Saat ini wisata alam hits atau naik daun di kalangan para wisatawan. Selain menawarkan pemandangan yang indah, wisata alam biasanya lebih sejuk dan juga menenangkan.

Jadi para wisatawan bisa melepas penat karena rutinitas sehari-hari yang cukup melelahkan. Salah satu destinasi wisata yang sedang banyak diincar oleh wisatawan terutama kawula muda adalah air terjun.

Nah, salah satu kawasan yang menawarkan destinasi air terjun yang menarik adalah Lombok. Dahulu Lombok terkenal dengan wisata pantainya, tetapi setelah dieksplorasi ditemukan banyak sekali air terjun. Salah satunya di Kawasan Lombok Timur.

Seperti bagian Lombok lainnya, Lombok Timur juga memiliki deretan air terjun yang sangat memesona. Berikut ini ada 10 air terjun yang ada di Lombok Timur.

Baca juga: Ini Dia 10 Pantai di Lombok yang Cantik dan Wajib Dikunjungi

1. Air Terjun Madu

  • Alamat: Dusun Birak, Ds. Bilok Petung, Kec. Sembalun, Lombok Timur, NTB
  • HTM: Rp5.000/orang

Air Terjun Madu merupakan salah satu air terjun terbaik yang ada di Pulau Lombok. Dengan ketinggian sekitar 20 meter dan mengalirkan air yang luar biasa jernih.

Aliran tersebut mengalir di tengah-tengah dinding tebing yang cantik dan artistik memberikan daya tarik yang luar biasa bagi para pengunjungnya.

Selain itu, air dari Air Terjun Madu ini jatuh ke sebuah telaga yang cukup besar dengan kedalaman 0,5-2 meter yang tepat berada di bawah air terjun.

Air tersebut berwarna kehijauan dan mengandung sulfur yang mempunyai manfaat untuk tubuh yaitu mengobati penyakit kulit dan juga penyakit tulang.

Destinasi Air terjun ini dilengkapi dengan fasilitas yang masih minim dan masih dalam tahap pengembangan. Jadi yang tersedia masih seadanya seperti parkiran, warung makan, toilet, dan tempat bilas.

Akses menuju air terjun ini bisa melalui Lombok Timur dengan melewati Narmada, Mantang dan lurus menuju Aikmel. Dari sana kalian pilih jalur lurus menuju suela, Sembalun hingga sampai Dusun Birak.

Dari sini kalian harus memarkirkan kendaraan kalian dan melanjutkannya dengan jalan kaki melewati jalan setapak. Jaraknya sekitar 350 meter. Diperjalanan kalian akan disuguhi pemandangan alam yang masih alami serta asri.

2. Air Terjun Jeruk Manis

  • Alamat: Ds. Kembang Kuning, Kec. Sikur, Kab. Lombok Timur, NTB
  • Jam buka: 07.00-19.00
  • Telepon: 0819-0737-8703
  • HTM: Rp5.000-Rp7.500 ditambah asuransi Rp1.000

Menurut penduduk setempat Air Terjun Jeruk Manis ini ditemukan pada tahun 1983 oleh seorang warga. Kemudian air terjun ini dikelola serta dibuatkan akses agar dapat dijangkau sehingga menjadi sebuah destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang mencari kawasan wisata alam sebagai tempat melepas penat dan Lelah.

Dengan ketinggian 30 meter dan airnya mengalir diantara tebing-tebing yang dihiasi tanaman hijau akan membuat pengunjungnya terhipnotis.

Kejernihan air yang berpadu dengan suasana yang sejuk akan membuat siapa saja ingin segera merasakan kesegaran air terjun ini. Selain itu, kalian juga akan menemukan rusa dan monyet yang masih berkeliaran di sekitar sini karena alamnya masih asli.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, air terjun ini dapat mengobati beberapa penyakit khususnya masalah kesuburan rambut, bagaimana tertarik berobat disini? Fasilitas standar, seperti kamar mandi dan mushola sudah tersedia.

