Untuk menghemat hotel, menyewa campervan memang dapat dijadikan pilihan. Namun patut diingat bahwa campervan tidak dapat diparkir sembarangan, sehingga perencanan rute harian haruslah mempertimbangkan lokasi-lokasi untuk parkir, terutama untuk bermalam.

Di saat-saat ramai wisatawan, yaitu Desember hingga Februari, disarankan melakukan reservasi spot untuk memarkir campervan, karena area berkemah biasanya ramai sejak siang. Department of Conservation (DoC) Selandia Baru menawarkan area berkemah (beberapa gratis, namun tak sedikit pula yang harus membayar rata-rata 25 dolar NZ untuk dua orang) dengan sejumlah fasilitas. Bila menginginkan tidur yang nyaman – terutama di musim dingin, di mana pemanas sentral hanya berfungsi bila mesin mobil dinyalakan dan ini berisiko membuat asap karbon monoksida masuk kabin dan bila terhirup untuk jangka waktu lama dapat membahayakan nyawa – menyewa mobil biasa dan menginap di hotel/lodge/hostel dapat dijadikan pilihan. Campervan dapat disewa antara lain melalui affordablemotorhome.co.nz, maui-rentals.com.nz, atau wilderness.co.nz.

Tip Memilih Campervan

  • Pesan dari jauh-jauh dari bila berniat datang di musim ramai turis agar mendapatkan harga terbaik, karena operator bisa saja menaikkan harga secara mendadak di saat-saat ramai.
  • Campervan dapat diambil di bandara. Namun karena kantor penyewaannya berada di luar bandara, operator menyediakan shuttle dari bandara ke tempat penyewaan dengan melakukan perjanjian estimasi kedatangan sebelumnya.
  • Setelah mengurus administrasi, butuh satu hingga dua jam untuk menyimak penjelasan tentang cara kerja berbagai peralatan, seperti menggunakan cooker, kulkas, TV/DVD player, heater, shower, wastafel, toilet, pengisian baterai, dan cara membuang limbah toilet. Karena memerlukan konsentrasi tinggi, bila datang dari perjalanan panjang atau terserang jet lag, disarankan menginap dulu satu malam di kota, baru keesokan harinya mengambil campervan sewaan.
  • Ketika merencanakan itinerary, selalu ada dilema antara ingin melihat banyak tempat namun terburu-buru atau melihat sedikit tempat tapi lebih santai. Saking banyaknya tempat indah di Pulau Selatan, kadang banyak yang harus dilewatkan karena keterbatasan waktu, selain ketika dalam perjalanan banyak tempat bagus yang sayang kalau tidak diabadikan dalam foto atau video. Perlu diingat, ketika melakukan roadtrip, tak ada keharusan untuk selalu berpindah tempat setiap hari.
  • Selandia Baru memiliki area kemah yang bervariasi. Ada yang sederhana dengan hanya fasilitas pembuangan toilet, hingga yang dilengkapi kolam renang, taman, ruang televisi dan bermain games, supermarket, Wi-Fi, laundry, dan dapur dengan berbagai peralatan. Area kemah yang sederhana biasanya dikelola Department of Conservation (DOC) dan berada di tempat terpencil. Selandia Baru juga memiliki program Native Parks atau lahan milik penduduk setempat yang memperbolehkan campervan memarkir kendaraan di lahan mereka. Native Parks dibentuk untuk menarik wisatawan ke kawasan tertentu, dengan sebelumnya mendaftarkan diri di nativeparks.co.nz dan membayar keanggotaan sekitar 75 dolar NZ.
  • Lakukan pengosongan isi toilet di area perkemahan atau di tempat-tempat umum bertanda “dump station”. Kotoran di toilet campervan diubah menjadi cairan kimia untuk meminimalisir bau yang harus dibuang secara berkala. Untuk mengosongkannya, cukup membuka tombol di sisi van, dan mengeluarkan wadah yang mirip koper ukuran kabin (lengkap dengan roda dan handle), kemudian mengosongkannya di lubang pembuangan dan membilas wadah dengan air yang juga tersedia di tempat yang sama. Membuang isi toilet secara berkala dapat mengurangi bobot campervan sehingga menghemat pemakaian bensin.

Jenis Campervan

  • Budget Campervan. Ditujukan bagi yang hanya menginginkan tempat untuk tidur dan transportasi, sehingga jenis campervan ini tidak dilengkapi toilet dan shower untuk mandi. Rata-rata model campervan lama, namun dalam kondisi terawat dan bersih, dengan harga mulai 30 dolar NZ per hari.
  • Luxury Campervan. Hadir dalam model-model terbaru dan fitur tercanggih, yang difavoritkan adalah merek Maui, Apollo, dan Star RV. Semua merek tersebut dilengkapi shower dan toilet dengan harga mulai 70 dolar NZ per hari.
  • Family Campervan. Memiliki fitur-fitur yang ramah anak-anak, seperti kursi khusus balita, jenis campervan ini lebih banyak pilihan, karena dari model lama hingga yang tercanggih semua tersedia. Tinggal disesuaikan dengan bujet dan harga sewanya mulai 55 dolar NZ per hari.
Previous articleReview Kella Celok : Tempat Beli, Bumbu (Khas Gresik)
Next articleKehangatan Modern di Kota Tua