Island hopping atau berwisata dari satu pulau ke pulau lainnya bisa menjadi aktivitas pilihan saat melewatkan liburan di Makassar. Kalau waktu liburanmu singkat, setidaknya sisihkan satu hari untuk menjelajahi salah satu pulaunya yang menawan.

Dari sekian banyak pulau yang ada di lepas pantainya, Pulau Badi merupakan salah satunya yang bisa diakses dengan mudah. Kamu bisa menuju Pelabuhan Paotere di Makassar terlebih dahulu, lalu melanjutkan perjalanan dengan naik kapal reguler untuk menyeberang ke Pulau Badi.

Foto: Instagram @ian_fyhunk

Tergantung cuaca, kamu bisa mencapai pulau tersebut dalam waktu satu sampai dua jam. Biayanya sendiri terjangkau, yakni Rp20 ribu per sekali jalan. Opsi lainnya, kamu bisa menggunakan speedboat dengan keberangkatan dari Pantai Losari. Tanpa perlu waktu lama, yakni sekitar 30 menit saja, kamu sudah dapat mencapai pulau tersebut.

Mendekati Pulau Badi, kamu sudah bisa melihat hamparan pasir putih maupun perairan pirus yang mengelilinginya. Terumbu karang yang tersimpan di bawah lautnya pun dapat terlihat jelas dari permukaan, terutama ketika cuaca sedang cerah.

Foto: Instagram @saskia1089

Tak ada yang menyangka kalau hamparan terumbu karang di sekitar pulau ini pernah dinyatakan rusak berat akibat ulah manusia. Butuh waktu lama untuk mengembalikan eksosistem bawah laut di wilayah tersebut, dan barulah pada 2011 silam kondisi terumbu karang di sana mulai membaik.

Sesampainya di Pulau Badi, kamu bisa berjalan kaki di sepanjang pesisir pantai sambil menikmati suasananya yang begitu indah atau mencari spot-spot foto untuk mengabadikan momen tersebut. Puas menikmati keindahannya di darat, kamu bisa langsung menyelami alam bawah lautnya.

Foto: Instagram @saadduddint

Kamu bisa menyaksikan hamparan terumbu karang yang rapat dan bervariasi, selain ikan-ikan dan biota laut lainnya. Kalau beruntung, kamu bisa melihat penyu yang sedang beristirahat di sela-sela terumbu karang atau berenang bebas.

Walau fasilitasnya terbilang lengkap, dari warung, masjid, dan puskesmas, di pulau ini tak ada tempat penyewaan alat snorkeling ataupun scuba diving. Karena itu, kalau ingin menyelam di sini, silakan bawa sendiri peralatan yang kamu butuhkan ya.

Foto: Instagram @jitho

Tak perlu khawatir, di Makassar banyak dive center yang menyewakan peralatan selam maupun tabung selam. Kamu juga bisa menggunakan jasa operator tur untuk perjalanan ke Pulau Badi, sehingga tak perlu repot lagi mencari kapal sewaan atau peralatan selam.

Teks: Melinda Yuliani

Previous article10 Oleh-Oleh Khas Demak yang Wajib untuk Dibawa Pulang
Next articleCafe di Tebet Yang Saat Ini Sedang Hits Di Ibu Kota