Akses menuju Air Terjun Jeruk Manis ini juga bisa ditempuh melalui Mataram dengan jarak sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Setelah masuk Desa Kembang wisatawan harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1,5 meter dengan pemandangan yang asri serta menawan.

3. Air Terjun Mangku Sakti

  • Alamat: Ds. Sajang, Kec. Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • HTM: Rp10.000/orang

Panorama Air Terjun Mangku Sakti yang berada di Kawasan Lombok Timur ini sangat menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan. Suasana yang sejuk dan tenang sangat cocok untuk kalian yang sedang mencari ketentraman batin.

Sambil mendengarkan suara air mengalir yang merdu dijamin akan me-refresh pikiran yang sudah penat dan Lelah. Dinding batuan abstrak yang sebagian terbentuk karena kikisan air terjun menjadi daya tarik tersendiri untuk air terjun ini.

Di sini kalian bisa melakukan aktivitas berenang atau untuk kalian yang suka fotografi banyak sekali spot foto yang sangat keren yang akan membuat hasil jepretan kalian membuat orang terkagum-kagum.

Akses menuju Air terjun ini dari Mataram berjarak sekitar 175 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Setelah sampai ke Desa Sajang kalian akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki karena belum ada akses kendaraan langsung menuju air terjun.

Namun, rasa Lelah karena berjalan menyusuri jalur yang cukup terjal akan terbayar dengan pesona Air Terjun Mangku Sakti yang cantik.

4. Air Terjun Semporonan

  • Alamat: Ds. Timbanuh, Kec. Peringgasela, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Jam buka: 07.00-17.00
  • HTM: Rp5.000/orang

Perpaduan antara udara yang sejuk dan air yang jernih menjadikan kawasan air terjun ini adalah kawasan wisata yang wajib untuk kalian kunjungi ketika berlibur ke daerah Lombok Timur.

Meskipun belum seterkenal air terjun lainnya yang ada di daerah Lombok timur, kawasan air terjun ini menawarkan keindahan yang siap membuat kalian berdecak terkagum.

Air Terjun Semporonan mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. Dihiasi oleh pepohonan yang masih hijau dan asri akan memanjakan para wisatawan yang berlibur ke kawasan air terjun ini. Kalian juga dapat berendam di sebuah kolam yang terletak beberapa meter dari aliran air terjun.

Minimnya pengelolaan dari pemerintah sekitar menjadikan air terjun ini belum memiliki fasilitas yang memadai, mungkin dikarenakan pengunjung yang datang pun masih terbilang sedikit.

Akses menuju air terjun ini dari Kota Selong Lombok Timur sekitar 30 menit. Setelah mencapai gerbang air terjun, wisatawan akan berjalan kaki melewati hamparan kebun kopi yang memesona.

5. Air Terjun Umar Maya

  • Alamat: Ds. Bilok Petung, Kec. Sembalun, Lombok Timur
  • Telepon: 0819-1777-4082
  • HTM: Rp2.000/orang

Jika kalian adalah pecinta destinasi wisata air terjun, maka Air Terjun Umar Maya adalah destinasi yang tidak boleh terlewatkan. Merupakan salah satu air terjun favorit para wisatawan lokal, Air Terjun Umar Maya memang memiliki panorama alam yang sangatlah keren dan juga instagramable.

Dengan tinggi air terjun yang rendah yaitu sekitar 6 meter, menjadikan aliran air yang tidak begitu deras dan mengalir ke sebuah telaga yang cukup luas dibawahnya.

Airnya yang jernih serta menyegarkan akan membuat kalian betah berlama-lama berenang dan berendam di sini. Selain itu kalian juga bisa memicu adrenalin dengan melompat dari bagian atas air terjun ke telaga.

Akses menuju air terjun ini dari Sembalun memiliki waktu tempuh sekitar 30-45 menit. Tempat parkir dan warung untuk membeli makanan pun sudah tersedia.

