Berbicara Kalimantan Barat, biasanya yang pertama terlintas adalah wisata kuliner di Pontianak, atau wisata budaya di Singkawang. Padahal, kawasan ini menyimpan banyak destinasi lain yang menanti untuk dieksplorasi.

Di pesisir barat, misalnya, ada sejumlah pulau mungil yang bisa dikunjungi untuk wisata bahari. Sebut saja Pulau Randayan yang secara administratif terletak di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, atau tepatnya di Laut Natuna di sebelah barat kota Singkawang.

Foto: Instagram @sitimustiani

Seluas sekitar 4,5 hektar, pulau ini memiliki hamparan pasir putih bersih dengan perairan jernih dan pepohonan hijau yang menjadi latarnya. Suasananya begitu sepi dan bagai pulau pribadi, sehingga kamu bakal betah berlama-lama bersantai di sini sembari menikmati pemandangan laut lepas.

Kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas lainnya, dari berpiknik hingga berjemur di hamparan pasirnya. Ombaknya yang tenang membuat perairannya juga cocok untuk berenang ataupun snorkeling untuk melihat alam bawah lautnya yang menawan.

Foto: Instagram @azraa.muhammad

Sementara batu-batu yang ada di bibir pantai bisa dimanfaatkan sebagai tempat memancing. Tanpa perlu waktu lama, kamu sudah bisa mendapatkan ikan segar yang bisa dimasak langsung di tepi pantai untuk pesta barbekyu.

Soal fasilitas, kamu tak perlu khawatir, karena dari toilet, kamar mandi, warung makan, gazebo, hingga penginapan bagi yang ingin bermalam tersedia di sini. Selain itu, ada pula penyewaan peralatan menyelam, snorkeling, dan aktivitas air lainnya, seperti banana boat dan jet ski.

Foto: Instagram @aldosatriaaa

Untuk mengakses pulau ini, kamu dapat menuju Teluk Suak terlebih dahulu. Dari pusat kota Pontianak, teluk tersebut bisa dicapai dengan berkendara selama tiga jam. Setibanya, kamu bisa menyewa speedboat untuk mencapai Pulau Randayan dengan tarif dua arah sekitar Rp150 ribu.

Opsi lainnya, kamu bisa menyewa kapal motor dari Pantai Pasir Panjang di Singkawang. Tarifnya bisa lebih murah, yakni di kisaran Rp30 ribu sampai Rp100 ribu untuk dua arah.

Foto: Instagram @danzindrayana

Kalau tak mau repot, kamu juga bisa menyewa jasa tur dengan tarif yang beragam, tergantung fasilitas yang dimasukkan ke dalam paket wisata. Amazing Borneo, misalnya, menawarkan tur seharga Rp539 ribu per orang dengan minimum keberangkatan 6 orang. Berdurasi dua hari satu malam, fasilitasnya sudah termasuk kapal pp Pantai Samudra Indah-Pulau Randayan, vila standar, tiket masuk pulau, makan 3 kali, alat snorkeling, pemandu, dan dokumentasi.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleRestoran di GH Universal Bernama Bell Vue yang Menjajikan Pengalaman Indah
Next articleAlun-alun Surya Kencana, Spot Camping Favorit Sebelum Summit Attack di Gunung Gede