Tulungagung merupakan sebuah kota kecil di pesisir selatan Jawa Timur dan berdekatan dengan Kota Blitar dan Kabupaten Trenggalek. Kabupaten Tulungagung merupakan bagian dari pegunungan Wilis dan Liman. Selain itu, Tulungagung merupakan rangkaian dari Pegunungan Kidul di sisi selatannya. Kota kecil ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Liburan ke Jawa Timur, tak hanya Malang saja yang menyimpan destinasi menarik. Tulungagung memiliki garis pantai yang panjang dan tentunya recommended untuk dikunjungi. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui apa saja pantai yang ada di Tulungagung. Kali Ini, Keluyuran akan memberikan informasi 10 pantai cantik di Tulungagung. Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Pantai Sanggar

* sumber: travelingkuy.com

Pertama, ada Pantai Sanggar. Sebuah pantai cantik di selatan Jawa Timur dengan pasir putih lembut serta air laut yang biru jernih. Pantai ini terletak 30 km dari pusat kota, dan butuh waktu kurang lebih 2 jam untuk bisa sampai di Pantai Sanggar. Lokasinya cukup terpencil dan akses menuju Pantai Sanggar harus melalui jalan yang berbatu.

Setibanya di Pantai Sanggar, kamu akan disambut dengan pemandangan yang sangat cantik. Ombah di Pantai Sanggar terbilang cukup besar. Jadi kurang disarankan untuk bermain air. Namun, ketika air laut sedang surut, kamu bisa bermain air di pinggir pantai. Biasanya ombak mulai surut sekitar jam 12 siang.

  • Alamat: Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

2. Pantai Godeg

* sumber: 205m4d1.blogspot.com

Pantai Godeg, dikenal juga sebagai Pantai Watu Godek merupakan salah satu pantai cantik di Tulungagung. Penamaannya berasal dari kejadian alam, yaitu batu yang bergoyang. Awal mulanya, batu besar yang menjulang tinggi di tepi pantai akan bergoyang ketika air laut sedang pasang karena adanya terjangan dari ombak.

Bukan hanya batu besar di Pantai Godeg saja yang membuat pantai ini menarik. Ada pula pohon yang tumbuh di tengah pantai. Selain itu, di sini terdapat karang-karang yang berlubang di sebelah kiri pantai. Kamu bisa melihat ikan kecil yang terbawa ombak ketika pasang, kemudian terperangkap di lubang karang.

  • Alamat: Area Pegunungan, Ngrejo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

3. Pantai Dlodo

* sumber: travelingyuk.com

Pantai Dlodo merupakan salah satu pantai unik di Tulungagung. Di sini, terdapat aliran air payau yang memisahkan dua kecamatan yaitu kecamatan Kalidawir dan kecamatan Pucanglaban. Kamu bisa bermain air di sini karena aliran airnya jernih dan tidak amis.

Jika kamu membayangkan pantai dihiasi dengan pohon kelapa, pemandangan itulah yang akan kamu temukan ketika berlibur ke Pantai Dlodo. Di sini terdapat gundukan pasir berwarna putih tulang berkilau. Gundukan pasir itu berasal dari hembusan angin laut yang akhirnya membentuk sebuah gundukan.

  • Alamat: Rejosari, Kalidawir, Panggungkalak, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp7.000/orang

4. Pantai Brumbun

* sumber: pantaitulungagung29.blogspot.com

Pantai Brumbun merupakan pantai di Tulungagung yang dikelilingi tebing-tebing hijau yang menghiasi pemandangan. Pantai dengan pasir putih bersih ini memiliki air laut dengan warna kehijauan. Adanya tebing hijau di kiri dan kanan, membuat pantai ini terlihat lebih tertutup.

Pantai Brumbun berjarak 35 km dari pusat kota. Kamu perlu menempuh jalan yang rusak untuk bisa sampai di sini. Sesampainya di Pantai Brumbun, kamu bisa menikmati pemandangan dari banyak spot seperti gardu pandang, sangkar burung, hingga jelajah laut menggunakan perahu kayu yang disediakan di sini.

  • Alamat: Wonokoyo, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

 5. Pantai Putihan

* sumber: www.moodster.id

Pantai Putihan merupakan destinasi wisata yang terbilang masih baru dikenal jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Tulungagung. Sesuai dengan namanya, Pantai Putihan didominasi oleh pasir berwarna putih bersih, dan dilengkapi dengan tebing di tepi pantainya.

Meski masih terbilang baru, ada banyak hal seru yang bisa kamu dapatkan. Di Pantau Putihan kamu bisa camping bersama teman-teman. Jika kamu ingin camping dengan suasana yang tenang dan sepi, maka Pantai Putihan bisa kamu jadikan sebagai destinasi. Pagi harinya, kamu bisa menikmati pemandangan pantai bagaikan pantai pribadi.

