Indonesia memiliki beragam suku sehingga memiliki bermacam-macam kuliner khas. Tiap daerah mempunyai makanan yang berbeda rasa. Inilah yang menjadi kekayaan negara kita dan aset budaya yang bisa mendatangkan banyak wisatawan. Salah satu suku di Indonesia yang mempunyai makanan yang lekat dengan sambal dan lalap-lalapan adalah suku Sunda.

Rumah makan atau kedai yang menyajikan makanan dari suku ini tersebar di Indonesia. Kalau kamu tinggal di daerah Tangerang dan sangat ingin makanan khas Sunda, ada baiknya kamu baca terus artikel berikut ini. Di sini akan dibahas tentang rumah makan Sunda di Tangerang yang bisa jadi referensi untuk makan siang atau makan bersama teman dan keluarga. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Rumah Makan Ampera

  • Alamat: Jl. KH Hasyim Ashari No.56, RT.002/RW.008, Buaran Indah, Kota Tangerang
  • Jam buka: Tiap hari, pukul 10:00-21:00
  • Telepon: (021) 55750522
  • Kisaran harga: Rp20.000 – Rp60.000/orang

Mungkin kamu sudah sangat sering melihat warung makan Sunda ini di berbagai tempat. Bisa jadi ada juga di tempatmu. Rumah Makan Ampera ternyata dulunya adalah sebuah warung makan biasa saja. Warung makan ini pertama kali dibuka di sekitar daerah terminal Kebon Kalapa Bandung, yaitu pada tahun 1963. Pemiliknya adalah Tatang Sujani dengan Hj. Rochaety.

Keduanya membuka warung nasi yang menjual makanan khas Sunda. Saat pertama kali dibuka, para pelanggan warung Ampera ini adalah para supir bus dan angkot yang singgah untuk makan siang. Konsep warung ini adalah “geksor”, yakni makanan akan segera disajikan begitu tamu duduk. Ini membuat pelanggan bisa bersantap di warung ini dengan lebih akrab.

Sekarang sudah ada sekitar 80 cabang, salah satunya di Kota Tangerang. Konsep rumah makan Sunda berbentuk prasmanan. Meski tempatnya sederhana, tetapi suasananya terasa nyaman sehingga para pelanggan bisa nikmat bersantap di sini. Bumbu-bumbu khas daerah Parahyangan digunakan untuk mengolah makanannya. Ada juga live music-nya lho! Ini menambah hidup suasana.

Menu makanan di rumah makan ini lumayan banyak sehingga kamu tak akan bosan makan di sini, mulai dari pepes, sayur, goreng ikan, berbagai menu ayam, empal, perkedel, sampai peyek juga ada. Kamu tinggal pilih dan nanti diberikan pada pegawai untuk digoreng sebentar. Sajian nasi dan lauk pauknya yang hangat pasti membuat kamu semangat makan.

2. Ikan Bakar Cianjur

  • Alamat: Jl. Alam Utama Kav. 20 Alam Sutera Serpong, Kota Tangerang
  • Jam buka: tiap hari, pukul 10.00 – 22.00
  • Telepon: (021) 29211600
  • Kisaran harga: Rp40.000 – Rp110.000/orang

Beralih ke rumah makan Sunda di Tangerang lainnya. Kali ini kita berkunjung ke Ikan Bakar Cianjur. Rumah makan ini mempunyai sekitar 13 outlet yang semua tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Tangerang. Kenyamanan tempat ini sudah terkenal. Selain itu, tempat makan ini juga ramah anak dan mempunyai fasilitas untuk pelanggan yang memakai kursi roda.

Di Ikan Bakar Cianjur tersedia berbagai menu makanan khas Sunda yang pastinya akan membuat perutmu kenyang. Saat weekdays, rumah makan ini menerima reservasi, tapi tidak di weekend. Mereka hanya melayani kedatangan langsung.

Menu makanan yang tersedia beragam sekali, mulai dari ikan yang dimasak beragam – seperti digoreng, dibakar dan dipepes – sayuran yang ditumis dan kuah, gulai, soto, sop, nasi goreng, bahkan mie, kwetiau, bihun yang diolah bermacam-macam juga ada. Minumannya terdiri dari beragam jenis es buah-buahan, jus, kopi, teh, soda dan juga badrek.

