Selain menilai maskapai penerbangan terbaik di dunia, Skytrax juga mengumumkan bandara mana saja yang paling bersih di dunia. Kriteria kebersihan menjadi salah satu faktor penting bagus tidaknya sebuah bandara, mengingat banyak penumpang yang menghabiskan waktu tunggu di bandara menginginkan tempat yang nyaman selagi menanti penerbangan lanjutan. Kebersihan bandara juga menyimbolkan gerbang depan suatu negara, sehingga penting adanya untuk menunjukkan yang terbaik bagi setiap penumpang yang tiba.

Melalui acara penghargaan bergengsi di dunia penerbangan, World Airport Awards yang digelar Skytrax, terpilihlah sejumlah bandara paling bersih di dunia, hasil pilihan dan penilaian penumpang yang berasal dari 100 negara berlainan. Sepuluh peringkat teratas didominasi oleh bandara-bandara di kawasan Asia dan satu bandara di Eropa, dengan Bandara Internasional Haneda di Tokyo meraih posisi pertama.

Sebagai salah satu bandara utama di ibu kota Jepang, yang juga terpilih sebagai Bandara Terbaik di Dunia peringkat dua tahun ini, Bandara Internasional Haneda menetapkan standar tinggi dalam melayani penumpang, termasuk dalam hal kebersihan. Tak hanya dipuaskan dari segi kebersihan, penumpang yang berangkat atau sedang transit di Haneda dapat melakukan ragam aktivitas menarik, seperti menikmati jamuan makan di planetarium sambil menikmati taburan 40 juta bintang rekayasa hasil alat proyeksi yang dapat bersinar selama 3-15 menit.

Peringkat dua dan tiga diduduki oleh Bandara Internasional Chubu Centrair di Nagoya dan Bandara Internasional Changi di Singapura. Bandara Internasional Nagoya yang unggul dibanding Bandara Internasional Narita di peringkat lima merupakan pengganti bandara lama di Nagoya pada 1995, yang kini melayani banyak rute domestik dan internasional. Sedangkan Changi, terus mengembangkan berbagai inovasi dengan menghadirkan Jewel Changi Airport – atraksi wisata terbaru di kawasan bandara yang dilengkapi air terjun dalam ruangan terbesar di dunia, yang siap beroperasi mulai 17 April 2019.

Daftar 10 bandara paling bersih di dunia:

  1. Bandara Internasional Haneda, Jepang
  2. Bandara Internasional Chubu Centrair, Jepang
  3. Bandara Internasional Changi, Singapura
  4. Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan
  5. Bandara Internasional Narita, Jepang
  6. Bandara Internasional Hamad, Qatar
  7. Bandara Internasional Hong Kong, Hong Kong
  8. Bandara Internasional Taoyuan, Taiwan
  9. Bandara Internasional Kansai, Jepang
  10. Bandara Internasional Zurich, Swiss
Previous article10 Tempat Hunting Foto di Solo yang Paling Recommended
Next article7 Lokasi Tak Terduga di Surabaya ini Bisa Bikin Foto Keren