Banyak cerita dan hal menarik yang bisa ditemukan di Ancol. Tak hanya pesona pantai yang indah, akuarium SeaWorld yang penuh cerita atau pun taman rekreasi Atlantis Water Adventure saja yang bisa ditemukan, kamu juga wajib banget menjelajahi destinasi wisata baru Faunaland Ancol jika berlibur di sana.

Pintu Masuk Faunaland Ancol (reinarmitha)

Wisatawan menyebut Faunaland Ancol sebagai surganya rumah binatang di Jakarta Utara. Ya, kamu akan bertemu dengan banyak jenis binatang kalau berlibur di sini. Mengajak keluarga atau anak untuk berlibur sekaligus bermain dan belajar di Faunaland Ancol recommended banget tentunya.

Tertarik untuk menjadikan Faunaland Ancol sebagai destinasi wisata tujuan kamu bersama keluarga?

Faunaland Ancol – Review Wisata

Faunaland Ancol [faunaland_ancol]

Alamat : Ecovention Building – Ecopark, Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota JakartaMap : Klik di siniJam buka : 09.00 – 16.00 WIBHarga tiket masuk : Rp 65.000,00 weekday, Rp 75.000,00 weekend (belum termasuk tiket untuk naik kuda, atau lainnya)

Faunaland Ancol merupakan sebuah mini zoo di Ancol yang luasnya sekitar 5 hektar dan terbagi ke dalam area daratan dan perairan. Mengusung tema ‘melestarikan budaya papua’, banyak hal yang berkaitan dengan Papua bisa ditemukan di sini.

Kamu akan menemukan beberapa tempat berteduh dengan konsep atap ala rumah adat Papua. Kamu juga akan menemukan beberapa titik wisata di Faunaland memperdengarkan lagu – lagu Papua yang khas.

Selain itu, cukup banyak aktivitas wisata menarik yang juga bisa dilakukan di Faunaland seperti :

1. Bertemu dengan banyak satwa yang dilindungi

Faunaland Ancol [detiknews]

Sesuai namanya faunaland, di sini kamu akan menemukan banyak hewan mulai dari hewan yang secara umum ada di kebun binatang seperti singa, jerapah, beruang, sampai dengan hewan yang unik dan langka bisa ditemukan di sini.

Beberapa jenis hewan langka dan unik yang bisa kamu temukan di Faunaland seperti singa putih, kura – kura Aldabra yang berumur 70 tahun sampai dengan jenis kura – kura besar yang bisa hidup sampai umur 200 tahun.

Kamu juga bisa melihat landak albino, dingiso, kuda mini, keledai mini, tapir, dan berbagai jenis primata unik dibudidayakan di alam semi terbuka Faunaland. Dengan konsep semi terbuka tersebut menjadikan pengunjung bisa melihat hewan yang dibudidayakan secara lebih leluasa dan jelas.

Faunaland Ancol [travelkompas]

Kalau kamu berani memberi makan hewan, kamu juga bisa memberi makan singa putih secara langsung. Tenang saja, aktivitas tersebut terjaga keamanannya karena aktivitas pemberian makan singa putih dilakukan melalui corong kecil di bagian depan kandang kaca.

Di sana ada petugas khusus yang mengawasi dan mengarahkan. Namun tetap berhati – hati, jangan sampai tangan kamu terlalu masuk dan selalu ikuti aba – aba dari petugas jaga. Kalau yang ingin memberi makan adalah anak – anak maka harus didampingi oleh orang tua. Oh ya, berfoto dengan singa putih dan berbagai jenis hewan lainnya juga diperbolehkan di sini.

Faunaland [klook]

Sebagai wisata edukasi, tak perlu khawatir anak tidak akan mengerti binatang apa yang dilihatnya karena sudah tersedia papan nama satwa di setiap area atau kandang hewan. Papan nama satwa tersebut juga telah dilengkapi dengan informasi profil, asal, makanan dan penjelasan lain secara detail.

2. Menjelajahi pulau burung (bird island)

Bird island [klook]

Faunaland Ancol memiliki area khusus bernama pulau burung atau bird island. Terdapat sebuah papan besar bertuliskan pulau burung (bird island) yang menandakan area tersebut merupakan surganya pecinta burung.

Mulai dari burung kakaktua, burung macau, flamingo, sampai dengan rajawali Papua semuanya ada. Pengunjung bisa berinteraksi dengan beragam jenis burung tersebut secara bebas. Beberapa ada yang terlihat beterbangan, ada juga yang hinggap di dahan pohon dengan santainya. Tentunya kamu juga bisa berfoto dengan semua burung tersebut sesuka hati.

