Setinggi 1.803 mdpl, Gunung Kencana merupakan salah satu alternatif wisata pendakian di Bogor selain Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak. Lokasi persisnya di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua.

Untuk memudahkan pencarian, kamu bisa mengarahkan kendaraan ke kawasan wisata Telaga Warna. Mendekati lokasi, kamu bisa bertanya ke warga setempat jalan menuju Gunung Kencana. Biasanya, kendaraan akan diarahkan ke Kampung Lahan Cadangan (LC) sebagai lokasi pemberhentian kendaraan terakhir sebelum memasuki area pendakian Gunung Kencana. Patokannya dekat SD Cikoneng, persis di pertigaan jalan sebelum Kampung LC.

Foto: Instagram @dixonrendy

Jarak dari pertigaan menuju base camp pendakian sekitar tiga kilometer. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan hamparan perkebunan teh yang menawan dan memanjakan mata. Berlatar Gunung Gede Pangrango, di sinilah pengunjung biasanya melewatkan waktu untuk berfoto, atau sekadar bersantai sejenak sembari menikmati udara yang segar.

Setibanya di base camp, kamu wajib lapor dan membayar retribusi sebesar Rp20.000 per orang. Barulah kemudian dimulai pendakian menuju puncak Gunung Kencana.

Foto: Instagram @rahmanmukhlis

Nah, di sinilah keunikan pendakian di Gunung Kencana. Dari awal, kamu akan disuguhkan Tanjakan Sambalado. Mirip seperti outbound, tanjakan ini berupa anak-anak tangga yang tersusun rapi dari batang kayu. Panjang tanjakan tersebut sekitar 100 meter dengan tingkat kemiringan 45 derajat.

Walau sudah dilengkapi pijakan, kamu harus tetap berhati-hati karena tanjakan tersebut cukup licin. Konon, nama Sambalado sendiri disematkan pada tanjakan tersebut karena kaki akan terasa ‘pedas’ setelah melaluinya.

Foto: Instagram @yusril_kr

Dari Tanjakan Sambalado yang menyiksa fisik dan mental, kamu akan melalui jalur yang masih terus menanjak dengan medan tanah dan akar sampai ke puncak. Durasi perjalanan sekitar setengah jam.

Setibanya di puncak, kamu akan disuguhkan keindahan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak, hamparan luas kebun teh, serta panorama Bogor dari ketinggian. Kalau langit sedang cerah, tidak mendung atau tertutup kabut, puncak gunung-gunung tersebut dapat terlihat dengan jelas.

Foto: Instagram @solihinid

Puncak Gunung Kencana sendiri merupakan spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset, dengan matahari yang terbit dari balik Gunung Gede Pangrango, serta terbenam di arah Gunung Salak.

Untuk mendaki Gunung Kencana, kamu tak perlu menggunakan pemandu, karena banyak papan petunjuk jalan hingga sampai di puncak. Meskipun demikian, pastikan tubuh dalam kondisi fit ya, karena perjalanannya lumayan menguras stamina, baik saat mendaki maupun menuruni gunung.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleEast Coast PIK By The Sea Lokasi dan Review Terbaru
Next articleToko Perabotan Rumah Tangga di Belakang Pasar Baru