Secara etimologi, saung adalah sebuah bangunan yang menyerupai rumah kecil atau gubug yang dibangun di sawah atau kebun. Bangunan ini biasa digunakan sebagai tempat beristirahat oleh para pekerja sawah atau kebun.

Di saung, mereka melepas penat sambil membuka bekal makan yang dibawa dari rumah. Menyantap makanan di saung terasa lebih nikmat lho.

Itulah yang membuat banyak rumah makan mengadopsi bentuk saung sebagai ruang makannya. Rumah makan saung ini dapat kita temukan di Jakarta selatan.

Rumah makan saung ternyata banyak peminatnya. Rumah makan ini menawarkan pengalaman makan yang nikmat yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Berikut daftar rumah makan saung yang ada di Jakarta selatan.

Baca juga: 10 Kedai Bakmi Enak yang Jadi Favorit Warga Jakarta Selatan

1. Omah Pincuk

  • Alamat: Jl. Raya Pasar Minggu No.55, Pejaten Tim., Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan
  • Jam Buka: 11.00 – 21.00
  • Telepon: (021) 7989070
  • Harga: Mulai dari Rp30.000

Warga kota-kota besar biasanya pergi ke kota-kota lain seperti Bandung, Bogor dan sekitarnya untuk mencari tempat makan bernuansa tradisional. Suasana yang nyaman dan tenang yang ditawarkan oleh tempat makan seperti ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung rela berkendara jauh.

Tapi dengan hadirnya Omah Pincuk, masyarakat Jakarta Selatan tidak perlu jauh-jauh pergi jika ingin bersantap di tempat makan seperti ini.

Omah Pincuk yang menawarkan tempat bersantai sekaligus bersantap bersama keluarga besar. Lokasinya yang asri dan bangunan yang dilengkapi dengan furnitur berbahan bambu memberikan kesan nyaman tersendiri.

Berada di Omah Pincuk seperti berada di luar Jakarta. Suasana dan lokasinya yang tenang dan sejuk membuat tempat ini seperti di kampung halaman. Apalagi menu-menu yang disajikan akan mengingatkan kita pada masakan ibu.

Pilihan lainnya yang tidak kalah memikat adalah ayam goreng tepung yang sedap disantap dengan capcai atau kangkung hot plate. Ada pula mie goreng Jawa yang cocok disantap dengan ikan bakar. Mienya yang dimasak kering disajikan dalam porsi yang besar. Pasti mengenyangkan.

2. Gubug Makan Mang Engking

  • Alamat: Kampus UI, Jalan Danau Salam, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan
  • Jam Buka: 10.00 – 19.30
  • Telepon: 0816-1117-751
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

Berbicara soal rumah makan saung, Gubug Makan Mang Engking adalah primadona di Jakarta Selatan. Saung makan ini adalah tempat yang nyaman untuk bersantap dan berkumpul.

Memboyong keluarga besar untuk makan bersama di tempat makan ini adalah sebuah momen yang membahagiakan. Pasalnya tempat ini dapat menampung banyak pengunjung.

Luas Gubug Makan Mang Engking bahkan bisa digunakan untuk mengadakan pesta, seperti ulang tahun atau perayaan lainnya. Nah, Gubug Makan Mang Engking punya beberapa saung yang digunakan sebagai tempat makan.

Ada beberapa pilihan tempat makan di sini, yakni tempat makan bersama dan tempat makan saung yang terdiri dari satu-dua meja. Kolam ikan di tengah tempat akan ini menjadi daya tarik sendiri.

Pilihan menunya sangat beragam. Ada hidangan berbahan ayam, daging sapi, seafood dan ikan di sini. Ada pula sayur dan tumis serta hidangan-hidangan lainnya yang menggiurkan.

Yang perlu diacungi jempol dari Gubug Makan Mang Engking adalah pelayanannya yang ramah dan cepat. Para pramusaji di sini cekatan dan ramah membantu para pengunjung.

3. Smarapura Traditional Resto

  • Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam No. 43, RT 3/RW 3, Tebet Tim., Kec. Tebet, Jakarta Selatan
  • Jam Buka: 08.30 – 21.00
  • Telepon: (021) 83702402
  • Harga: Mulai dari Rp24.000

Rumah makan saung yang satu ini mengadopsi saung khas Bali. Jadi, jika bosan dengan suasana saung Sunda, kamu bisa mampir ke tempat ini dan menikmati hidangan khas Pulau Dewata.

Tempat yang punya suasana hangat ini memberikan kesempatan pada pengunjung yang ingin menikmati sajian unik yang jarang ditemui.

