terjaga.

Tanjung Bloam juga merupakan kawasan konservasi penyu yang habitatnya berada di sekitar tebing, dan berada di sepanjang garis pantai, terbentang mulai dari ujung utara sampai selatan.

2. Pantai Tangsi

  • Alamat: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur
  • HTM: Rp10.000

Di dunia ini tidak banyak pantai yang mempunyai pasir dengan warna merah muda alias pink, tetapi Indonesia memiliki beberapa, di antaranya pantai yang berada di Lombok Timur ini.

Pantai Tangsi adalah nama pantai dengan pasir berwarna pink tersebut dan terletak di Jerowaru. Warna pink ini tercipta karena kombinasi antara serpihan karang merah yang telah mati dengan pasir putih.

Di tempat ini, kamu dapat menyaksikan gradasi warna yang indah sekali. Mulai dari pasir berwarna putih, merah muda, dan semakin ke laut, airnya berubah jadi toska sampai biru gelap yang menunjukkan kedalamannya. T

ak hanya pasirnya yang berwarna pink, pantai di Lombok ini juga ombaknya tenang dan air lautnya berwarna biru.

Karena lokasinya yang terpencil, pantai Tangsi masih sangat alami. Selain itu, karena untuk menuju pantai ini medannya cukup berat, membuat para wisatawan lebih memilih menggunakan jalur laut untuk tiba di sini. Caranya yaitu dengan menyewa perahu.

Karena pantai ini tak begitu ramai, maka wisatawan bisa dengan leluasa menikmati keindahan panorama alam Pantai Pink atau Pantai Tangsi. Saking jernihnya air laut di pantai ini, wisatawan bisa menyaksikan beberapa terumbu karang yang berada di dasarnya.

Dengan melakukan snorkeling atau diving, keindahan bawah laut pantai ini bisa disaksikan dengan sempurna. Di sekitar Pantai Pink terdapat pulau-pulau kecil, seperti Gili Kambing, Gili Marengkek, serta pulau kecil yang lainnya.

Ketika air laut surut, uniknya pulau-pulau itu akan disatukan oleh daratan pasir. Kalau ingin menjelajahi pulau-pulau ini, wisatawan bisa menyewa perahu.

Sayangnya, di sini belum memiliki fasilitas penunjang untuk wisatawan, jadi jika ingin berkunjung ke sini, wisatawan harus membawa bekal sendiri.

3. Pantai Kaliantan

  • Alamat: Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur
  • HTM: Gratis

Pantai di Lombok Timur ini merupakan pantai yang panjang dan memiliki garis pantai sekitar 2 km. Pasir pantainya berwarna putih pucat, sedangkan di belakang pantai tumbuh vegetasi yang berwarna hijau.

Pantai Kaliantan juga tak terlalu ramai, tapi mempunyai pemandangan yang bagus. Yang menjadi keistimewaan pantai ini terletak di atas air.

Kaliantan merupakan pantai yang sering dipakai sebagai lokasi olahraga air, khususnya kite surfing. Olahraga ini memakai papan selancar yang ditarik menggunakan parasut yang diterbangkan oleh angin. Umumnya kite surfer yang bermain di sini merupakan wisatawan luar negeri.

Karena memiliki garis pantai yang luas, membuat Pantai Kaliantan venue ideal untuk jenis olahraga ini. Di sini belum terdapat fasilitas untuk wisatawan, seperti toilet, warung makan, maupun penginapan.

Karena itu, sebaiknya wisatawan yang akan berkunjung ke sini harus membawa bekal makanan ataupun minuman sendiri. Kalau ingin mau menginap, bisa dirikan tenda atau menyewa penginapan yang terletak di pusat kota Mataram.

4. Pantai Ekas

  • Alamat: Saung Bambu Racik Desa, Pemongkong, Jerowaru, Kab. Lombok Timur
  • Jam Buka: 24 jam
  • Telepon: 0819-0737-8703
  • HTM: Rp10.000

Terletak di tenggara Lombok, Teluk Ekas mempunyai banyak pantai menarik, di antaranya adalah Pantai Ekas. Pantai di Lombok Timur ini merupakan pantai ‘gersang’ karena tidak memiliki banyak pepohonan.

Garis pantai Pantai Ekas panjang dan ada yang berpasir putih lembut, berbatu hingga ada juga tebing tingginya. Keberagaman pantainya merupakan daya tarik utama di Teluk Ekas.

Teluk Ekas merupakan destinasi wisata yang searah dengan Pantai Cemara, Pantai Surga serta Pantai Kaliantan. Tak hanya pemandangan luarnya yang eksotis, teluk ini juga memiliki keindahan bawah lautnya yang tak kalah menarik.

Wisatawan banyak yang penasaran dengan keindahan panorama bawah lautnya sehingga mereka umumnya akan melakukan diving atau snorkeling.

Sangat disayangkan, pantai ini saat musim hujan tiba airnya jadi keruh. Ini karena banyak sungai yang bermuara ke pantai ini. Seperti umumnya pantai di sekitar sini, Pantai Ekas juga belum memiliki banyak fasilitas, tapi keindahan alamnya sangat memukau.

5. Pantai Sungkun

  • Alamat: Desa Ekas Buana, Jerowaru, Pemongkong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
  • HTM: Gratis

Salah satu Pantai Di Lombok Timur ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai Sungkun namanya dan letaknya tersembunyi. Lokasi tepatnya ada di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, di Kabupaten Lombok Timur.

