Afternoon Tea atau kegiatan minum teh sebenarnya sudah ada sejak abad ketiga sebelum Masehi di Tiongkok, lalu dipopulerkan di Inggris pada tahun 1660-an oleh Raja Charles II dan istrinya Catherine of Braganza. Barulah pada 1840 konsep Afternoon Tea ini diperkenalkan oleh Anna Russell, Duchess of Bedford. Karena ada jeda waktu panjang antara makan siang dan malam, ia kemudian meminta pelayannya menyiapkan nampan yang berisi teh, roti dan mentega, serta cake untuk dibawa ke kamarnya saat sore tiba. Lambat laun kegiatan ini menjadi kebiasaan, dan ia pun mulai mengundang teman-temannya untuk turut menikmati santap sore tersebut.

Beberapa dekade kemudian, tepatnya pada 1880-an, para istri bangsawan dan wanita kelas atas lainnya menjadikan acara jamuan teh ini sebagai kegiatan sosial. Disajikan antara pukul 16:00 hingga 17:00, para tamu yang hadir wajib mengenakan gaun panjang, sarung tangan, dan topi formal.

Afternoon Tea tradisional terdiri dari sandwich dalam irisan tipis dan potongan kecil, scone yang disajikan bersama clotted cream (krim kental yang dibuat dengan memanaskan susu sapi yang belum dipasteurisasi di panci dangkal selama beberapa jam), serta cake dan kue kering lainnya. Sementara tehnya yang berasal dari Ceylon atau India diseduh dalam poci teh perak, lalu dituangkan ke cangkir porselen. Kini, meski tak banyak lagi warga Inggris yang melakukan kegiatan minum teh ini secara tradisional, wisatawan dapat menuju sejumlah hotel-hotel terbaik di London yang menawarkan pengalaman Afternoon Tea yang autentik.

Ingin mencicipi Afternoon Tea namun belum berkesempatan ke London? Baru-baru ini Grand Sahid Jaya Jakarta mengundang tamunya untuk menikmati teh dan kopi dengan pilihan hidangan penutup – baik khas Indonesia maupun internasional – yang ditata di atas tier cantik.

Digelar di Solo Lounge, para tamu dapat memilih duduk di tengah-tengah lounge sembari memandangi keindahan arsitektur kuno nan elegan dari lobi hotel Grand Sahid Jaya Jakarta ataupun di dalam Solo Lounge ditemani alunan piano klasik. Tersedia tiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 15:00 hingga 18:00, untuk reservasi silakan hubungi (021) 5704444.

Previous articleHarga Tiket Masuk Spot Foto Teras Kaca Pantai Nguluran Januari 2023
Next article10 Tempat Nongkrong di Cimahi yang Cocok untuk Anak Muda