Sebagai destinasi wisata, Jepara belum sepopuler kota-kota lain di Jawa Tengah, seperti Yogyakarta dan Semarang. Jepara juga kerap digunakan sebagai tempat transit sebelum menuju Kepulauan Karimunjawa yang tersohor itu. Padahal, kota ini menyimpan banyak pesona alam yang layak untuk dijelajahi.

Sebut saja deretan pantainya yang bisa kamu susuri dengan bersepeda. Saking banyaknya pantai di kawasan tersebut, sulit memang untuk menentukan mana saja pantai yang ingin didatangi lebih dahulu. Namun, bila kamu baru pertama kali ke Jepara, berikut ini rekomendasi pantai-pantai yang wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Teluk Awur

Untuk destinasi pertama, kamu bisa menuju Pantai Teluk Awur terlebih dahulu. Terletak sekitar 7 km jauhnya dari pusat kota Jepara, pantai ini sudah lama menjadi destinasi andalan bagi warga setempatnya untuk berlibur, terutama di akhir pekan.

Foto: Instagram @iqbalvisuals

Selain berjalan-jalan di hamparan pasirnya, kamu juga bisa berkunjung ke hutan bakau untuk berfoto, atau menjajal sejumlah wahana permainan air, seperti banana boat, flying fish, dan masih banyak lagi. Selepas bermain air, kamu bisa bersepeda melanjutkan perjalanan menuju destinasi berikutnya.

2. Pantai Kartini

Bisa dicapai dengan bersepeda sejauh 4,6 km dari Pantai Teluk Awur, pantai ini terutama terkenal dengan keberadaan bangunan penyu raksasa yang dinamai Kura-kura Ocean Park. Di dalamnya, kamu bisa menjumpai sejumlah akuarium yang memamerkan berbagai macam biota laut, dari hiu, pari, kuwe gerong, hingga penyu sisik.

Foto: Instagram @deferino

Di pantai ini jugalah kamu bisa menjumpai dermaga dengan kapal-kapal yang siap mengantarkan penumpang ke Kepulauan KarimunJawa ataupun Pulau Panjang. Bila lelah, kamu bisa duduk-duduk di salah satu gazebo yang dibangun menjorok ke arah laut.

3. Pantai Bandengan

Nama pantai ini sebenarnya adalah Pantai Tirta Samudra. Namun, karena di sekitarnya kerap ditemukan ikan bandeng, warga setempat kemudian menamainya Pantai Bandengan.

Pantai berpasir putih dan berombak tenang ini terutama cocok untuk berbagai permainan air, sehingga di sekitarnya pun banyak dijumpai operator yang menawarkan berbagai fasilitas olahraga air, dari kano hingga banana boat dan jet ski.

Foto: Instagram @hendryset_25

Di sekitar kawasan ini juga telah dilengkapi dengan sejumlah penginapan, selain deretan warung yang menjajakan ikan bakar dan beragam masakan dari seafood segar lainnya.

4. Pantai Pungkruk

Tutup harimu dengan melewatkan senja di Pantai Pungkruk. Dapat diakses dengan bersepeda sejauh 4,5 km dari Pantai Bandengan, pantai ini memiliki jalur khusus yang bisa dilalui pejalan kaki maupun pesepeda sembari memandangi lautan lepas.

Foto: Instagram @18binyo

Sebagai pusat kuliner, pantai ini menyediakan banyak tempat makan, mulai dari warung sederhana hingga restoran berkelas, dengan menu yang didominasi seafood segar. Kamu bisa menyantapnya sembari bersantai di atas gazebo yang dibangun di atas laut.

Untuk rencana perjalanan di atas, yakni dari pusat kota Jepara menuju Pantai Teluk Awur, Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Pantai Pungkruk, dan kembali lagi ke Jepara, total jarak bersepeda yang mesti kamu tempuh adalah 30 km.

Tentu saja, tergantung kemampuan bersepeda, kamu bisa mengubah rencana perjalanan di atas sesuka hati. Kamu bahkan bisa memasukkan pantai-pantai lainnya yang terletak di sisi utara Jepara ke dalam rencana, seperti Pantai Empu Rancak dan Pantai Ombak Mati.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleVirus Corona Berdampak ke Pariwisata Asia
Next articleOmah Ndelik Puncak Bogor Harga Menu Januari 2023