Sudah jauh-jauh ke Lombok, rugi kan kalau tidak sekalian mencicipi kulinernya? Buat yang baru pertama kali menginjakkan kaki di pulau tersebut, berikut ini beberapa makanan yang wajib dicoba.

1. Ayam Taliwang

Jenis ayam yang dipilih untuk menu ini adalah ayam kampung berusia tiga atau empat bulan, yang digoreng dan dibakar secara utuh (tidak boleh dipotong) menggunakan kayu bakar.

Saat menggoreng, minyak yang digunakan adalah minyak kelapa asli dalam jumlah banyak dengan api besar. Sementara untuk ayam bakar, dagingnya dibakar dulu menggunakan api dari sabut kelapa, baru dibakar dengan arang.

2. Plecing Kangkung

Biasa disantap bersama ayam taliwang, plecing kangkung ini selalu ada di berbagai rumah makan di Lombok. Terdiri kangkung yang direbus bersama sambal dari cabai rawit, garam, terasi, dan tomat, hidangan ini disajikan bersama taoge dan kacang goreng.

3. Nasi Puyung

Nama hidangan ini diambil dari nama daerah asalnya, yakni Desa Puyung di Lombok Tengah. Pelopornya adalah Papuk Isum yang berjualan Nasi Puyung sejak 1980-an. Karena kelezatannya, Nasi Puyung kian menjamur hingga ke pusat kota.

Foto: Instagram @sasmitaedo

Nasi ini sendiri berisi suwiran daging ayam yang dimasak bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon, dan belut goreng.

4. Sate Bulayak

Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus daun aren. Bentuknya memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar.

Foto: Instagram @sasmitaedo

Sate daging sapi ini menggunakan bumbu khas Sasak yang rasanya mirip kari atau sate Padang. Penjual sate bulayak banyak dijumpai di sejumlah objek wisata terkenal, seperti Pura Lingsar dan Taman Narmada.

5. Ares

Ares berbahan utama pelepah pisang muda yang diolah bersama santan. Awalnya masakan khas suku Sasak ini hanya disajikan ketika ada hajatan, namun kemudian semakin populer dan mudah ditemui sehari-hari di Mataram dan Cakranegara.

6. Bebalung

Menu berkuah ini terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dimasak bersama cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan jahe, lalu disajikan bersama taburan bawang goreng.

7. Sate Rembiga

Foto: Instagram @henjiwong

Sate ini berbahan utama daging sapi dengan paduan rasa gurih, manis, dan pedas. Berasal dari Desa Rembiga, sate Rembiga telah banyak dijual di berbagai tempat di Lombok. Meski begitu, penjual yang autentik adalah di Warung Rembiga (Jalan Dakota No. 2).

8. Sate Tanjung

Merupakan sate ikan yang terbuat dari potongan cakalang, langoan, atau marlin, sate ini merupakan inovasi warga Tanjung di Lombok Timur. Daging ikan yang telah diiris kecil-kecil dibumbui dengan cabai kecil, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, garam, dan cuka. Setelah semua bahan dihaluskan, bumbunya diberi santan kental untuk merendam potongan ikan.

Foto: Instagram @mataramdelicious

Lalu, potongan ikan ditusuk ke sebilah bambu untuk dipanggang di atas bara api yang sudah diberi batok kelapa agar aromanya lebih harum. Sate ini bisa ditemui di sekitar Pasar Tanjung atau Terminal Tanjung.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articlePenjual Sprei yang Berada di Kawasan Cicendo
Next article10 Tempat Wisata Anak di Bogor yang Sangat Seru