Pantai ini terletak di balik perbukitan Jerowaru karena itu tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai indah ini. Pantai yang juga disebut sebagai Pantai Kura-Kura memiliki batuan karang besar yang mirip dengan kura-kura bentuknya.

Batu karang itu adalah maskot pantai ini, yang membuat pantai tersebut mendapatkan julukan Pantai Kura-Kura. Batu berukuran raksasa tersebut ditumbuhi oleh bermacam-macam tumbuhan serta rumput. Bentuk batu ini seperti kura-kura yang sedang berenang.

Pantai ini diapit oleh dua bukit tinggi dan memiliki hamparan pasir berwarna putih yang bersih dan halus. Selai itu, ada juga hamparan padang rumput yang luas dan ombak di pantai ini cukup besar. Di pantai ini wisatawan bisa berenang berjemur, atau berselancar.

6. Pantai Cemara

  • Alamat: Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur
  • Buka Buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Pantai Cemara merupakan salah satu pantai yang berada Di Lombok Timur dan pantai ini bagaikan surga yang tersembunyi. Terletak di Desa Pemokong, pantai ini jaraknya sekitar 2 jam dari Kota Mataram melalui perjalanan darat. Pantai ini mempunyai pasir pantai dengan warna putih bersih serta halus yang mirip dengan tepung.

Pantai Cemara di Lombok Timur ini masih benar-benar alami serta belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Di sini belum ada hotel, penginapan ataupun bangunan permanen. Yang ada di pantai ini hanya perkampungan nelayan yang berada di sisi timur pantai.

7. Pantai Tanjung Perak

  • Alamat: Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur

Ini adalah nama pantai di Lombok Timur. Pantai Tanjung Perak, namanya memang sama Tanjung Perak yang ada Surabaya, Jawa Timur. Akan tetap pemandangan keduanya jauh berbeda sekali. Tanjung Perak di Surabaya kental dengan suasana pelabuhan yang sibuk.

Sementara itu, Pantai Tanjung Perak di daerah Lombok Timur ini identik dengan nuansa pantai yang tenang serta jauh dari keramaian. Dari Kota Mataram, jarak pantai ini sekitar 80 km dan jarak tempuhnya kurang lebih 2 jam dengan menggunakan motor ataupun mobil.

8. Pantai Surga

  • Alamat: Desa Ekas, Kec. Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
  • Jam Buka: 05.00 – 14.00 WITA
  • HTM: Rp10.000

Pantai Surga adalah salah satu pantai di Lombok Timur yang jadi destinasi wisata pantai favorit. Pantainya indah dan letaknya berada di Desa Ekas, Kecamatan Jerowaru di Kabupaten Lombok Timur. Seperti pantai lainnya, Pantai Surga juga memiliki pasir putih yang bersih serta lembut. Air lautnya berwarna biru jernih.

Di Pantai Surga, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas, seperti bersantai di tepi pantai, berenang, berjemur, berselancar, memancing, juga snorkeling.

Untuk yang senang dengan olahraga ekstrem, wisatawan bisa melakukan panjat tebing yang letaknya ada di sebelah kanan pantai. Wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan dari atas tebing.

Daerah pantai ini masih sepi juga alami, tapi sudah tersedia resor ataupun penginapan yang banyak. Wisatawan bisa juga memilih untuk menginap di rumah-rumah penduduk yang berada di sekitar wilayah Pantai Surga.

9. Pantai Tanjung Ringgit

  • Alamat: Jl. Lingkok siwaq, Kelurahan Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, NTB
  • Jam Buka: 06.00-17.00 WITA
  • HTM: Gratis

Untuk penggemar fotografi dan petualangan, pantai di Lombok ini cocok sekali untuk didatangi. Pantai Tanjung Ringgit lokasinya ada di ujung tenggara dari Pulau Lombok.

Tempat ini bisa memuaskan keinginan untuk melakukan petualangan. Jarak pantai yang berada di Kecamatan Jerowaru ini sekitar 85 km dari Kota Mataram.

Pantai ini mempunyai deretan tebing karst yang terhampar panjang dan bentuknya berkelok-kelok. Tebing ini langsung berbatasan dengan perairan Samudra Hindia sehingga menawarkan pemandangan yang eksotis.

Wisatawan akan terkagum-kagum saat melihatnya. Pemandangan sunrise dan sunset di Pantai Tanjung Ringgit ini sangat indah. Untuk penyuka fotografi tak boleh melewatkan yang satu ini.

Lombok memang sudah terkenal mempunyai pantai-pantai yang indah sehingga tak mengherankan banyak turis mancanegara yang senang untuk menghabiskan waktu di pulau ini. Pantai di Lombok Timur adalah pantai yang tak boleh dilewatkan karena keindahan alam dan pemandangannya.

Jika sudah sering ke Bali, ada baiknya untuk mencoba mengunjungi pantai di Lombok Timur. Pantai-pantai di daerah ini tak kalah cantiknya dari pantai di Bali. Siap, untuk liburan di Lombok Timur?

Previous article10 Alasan Seseorang Kembali Ke Tempat Liburan yang Sama
Next articleJadwal Keberangkatan dan Harga Tiket KRL Jogja Solo Terbaru Januari 2023