Setelah itu wisatawan akan jalan kaki menuju aliran sungai sejauh 300 meter. Kemudian dilanjutkan dengan menyusuri aliran sungai yang memiliki batuan besar yang menawarkan pemandangan yang indah. Jarak untuk sampai ke lokasi air terjun sekitar 200 m.

6. Air Terjun Mangku Kodek

  • Alamat: Ds. Sajang, Kec. Sembalun Lombok Timur
  • Telepon: 0823-3927-8151
  • HTM: Rp10.000-Rp150.000

Selanjutnya ada di Kawasan Lombok Timur ini ada Air Terjun Mangku Kodek. Keberadaan air terjun ini cukup tersembunyi yaitu diapit oleh tebing bebatuan yang terbentuk secara alami.

Air yang mengalir dari ketinggian yang cukup rendah yaitu sekitar 6 meter ini berasal dari Gunung Rinjani sehingga mengandung belerang yang bagus untuk kesehatan kulit.

Di bawah air terjun ada kolam yang mengalirkan air terjun tersebut dengan kedalaman sekitar 1-2 meter. Perpaduan air yang jernih serta belerang menjadikan warna air menjadi kebiruan dan sangat cantik.

Para wisatawan akan betah untuk berenang di sini karena selain bagus untuk kesehatan kulit, air di sini begitu menyegarkan. Jangan lupa abadikan momen kalian ketika berlibur di sini karena tempatnya yang keren dan sangat instagramable.

Akses menuju air terjun ini lumayan menantang karena wisatawan harus rela basah-basahan dengan menyusuri sungai sepanjang seratus meter. Tapi jangan khawatir, semua sebanding dengan keindahan yang disuguhkan oleh air terjun ini.

7. Air Terjun Kuda Sembrani

  • Alamat: Ds. Sajang, Kec. Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • HTM: Rp10.000

Setelah mengunjungi Air Terjun Mangku Sakti dan Air Terjun Mangku kodek, sayang jika kalian tidak berkunjung juga ke Air Terjun Kuda Sembrani karena jarak ketiga air terjun tersebut cukup berdekatan. Jadi dalam satu hari kalian bisa menikmati tiga destinasi air terjun yang indah.

Air terjun ini didominasi oleh dinding-dinding batu alami yang sangat cantik. Di bawahnya ada kolam yang cukup luas dibandingkan dengan air terjun Mangku Sakti dan Air Terjun Mangku Kodek.

Kedalaman airnya juga cukup dangkal jadi aman untuk dijadikan tempat berenang. Airnya yang jernih serta menyegarkan dapat membuat rasa penat kalian hilang.

Di sekitar air terjun banyak terdapat bebatuan besar yang bisa dijadikan tempat bersantai atau berfoto. Di sisi kanan dan kiri air terjun terdapat tempat yang menyerupai gua yang merupakan salah satu ciri khas dari air terjun ini dan juga bisa menjadi spot untuk berfoto.

Akses menuju air terjun ini cukup sulit karena harus melewati bebatuan yang licin. Tetapi jangan khawatir ada tali yang sudah disediakan untuk tempat berpegangan. Dari Air Terjun Mangku Sakti dan Air Terjun Mangku Kodek memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke Air Terjun Kuda Sembrani.

8. Air Terjun Penimbungan

  • Alamat: Ds. Sajang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Kali ini ada air terjun yang disebut-sebut sebagai surprise bagi para para pendaki Gunung Rinjani yang melalui jalur pendakian Torean yaitu Air Terjun Penimbungan.

Setelah banyak yang mengetahui tentang air terjun ini, banyak pendaki yang menjadikan Jalur Torean sebagai favorit jika mendaki Gunung Rinjani dibandingkan Sembalun dan Senaru.

Air terjun Penimbungan ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan aliran airnya berasal dari Danau Segara Anak yang merupakan sebuah danau yang berlokasi di tengah-tengah bekas letusan Gunung Rinjani.

Aliran air terjun ini diapit oleh tebing-tebing yang tinggi menjulang. Air yang mengalir dari ketinggian menimbulkan suara gemuruh dan percikan airnya seakan membentuk kabut.