Smarapura mengusung konsep prasmanan. Pengunjung dapat memilih sendiri jenis makanan apa saja yang ingin dicicipi. Ada berbagai hidangan Pulau Dewata di sini, seperti ayam betutu, nasi campur bali, tipat santok, sate lilit, dan hidangan lainnya.

Jangan lewatkan juga camilan lainnya, seperti rujak bali, lumpia bali, singkong, buah campur, tahu pong, dan hidangan lainnya. Ah, ya Kintamani Breeze adalah minuman yang unik lho. Minuman ini terbuat dari buah-buahan segar yang ditambah dengan leci.

4. Saung Sule (Saung Lesehan)

  • Alamat: Jl. Bintaro Permai No. 81, RT 8/RW 10, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, JakartaSelatan
  • Jam Buka: 09.30 – 22.30
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

Rumah makan yang terletak di bilangan Bintaro ini juga punya saung-saung unik yang digunakan sebagai tempat makan. Karena tempatnya yang luas dan suasana yang nyaman, banyak pengunjung yang menjadikan Saung Sule sebagai lokasi kopi darat atau makan keluarga besar.

Di tempat ini terdapat saung dengan kolam ikan buatan yang menambah kesan asri nan menyejukkan. Dan kalau bahas soal menu, Saung Sule berani diadu.

Meskipun menyajikan hidangan yang sederhana ala masakan rumah, tempat makan ini menghadirkan kreasi lain yang membuat makanannya unik. Beragam minuman melengkapi menu-menu yang tersedia di tempat makan ini.

5. Saung Bang Pitung

  • Alamat: No., Jl. Srengseng Sawah No.13, RT 1/RW 7, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan
  • Jam Buka: 10.00 – 22.00
  • Harga: Mulai dari Rp5.000

Saung Bang Pitung hadir melengkapi deretan rumah makan saung di Jakarta Selatan. Tempat ini terletak di kompleks Setu Babakan. Karena berada di sekitaran setu, pemandangan di sekitar ini jadi bonus yang menyenangkan bagi pengunjung.

Saung Bang Pitung mempunyai bangunan yang menjorok ke dalam. Ruangan makannya disekat dengan bambu dan bilik rendah. Di bagian belakang terdapat pondokan yang terpisah. Area ini mempunyai suasana yang nyaman dan pengunjung akan dibelai dengan hembusan angin sepoi-sepoi.

Pilihan menu di Saung Bang Pitung cukup beragam, misalnya tumis, sayur, ikan goreng dan bakar, juga hidangan berbahan ayam. Lalu, ada pula pecak gurame dan menu-menu lainnya.

6. Saung Rasa

  • Alamat: Jl. Prof. Dr. Soepomo No.6a, RT 1/RW 3, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Jakarta Selatan
  • Jam Buka: 11.00 – 20.00
  • Telepon: (021) 83797936
  • Harga: Mulai dari Rp50.000

Bangunan Saung Rasa ini agaknya cukup menipu. Dari luar tampak seperti bangunan rumah makan biasa yang cukup luas. Tidak adanya penanda arah membuat bingung pengunjung yang mencari lokasinya.

Tapi itu bisa diselesaikan dengan bertanya pada staf Saung Rasa. Coba deh masuk ke ruang makannya. Kamu akan terkejut melihat saung-saung di atas kolam ikan.

Sulit dipercaya rumah makan saung yang satu ini punya saung-saung nyaman. Tempatnya pun luas dan cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk arisan atau reunian.

Menunya pun lezat, terutama ayam bakar dengan bumbu khasnya. Lalu, ada pula pilihan menu lainnya seperti cah kangkung, tumis oncom leunca, ikan gurame, dan hidangan khas Sunda lainnya.

Demikianlah beberapa rumah makan saung yang ada di Jakarta Selatan. Saung tidak lagi dipandang sebagai tempat beristirahat semata.

Di kota-kota besar tempat seperti ini sudah jarang ditemui sehingga membuatnya menjadi tempat yang unik dan mengasyikkan. Apalagi ditemani dengan makanan dan minuman yang lezat.

Meskipun mengangkat menu-menu tradisional, tapi di tangan para ahli masak, menu-menu ini jadi hidangan yang lezat yang akan memuaskanmu. Jika kamu bosan dengan resto dan kafe modern, deretan rumah makan saung di atas adalah opsi lain yang tidak akan mengecewakan.

Previous article10 Tempat Makan Ramen Enak di Cimahi yang Enak Banget 2023
Next article10 Jenis Sandwich Khas Spanyol yang Terbuat dari Baguette