Meski mungil, Bali memang tak pernah kehabisan tempat wisata. Selalu ada saja inovasi baru dari masyarakat setempatnya untuk terus menarik wisatawan. Sebut saja Lahangan Sweet yang mulai ditata sejak tahun lalu.

Terletak di Banjar Dinas Gulinten, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, tempat ini menawarkan keindahan matahari terbit dari arah puncak Gunung Rinjani, Lombok dan matahari terbenam di Gunung Agung.

Foto: Instagram @intanputrikirana

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati lanskap persawahan dan perbukitan. Sementara bila langit cerah dan tidak ada kabut, mereka bisa memandang hamparan laut biru di sisi timur.

Kawasan ini sendiri tadinya berupa lahan kosong yang tandus, sehingga dinamai lahangan (laha berarti tandus). Setelah ditata, sejumlah fasilitas pun ditambahkan, termasuk camping ground, penyewaan tenda (Rp185.000 untuk dua orang, sudah termasuk matras dan sleeping bag) toilet, warung, deretan bangku untuk bersantai, serta beberapa spot foto dengan latar panorama alam di sekitarnya.

Foto: Instagram @nofact_life

Karena lokasinya berdekatan dengan tempat wisata lain di Karangasem, seperti Pura Penataran Agung Lempuyang, Tirta Gangga, dan Pantai Amed, kamu bisa sekalian mampir ke sejumlah destinasi tersebut sebelum pulang ke lokasi menginap.

Kalau ingin sekalian gowes, kamu bisa berkendara dengan mobil ke lokasi pilihan, seperti Pantai Amed, sebelum mengayuh sepeda ke Lahangan Sweet. Kalau dari Pantai Amed, jaraknya 10,6 km. Sementara bila dari Pura Lempuyang, jaraknya 3,8 km.

Foto: Dok. Google Maps/Dia Adi

Kendaraan roda empat sendiri hanya bisa sampai di Banjar Dinas Gulinten. Dari situ, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan trekking atau naik kendaraan roda dua untuk sampai ke puncak.

Medannya berupa jalan beraspal, namun mendekati lokasi akan berganti medan tanah berbatu dengan jalur yang cukup terjal. Disarankan datang di luar musim hujan, karena batu yang menjadi licin dan tanah yang melunak atau bahkan berlumpur akan lebih sulit ditaklukkan. Namun kalau sudah telanjur, ganti settingan sepeda dan pastikan kondisinya prima.

Foto: Instagram @nofact_life

Perjuanganmu bersepeda menyusuri jalur tersebut bakal terbayar usai di puncak dan menikmati keindahannya. Karena tergolong tempat baru dan belum banyak diketahui wisatawan, suasananya terbilang sepi, sehingga kamu bisa dengan leluasa menikmati keindahannya.

Biaya masuk Lahangan Sweet Rp20.000 per orang. Bila ingin bersantai, kamu bisa duduk-duduk di bangku yang tersedia atau bersantap di warung. Kamu juga bisa berfoto sepuasnya di gardu pandang dengan pemandangan lembah dan gunung di kejauhan.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleMenikmati Spa di Jari Menari, Seminyak
Next articleDago Dreampark, Taman Rekreasi Seru dan Terlengkap di Bandung