Umumnya orang yang gemar berlari akan mencari cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar mampu menuntaskan lari hingga finis, selain mencari cara untuk meningkatkan catatan waktu lari. Yang terakhir ini terutama penting bila berniat mengikuti lomba lari.

Tentu saja latihan untuk meningkatkan kecepatan berlari ini disesuaikan dengan target, entah untuk mengikuti maraton dalam waktu dekat, atau sekadar meningkatkan stamina. Latihannya juga beragam, tak hanya berlari di trek berbukit ataupun berlari sprint, kamu juga bisa memadukan latihan dengan berenang, bermain voli, dan sebagainya.

Biar kamu makin termotivasi, kamu bisa mengikuti sejumlah ajang lari. Salah satunya yang bisa kamu ikuti dalam waktu dekat adalah Gantarvelocity Your 5K Personal Best Challenge. Diselenggarakan oleh Gantarvelocity yang bekerja sama dengan Jawara VR sebagai penyedia platform virtual, ajang ini mengajak para peserta untuk menyelesaikan jarak tempuh lima kilometer dalam satu kali aktivitas.

Tantangan ini sendiri diadakan demi mendorong para penggiat lari yang sudah lama tidak berpartisipasi dalam lomba lari apa pun sejak awal pandemi untuk mencoba menajamkan catatan waktu lari lima kilometer. Karena digelar secara virtual, para peserta tetap dapat beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Waktu penyelenggaraan adalah Minggu, 3 Oktober. Namun, kamu sudah bisa mendaftarkan diri dari sekarang hingga 2 Oktober melalui jawaravr.id. Biaya registrasi gratis, dan bila berhasil menyelesaikan tantangan, kamu akan menerima e-sertifikat.

Selama beraktivitas, peserta wajib menggunakan salah satu dari dua pelacak aktivitas yang diizinkan, yakni Strava dan Garmin. Pelacak yang dipilih kemudian dihubungkan di member area peserta dalam platform Jawara VR.

Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain berjalan maupun treadmill running, indoor running, obstacle running, street running, track running, dan trail running. Kamu tinggal memilih aktivitas yang paling aman dan nyaman kamu lakukan, terutama di kondisi pandemi seperti saat ini.

Untuk membantu menyelesaikan tantangan tersebut, tim Gantarvelocity telah menyiapkan menu latihan yang berguna untuk mencapai catatan waktu lima kilometer terbaikmu. Bila menginginkan bantuan latihan langsung dari Gantarvelocity, mereka juga menyediakan paket latihan daring bersama pelatih dari Gantarvelocity yang dapat dipilih saat mendaftar tantangan ini.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleOleh-oleh Populer Khas Taiwan, Nomor 3 Paling Unik!
Next article10 Toko Buku di Medan yang Memiliki Koleksi Buku Lengkap