Sudah tak sabar muncak ke Gunung Merbabu? Ada kabar baik nih, traveler! Lewat akun Instagram resminya @btn_gn_merbabu, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menyatakan akan membuka kembali jalur pendakian mulai Senin, 14 Juni 2021.

Namun, tak semua jalur akan dibuka. Sesuai dengan instruksi Bupati Semarang Nomor 14 Tahun 2021, jalur pendakian via Selo, Thekelan, dan Cuntel belum bisa dibuka pada 14 Juni mendatang. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

Gunung Merbabu sendiri memiliki lima jalur pendakian resmi, yakni sebagai berikut.

  • Jalur Selo di Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali;
  • jalur Cunthel di Dusun Cunthel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan; Kabupaten Semarang;
  • jalur Thekelan di Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang;
  • jalur Suwanting di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang;
  • serta jalur Wekas, Dusun Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Jadi, saat dibuka nanti, jalur pendakian yang bisa dilewati adalah Suwanting dan Wekas. Kuotanya sendiri akan dibatasi, yakni 30 persen dari kuota kunjungan per hari yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni 50 persen.

Dengan adanya pembatasan kuota ini, seluruh calon pendaki disarankan untuk melakukan registrasi jauh-jauh hari lewat situs resminya, tngunungmerbabu.org. Di laman pendaftaran tersebut, kamu juga bisa melihat kuota yang tersisa di masing-masing jalur.

Lebih lanjut, pendaki tidak diperbolehkan lintas jalur, dan hanya boleh melalui jalur yang sudah dipilih sebelumnya saat registrasi secara daring. Hal ini berdasarkan hasil dari persiapan pembukaan pendakian Gunung Merbabu yang dilaksanakan bersama Satgas Covid-19 setempat.

Pendaki juga hanya boleh melakukan kegiatan pendakian di Gunung Merbabu maksimal dua hari satu malam. Hal tersebut sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

Aturan lainnya adalah wajib menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen atau GeNose C19 yang berlaku 1√ó24 jam sebagai bukti bebas Covid-19.

Selain itu, pendaki wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19, termasuk mengenakan masker, menjaga jarak dengan pendaki lain, dan tidak membuat kerumunan. Syarat dan aturan lainnya, bisa dicek langsung di situs resminya. Sementara informasi terbaru seputar jalur pendakian di Gunung Merbabu bisa kamu pantau lewat akun Instagram @btn_gn_merbabu.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleLantai Keramik atau Granit Bisa Diperoleh di Toko-toko Ini
Next article12 Upacara Adat Jawa yang Masih Terjaga Hingga Sekarang