Perpaduan wisata alam dan spot foto Instagenik kini hadir di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Destinasi wisata yang berada di Desa Sekapuk ini diberi nama Wisata Setigi. Nama Setigi diambil dari kata Selo yang berarti batu, Tirto yang berarti air, dan Giri yang memiliki arti bukit. Sesuai dengan namanya, Wisata Setigi menawarkan pemandangan indah bukit-bukit kapur dengan danau buatan di tengah-tengahnya.

Meski baru dibuka awal Januari lalu, Wisata Setigi sudah cukup ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, seperti Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Lamongan, dan Bojonegoro. Kebanyakan wisatawan tertarik untuk datang setelah melihat foto-foto keindahan bukit kapur yang dibagikan lewat berbagai media sosial. Begitu datang ke tempat ini, wisatawan juga tidak akan kecewa. Wisata Setigi memang memiliki pemandangan bekas galian batuan kapur yang sangat bagus. Wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang batuan kapur yang membentuk gua-gua kecil bekas galian. Apalagi ditambah dengan pemandangan danau dan air terjun buatan di tengah-tengahnya, foto-foto yang dihasilkan dari tempat ini nampak semakin cantik.

Selain berfoto dengan latar belakang danau dan batuan kapur, ada juga spot foto lainnya yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Candi Topeng Nusantara yang merupakan sebuah dinding batu panjang dengan pahatan topeng-topeng nusantara. Wisatawan juga dapat mengunjungi Gerbang Ghoib dengan Patung Penjaga Gumpala dan Dwarapala di sisi kiri dan kanannya, yang semuanya terbuat dari pahatan batu kapur. Di bagian selatan tempat wisata ini, ada pula sesosok patung pewayangan Jawa, yaitu Patung Semar yang nampak menjaga mulut gua kapur di belakangnya. Di dalam gua ini terdapat 10 kalimat bijaksana (pitutur) Semar yang ditulis dalam bahasa Jawa, Indonesia, dan Inggris.

Wisatawan juga dapat berjalan menyeberangi danau yang cukup luas dengan memanfaatkan Jembatan Peradaban. Jembatan ini dibangun dengan gaya Eropa dan dapat menjadi spot foto yang menarik pula dengan pemandangan indah danau di belakangnya. Di ujung jembatan, wisatawan dapat melihat rumah-rumah adat khas Papua dan rumah apung di sisi-sisi danau. Ada juga miniatur Masjid Persia yang juga menjadi area foto favorit para wisatawan.

Instagram @khoirulhamamarif

Wisatawan dapat berkunjung ke Wisata Setigi pada hari Senin hingga Minggu pukul 07:00 hingga 17:00. Harga tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Wisata Setigi terletak di daerah Sekapuk, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, atau sekitar 90 menit berkendara dari pusat kota Surabaya.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

Previous articleWarga Jabar Tak Perlu Menunjukkan Hasil Rapid Test Saat ke Pangandaran
Next articleTravel yang Melayani Transportasi Shuttel di Bandung