3. Nasi Tutug Oncom

  • Alamat: Jl. Pamulang Permai I Blok AX No. 20 – Pamulang Kota Tangerang Selatan
  • Jam Buka: Sabtu – Kamis, pukul 10:00-21:00, Tutup: Jumat
  • Telepon: (021) 7405259
  • Kisaran harga: Rp20.000 – Rp70.000/orang

Rumah makan Sunda di Tangerang yang satu ini memiliki menu khas. Nama rumah makannya adalah Nasi Tutug Oncom. Menu khas rumah makan ini sangat mencirikan masakan Sunda dengan penggunaan bahan oncom dan tutut.

Pasti kamu sudah tahu oncom, kan? Makanan ini hasil fermentasi ampas tahu, bungkil kacang tanah, ampas kelapa, dan ampas singkong dengan beragam jenis kapang. Sementara tutut adalah sejenis keong atau siput yang biasa dijumpai di sawah, danau atau parit.

Nasi tutug oncom merupakan sajian berupa nasi putih yang dicampur dengan tumbukan oncom bakar ataupun goreng yang dihidangkan bersama dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, oseng-oseng tutut juga lalapan.

4. Sambel Hejo – Sambel Dadak

  • Alamat: Jl. W R Supratman, RT.3/RW.5, Cempaka Putih, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan
  • Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 11.00 – 22.00, Tutup: Minggu
  • Telepon: 021-74775074
  • Kisaran harga: < Rp 75.000/orang

Ketika melintas di Jl. WR Supratman yang terletak di bilangan Ciputat, kamu akan melihat bangunan dengan ambience berupa ukiran kayu seperti sebuah galeri seni. Eits! Jangan salah. Itu bukan galeri melainkan sebuah rumah makan Sunda di Tangerang yang beranam Rumah Makan SHSD alias Sambel Hejo Sambel Dadak. 

Biasanya menu ayam goreng di rumah makan Sunda adalah ayam goreng kering, tapi di sini menu andalannya justru ayam goreng basah yang terasa gurih dan lembut. Selain itu ada juga menu gurame cobek, pepes peda, sop buntut, juga ada tumis kangkung. Sebagai cocolannya adalah sambal yang dibuat secara dadakan. Nah, itulah alasan namanya adalah Sambel Hejo Sambel Dadak.

5. Waroeng Sunda

  • Alamat: Jl. Raya Serpong KM. 8 / 88, Hal. Jagung, Kota Tangerang Selatan
  • Jam buka: Tiap hari, pukul 10.00 – 22.00
  • Telepon: (021) 53157976
  • Kisaran harga: Rp50.000 – Rp100.000/orang

Namanya sudah menjelaskan menu yang disajikan di rumah makan tersebut. Ya, Rumah makan Waroeng Sunda ini menyediakan bermacam menu masakan khas sunda yang mempunyai cita rasa khas. Waroeng Sunda mempunyai area yang relatif luas dan bersih. Fasilitas yang tersedia di sini yaitu meja lesehan juga meja dan kursi.

Untuk para orang tua, ini adalah kabar yang baik. Rumah makan Sunda di Tangerang ini mempunyai arena bermain untuk anak yang dilengkapi dengan beragam mainan. Jadi, cocok sekali untuk santap siang atau malam bersama keluarga di sini.

6. Rumah Makan Bukit Pelayangan

  • Alamat: Jalan Cilenggang 1 No.53, Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan
  • Jam buka: Tiap hari, pukul 12.00 – 20.00
  • Telepon: (021) 5382626
  • Kisaran harga: Rp50.000 – Rp100.000/orang

Sering disingkat “bupe”, Rumah Makan Bukit Pelayangan merupakan rumah makan yang berkonsep pedesaan yang terletak di Serpong, Tangerang. Di rumah makan ini, pengunjung tak hanya menikmati masakan khas Sunda tapi ada juga menu seafood ataupun ikan air tawar.

