Dapat diakses dengan mudah dari Pantai Sanur, pulau mungil di tenggara Bali ini tak hanya menawarkan suasana yang mengingatkan akan Gili Trawangan ketika belum terlalu ramai, namun juga menyimpan keindahan alam, baik di darat maupun bawah lautnya.

Kalau tujuanmu kemari untuk menyelam, berikut beberapa situs terpopulernya.

1. Lembongan Bay

Situs ini terutama cocok untuk pemula, atau mereka yang menginginkan penyegaran karena sudah berbulan-bulan tak menyelam. Kedalaman maksimalnya hanya 10 meter dengan kondisi perairan yang terbilang tenang dan minim arus, sehingga kamu dapat menikmati keindahan terumbu karang yang sehat di atas hamparan pasir putih dengan kualitas cahaya yang baik.

Jangan lupa membawa kamera underwater karena bakal menjumpai nudibranch, ikan buntal, ikan kodok, ikan pari bintik biru, belut moray, dan masih banyak lagi fauna lainnya yang eksotis.

2. Mangrove Bay

Cocok untuk semua level penyelam, situs ini dinamai demikian karena lokasinya yang berada tepat di kawasan mangrove di timur laut Nusa Lembongan. Tak jauh dari teluk ini, terdapat hamparan karang indah yang menanti untuk dijelajahi.

Kamu bisa menjumpai barakuda, triggerfish, damselfish, belut moray, kakap, dan beberapa biota lainnya di situs ini. Hiu terkadang terlihat melintas pula di sini.

3. Blue Corner

Sering dijuluki Jurassic Point, situs untuk penyelam berpengalaman ini merupakan salah satu situs drift paling populer di sekitar Bali. Di awal penyelaman, diver akan turun ke kedalaman sekitar 10 meter untuk mendapatkan slope dengan beberapa karang lunak yang cantik, tempat ikan buntal, boxfish, sea snakes, lionfish, nudibranch, scorpionfish, barracuda, triggerfish, dan angelfish biasa berkeliaran.

Arus yang ada kemudian akan membawa penyelam berputar ke sebuah titik yang dinamai The Corner, di mana ada dinding vertikal yang dalam, dengan overhang yang nyaman sebagai tempat berlindung. Di sinilah bisa dijumpai sweetlips, wobbegong, ikan Napoleon, tuna, pari elang, giant trevally, dan biota lainnya, termasuk ikan mola-mola yang waktu terbaik untuk melihatnya antara Juli hingga Oktober.

Nah, kalau sudah tahu lokasi selam yang populer di Nusa Lembongan, tinggal menentukan dive center yang ingin kamu tuju. Kebanyakan dive center berderet di Jalan Jungut Batu di Pantai Jungut Batu, di antaranya:

  • Blue Corner Dive Lembongan (bluecornerdive.com)
  • Two Fish Divers Lembongan (twofishdivers.com)
  • Lembongan Discovery Dive (lembongandiscoverydive.com)
  • Legend Diving Lembongan (divinglembongan.com)
  • Lembongan Dive Center (lembongandivecenter.com)

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleCocok untuk Pemula, Ini Panduan Mendaki Gunung Prau
Next articleTempat Shopping di Bandung, di Mal-mal Terkenal