3. Menyaksikan pertunjukan bird show

Bird show [faunaland_ancol]

Bird show merupakan sebuah pertunjukan burung di Faunaland. Burung – burung seperti hornbill dan juga burung berjenis raptor akan dipandu agar beterbangan di atas kepala penonton. Pertunjukan ini berlangsung pada jam 11 siang.

Pengunjung yang ingin menyaksikan pertunjukan yang berlangsung selama sekitar 1 jam tersebut bisa duduk di tempat yang telah disediakan.

4. Naik kuda poni

Naik kuda poni [faunaland_ancol]

Naik kuda poni menjadi salah satu kegiatan wisata yang sangat disukai anak – anak ketika berkunjung ke Faunaland ini. Anak – anak yang diperbolehkan naik kuda poni adalah anak kecil dengan rentang usia 6 tahun sampai maksimal 15 tahun.

Mereka akan dibawa mengenal kuda poni lebih dekat dengan menungganginya dan berkeliling area sekitar kandang kuda. Harga per putaran sebesar Rp 25.000,00.

Tak ada yang perlu dikhawatirkan karena wahana ini sangat aman. Si kecil bisa melatih keberanian berkuda didampingi pemandu yang terlatih dan tentunya dibekali standar keselamatan seperti helm dan rompi berkuda.

5. Keliling area perairan dengan Safari River Cruise

Safari River Cruise [klook]

Karena memiliki area perairan, aktivitas wisata yang juga bisa dilakukan di Faunaland Ancol adalah berkeliling area perairan Faunaland menggunakan sampan. Nah, aktivitas ini sering disebut sebagai Safari River Cruise.

Banyak sekali orang yang berminat untuk keliling perairan dengan Safari River Cruise. Oleh sebab itu kalau kamu datang ke sini ketika weekend harus mengantri dengan sabar. Namun biasanya di hari weekday, jumlah antriannya lebih sedikit dan harga per orangnya pun jadi lebih murah.

Faunaland [faunaland_ancol]

Atau kalau memang tujuan utama kamu ke Faunaland adalah naik Safari River Cruise, kamu bisa memesan tiket terusan seharga Rp 95.000,00 sehingga tak perlu membayar lagi untuk naik Safari River Cruise.

Sampai saat ini harus diakui bahwa tak banyak kebun binatang di Indonesia yang sudah dilengkapi pilihan wahana perairan seperti yang disediakan di Faunaland. Oleh karena itu naik Safari River Cruise atau sampan mengelilingi perairan Faunaland menjadi salah satu aktivitas wisata yang tak boleh terlewatkan.

Jalan – jalan di Faunaland belum puas? Kamu bisa juga menikmati kompleks wisata lain di Ancol. Baca : Liburan ke Ancol? Jelajahi Wahana Ini!

Pulau Burung Faunaland Ancol (qurniyaniia)

Kalau merasa capek berkeliling Faunaland dan ingin bersantai sejenak, tersedia cukup banyak tempat duduk dibawah pepohonan rindang yang ada di kawasan wisata ini. Kalau bawa tikar atau matras, juga bisa dibentangkan dan bersantai di sana.

Ada juga tempat berteduh dengan atap khas rumah adat Papua yang bisa jadi tempat bersantai. Kamu bisa bersantai di sana sambil makan bekal yang dibawa dari rumah.

Ada wisata apalagi di Jakarta?

Pantjoran Chinatown PIK (kompas)

Selain ke Ancol, kamu juga bisa jalan – jalan di sekitar PIK. Pemandangannya bagus dan banyak banget pilihan wisata kuliner yang bisa dicoba. Baca : Pantai Pasir Putih PIK 2 : Wisata Pantai Indah Terbaru di Jakarta Utara

Baca juga : Pantjoran Chinatown PIK, Pusat Kuliner China di Jakarta

Rekomendasi tempat wisata lain di Jakarta, baca : Tempat Wisata di Jakarta yang Murah, Cocok Jadi Wisata Akhir Pekan

Demikian sedikit informasi dan review yang bisa kami sampaikan terkait Faunaland Ancol. Selamat berlibur dan jadikan Faunaland sebagai salah satu destinasi wisata wajib kamu di Jakarta ya!

Previous articlePenjual Ikan Hias Dekat Lapangan Tegallega Sudah Sejak Lama
Next article25+ Cafe di Cirebon Kota, Ada Wifi, Murah!