Pengunjung bisa menikmati hidangan sambil duduk lesehan di tempat berupa saung-saung yang sudah tersedia. Kesan pedesaannya dapat karena suasananya yang hijau dan asri. Ini adalah daya Tarik lain dari rumah makan ini selain menu makanannya.

7. Gubug Mang Engking

  • Alamat: The Breeze, Jl. BSD Raya Utama No.A-C, Sampora, Tangerang
  • Jam buka: tiap hari, pukul 11.00 – 19.00
  • Telepon: (021) 50385385
  • Kisaran harga: Rp100.000 – Rp125.000/orang

Gubug Mang Engking adalah rumah makan Sunda di Tangerang yang memiliki tempat yang cukup luas. Berada di kawasan The Breeze, BSD, Gubug Mang Engking terdiri dari aula makan yang besar dengan fasilitas meja dan kursi serta gubuk-gubuk. Di sini ada juga danau buatan yang pastinya buat pengunjung jadi betah berlama-lama.

Rumah makan yang tak pernah sepi dari pengunjung ini menyajikan menu khas Sunda, seperti olahan ikan gurame juga ikan bawal, udang, kerang, cumi, dan daging bebek. Selain itu masih banyak lagi menu lainnya. Makanan yang lezat dipadu dengan tempat yang nyaman membuat rumah makan ini menjadi favorit pengunjung.

8. Talaga Sampireun

  • Alamat: Kawasan Niaga Bintaro Jl. Boulevard Bintaro Jaya Blok B7/N1, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan
  • Jam buka: tiap hari, pukul 10.00 – 20.00
  • Telepon: (021) 7453999
  • Kisaran harga: Rp33.000 – Rp150.000

Dari namanya sudah terdengar Sunda sekali, Talaga Sampireun. Tempatnya begitu nyaman dan menawarkan keunikan khas Sunda. Di sini pengunjung bisa mendengar suara gemericik air dan desir angin yang membuat hati jadi tenang. 

Sajian menunya berupa makanan tradisional khas Sunda. Namun di sini juga disediakan makanan lain berupa soto, seafood sampai makanan ringan. Jangan lewatkan sambalnya juga yang pasti buat makan menjadi lebih nikmat. Rasakan suasana makan masakan Sunda di saung yang berada di atas danau bersama keluarga. Makan pasti tambah lahap.

9. Lembur Kuring

  • Alamat: Sunburst BSD Lot II No.7, Jl. Kapten Soebijanto Djojohadikusumo, BSD City, Lengkong Gudang, Tangerang.
  • Jam buka: Tiap hari, pukul 11.00 – 20.00
  • Telepon: (021) 53156655
  • Kisaran harga: Rp50.000 – Rp100.000/orang

Berikutnya yang ada di di daftar rumah makan Sunda di Tangerang adalah Lembur Kuring. Bagi kamu orang Sunda, sudah tahu arti namanya, kan? Lembur Kuring dalam bahasa Indonesia berarti “Kampung Halamanku.”

Nah, rumah makan Sunda yang berada di BSD ini memiliki tempat yang luas. Area utamanya luas ditambah juga dengan lapangan parkir dan tempat bermain anak. Lengkap, bukan?

Menu yang tersedia di rumah makan Sunda ini beragam, mulai dari gulai kepala ikan, udang, ayam, kepiting, cumi, sayuran juga minuman tentunya. Tempat ini bisa jadi pilihan jika kamu ingin bersantap bersama keluarga.

Inilah beberapa rumah makan Sunda di Tangerang yang bisa jadi pilihan kalau kamu ingin menyantap makanan khas daerah Parahyangan. Beragam menu tersedia di rumah makan tersebut tak hanya menu masakan Sunda saja. Tempatnya juga bermacam-macam, ada yang berbentuk saung di atas danau buatan sampai gubuk.

Semoga daftar rumah makan Sunda di Tangerang yang dibahas di atas bisa membantu memberikan referensi untuk kamu yang sedang mencari tempat makan. Selamat makan!

Previous articleRaceSolution 2023, Resolusi Tahun Baru buat Pehobi Olahraga
Next articleSering Disepelekan, Postur Tubuh yang Salah Saat Berlari Bisa Sebabkan Cedera