Keindahan dan keeksotisan Air Terjun Penimbungan ini merupakan obat lelah para pendaki meskipun keindahan air terjun ini hanya dapat disaksikan dari kejauhan, yaitu dari Lembah Sungai Putih.

Hal tersebut karena medan atau jalan menuju air terjun ini masih sangat terjal dan berbahaya. Tebing yang curam dan licin memenuhi setiap sudut air terjun tersebut.

9. Air Terjun Otak Kokok

  • Alamat: Ds. Montong Batok, Kec. Montong Gading, Lombok Timur
  • HTM: Rp5.000

Air Terjun Otak Kokok bisa juga disebut dengan Air Terjun Joben. Namanya yang unik ini diambil dari Bahasa Sasak yang merupakan Bahasa tradisional Lombok.

Otak sendiri artinya kepala, sedangkan kokok adalah sungai. Jadi Air Terjun Otak Kokok ini adalah sebuah air terjun yang airnya berasal dari mata air yang letaknya di hulu sungai.

Ketinggian Air Terjun Otak Kokok ini sekitar 5 meter. Konon katanya air terjun ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena berasal dari akar pohon Banjur. Jika saat kalian berendam buih air berubah menjadi berwarna putih, tandanya ada penyakit yang bersarang di badan.

Terlepas dari itu semua, Air Terjun Otak Kokok ini memang memiliki pemandangan yang sangat menawan dan worth it untuk dijadikan tempat berlibur.

Fasilitas yang disediakan juga cukup memadai seperti kamar mandi, musala, lahan parkir yang cukup luas serta gazebo untuk tempat beristirahat atau makan. Selain air terjun, terdapat juga dua buah kolam renang yang diperuntukkan dewasa dan anak-anak.

Jadi destinasi air terjun ini juga cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga. Akses menuju air terjun ini juga cukup mudah karena sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Oleh karena itu, kawasan wisata ini selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung.

10. Air Terjun Dewi Selendang

  • Alamat: Ds. Bilok Petung, Kec. Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • HTM: Rp5.000-Rp10.000 (termasuk tiket kendaraan)

Satu lagi destinasi air terjun yang ada di Lombok Timur yang akan membuat liburan kalian jadi menyenangkan yaitu kawasan Air Terjun Dewi Selendang. Tidak hanya terkenal karena keeksotisannya, air terjun ini juga memiliki legenda yang cukup menarik.

Menurut penduduk setempat dulunya tempat ini adalah pemandian para dewi. Namun pada suatu hari selendang salah satu dewi tertinggal persis di atas air terjun sehingga air terjun ini dinamakan Air Terjun Dewi Selendang.

Keunikan lainnya dari air terjun ini adalah airnya yang mengalir menjadi dua cabang dan menimbulkan suara gemericik air yang merdu serta menenangkan. Kemudian, air dari air terjun ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Banyak dari wisatawan yang datang tidak hanya ingin berlibur tetapi sekalian juga untuk berobat. Akses menuju kawasan ini juga tidaklah sulit hanya berjarak 500 meter dari jalan raya.

Jika kalian menggunakan kendaraan memerlukan waktu sekitar tiga menit, sedangkan jika berjalan kaki memerlukan waktu 20 menit.

Lombok Timur memang menyimpan banyak sekali kawasan wisata air terjun yang keindahan dan keeksotisannya bak surga dunia. Banyak wisatawan yang rela melewati perjalanan yang jauh dan terjal untuk dapat menikmati keindahan dari air terjun-air terjun ini.

Sebagian besar air yang ada di air terjun yang ada di Lombok Timur juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Nah, jika kalian ingin merasakan keseruan, ketenangan dan keindahan, kalian bisa berlibur di kawasan Lombok Timur yang memiliki kawasan alam yang cantik dan memesona. So, dari beberapa air terjun di atas manakah yang paling menarik perhatian kalian?

Previous article7 Lokasi Tak Terduga di Surabaya ini Bisa Bikin Foto Keren
Next articlePulau Lahe, Spot Penyelaman Favorit di Pohuwato