  • Alamat: Area Pegunungan, Ngrejo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

6. Pantai Molang

* sumber: liburmulu.com

Pantai yang satu ini, memiliki ombak yang cukup besar di Tulungagung yaitu Pantai Molang. Karena ombaknya cukup besar, maka pengunjung tidak disarankan untuk berenang. Meski begitu, menikmati cantiknya Pantai Molang dari tepi pantai pun sudah lebih dari cukup, ditemani dengan suara deburan ombak yang memanjakan.

Pantai Molang bisa kamu akses dari Kabupaten Tulungagung maupun dari Kabupaten Blitar. Jalur yang dilalui menuju ke sini masih cukup sulit sehingga jika kamu terlalu lelah, maka tak ada salahnya mempersiapkan diri dengan membawa tenda apabila tertarik untuk camping di Pantai Molang.

  • Alamat: Area Perkebunan, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp2.000/orang

7. Pantai Kedung Tumpang

* sumber: backpackerjakarta.com

Pantai yang satu ini, mungkin sudah tidak asing didengar. Pantai Kedung Tumpang merupakan salah satu primadona di Tulungagung karena keunikannya. Berbeda dengan pantai lain yang dihiasi dengan pasir putih, Pantai Kedung Tumpang dihiasi oleh laguna di tepi pantai yang airnya berasal dari laut ketika sedang pasang.

Kalau di pantai lainnya, kamu tidak bisa bermain air, lain halnya dengan di Pantai Kedung Tumpang. Kamu bisa bermain air dan berenang di laguna atau kedung yang berarti kolam alami. Namun jika ingin berenang, disarankan pada saat air laut sedang surut karena lebih aman dan kamu tak akan disapa oleh ganasnya ombak.

  • Alamat: Area Perkebunan, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

8. Pantai Pacar

Pantai dengan nama unik ini terletak di desa yang sama dengan Pantai Molang, Kedung Tumpang, dan Lumbung. Pantai Pacar memiliki pasir berwarna kecokelatan yang dihiasi batu karang dari ukuran yang kecil hingga besar di tepi pantainya. Hal unik dari Pantai Pacar adalah adanya air terjun kecil setinggi 3 meter yang ada hanya saat musim hujan.

Sama halnya dengan pantai lain di Tulungagung, akses menuju Pantai Pacar pun terbilang sulit. Jalurnya sempit dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja. Selain itu, jalanan yang dilalui masih banyak yang rusak. Sesampainya di Pantai Pacar, kamu bisa mencoba bermain air laut dan mandi di air terjun mini tepi pantai.

  • Alamat: Area Perkebunan, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

9. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung menjadi salah satu pantai unik di Tulungagung. Diberi nama Lumbung, karena di sini terdapat Batu Lumbung yang tinggi menjulang di tepi pantainya. Jika dilihat dari depan, Batu Lumbung terlihat ramping, sedangkan jika dilihat dari pinggir terlihat lebar. Inilah yang membuat Pantai Lumbung banyak disukai pengunjung.

Sebelum bermain di Pantai Lumbung, kamu perlu melalui jalan setapak berbentuk tangga menurun yang cukup curam. Meski terdapat pegangan di kiri dan kanan, kamu perlu berhati-hati terutama jika datang pada musim hujan karena jalur akan lebih licin dan cukup berbahaya.

  • Alamat: Pucang Laban, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

10. Pantai Patuk Gebang

Ini adalah salah satu pantai tersembunyi di Tulungagung. Pantai Patuk Gebang namanya. Pantai cantik dan unik di Tulungagung ini cukup sulit untuk dijangkau. Kamu perlu hiking selama kurang lebih satu jam untuk bisa sampai ke pantai ini. Namun, setelah sampai di Pantai Patuk Gebang, kamu takkan menyesal sudah mengeluarkan tenaga.

Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang menawan. Saat air laut sedang pasang, dan ombak sedang besar, akan menabrak bukit karang di tepi pantai, sehingga membentuk air mancur alami. Pengunjung tidak disarankan untuk bermain air terlalu dekat dengan bibir pantai karena ombak akan datang secara tiba-tiba. Jadi tetap dalam batas aman, ya!

  • Alamat: Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

Itulah 10 pantai di Tulungagung yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi hari liburmu. Jalan-jalan di Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Tulungagung, ya!

Previous articleTaman Langit Bandung, Tiketnya Terjangkau untuk Menikmati Alam
Next articleDemo Tak Kunjung Surut, Pariwisata Hong Kong Lumpuh