Bulan Maret menandai dimulainya musim bunga sakura di seluruh Jepang. Pemandangan tersebut sangatlah cantik, dan sayangnya hanya bertahan selama sekitar seminggu atau lebih. Musim ini juga merupakan musim hujan berangin, di mana tak lama setelah bunga mekar, angin menciptakan karpet bunga yang indah di sepanjang jalur pohon.

Tak heran bila musim semi adalah musim terfavorit turis, di mana mereka dapat menikmati keindahan sakura sambil turut mengikuti tradisi o-hanami bersama warga setempat, yakni menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura.

Salah satu tempat terbaik di Jepang untuk menikmati keindahan sakura adalah di Prefektur Kanagawa. Selama musim semi, taman-taman di seluruh wilayah ini memamerkan panorama sakura yang mekar secara serentak dan rontok satu per satu pada saat yang hampir bersamaan. Tak perlu khawatir pula soal akses, karena bila berangkat dari Tokyo, Anda dapat naik kereta selama sekitar 90 menit saja untuk mencapai Yokohama, ibu kota Prefektur Kanagawa.

Berikut beberapa tempat terbaik untuk menyaksikan sakura di Prefektur Kanagawa.

  1. Taman Mitsuike

Taman ini memiliki 1.600 pohon sakura berjenis Kanzakura yang mekar lebih awal di bulan Februari, hingga jenis bunga Oyama yang baru mekar di bulan April. Bunga-bunga yang bervariasi dengan waktu mekar yang berbeda-beda membuat wisatawan lebih mudah menikmati bunga sakura yang hanya berumur tak sampai dua minggu ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke taman ini adalah pada pertengahan Februari hingga pertengahan April. Taman Mitsuike terletak di 1-1, Taman Mitsuike, Tsurumi-ku, Yokohama. Akses menuju tempat ini tidak sulit, Anda dapat turun di Stasiun Tsurumi di jalur JR Keihin Tohoku, kemudian naik bus kota ke Taman Mitsuike. Anda juga bisa turun di Mitsuike Kitamon dari Stasiun Shin-Yokohama atau Kajiyama lalu berjalan kaki selama tiga menit.

  • Kawasan Pejalan Kaki di Tepi Sungai Ooka

  • Bila biasanya bunga sakura dapat dinikmati di siang hari, lain halnya dengan bunga-bunga di tepi Sungai Ooka. Di tempat ini, Anda dapat menikmati keindahan 500 pohon sakura yang tersebar sejauh lima kilometer hingga malam hari. Sekitar 2.500 lentera tradisional Jepang atau bonbori dinyalakan untuk memberikan penerangan di tepi-tepi sungai. Perpaduan antara sinar lentera dan bunga-bunga sakura yang bermekaran pun menghasilkan suasana yang sangat romantis.

    Mulai dari 25 Maret hingga 12 April, Anda juga bisa menyusuri sungai dengan perahu khusus. Biaya penyewaan perahu ini dipatok dengan harga 2.500 yen. Dengan perahu, Anda dapat melihat indahnya ranting-ranting pohon penuh bunga-bunga sakura yang menjuntai dari sisi sungai. Tidak mengherankan bila tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat bunga sakura.

    Selain menikmati keindahan bunga sakura, Anda juga dapat mengikuti Ookagawa Sakura Festival mulai 4 hingga 6 April 2020 pukul 11:00 hingga 16:00. Di festival ini, Anda dapat menikmati live concert sambil mencicipi jajanan lokal yang dijual di sepanjang tepi sungai. Tempat ini dapat diakses dengan berjalan kaki selama tiga menit dari Stasiun Hinodecho atau Stasiun Koganecho di Keikyu Line.

  • Taman Kastel Odawara

  • Taman Kastel Odawara juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi selama musim bunga sakura dengan sekitar 300 pohon sakura jenis Someiyoshino yang menghampar di halaman Kastel Odawara. Anda juga dapat menikmati acara light up bunga sakura di Taman Kastel Odawara pada akhir Maret hingga awal April.

    Acara light up ini akan memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk menikmati sakura di malam hari, yakni mulai pukul 18:00 hingga 22:00. Kastel ini dapat diakses dengan berjalan kaki selama 10 menit dari Stasiun Odawara di jalur kereta JR/Odakyu.

  • Miyagino

  • Di Miyagino, Hakone, Anda dapat menjumpai sekitar 120 pohon sakura yang berjajar sejauh 600 meter di tepi Sungai Hayakawa. Pengunjung dapat menikmati¬†keindahannya hingga pukul 21:00 berkat lampu-lampu yang menghiasi pohon. Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke Taman Gora yang dapat ditempuh dengan naik taksi selama lima menit. Di Taman Gora, Anda akan bisa menikmati lebih banyak lagi bunga-bunga sakura.

    Waktu terbaik untuk menikmati bunga sakura di Miyagino adalah di awal hingga pertengahan April. Miyagino dapat diakses dengan menggunakan kereta JR dan turun di Stasiun Odawara kemudian dilanjutkan dengan naik bus Hakone Tozan. Selanjutnya, Anda dapat turun di Miyagino Eigyosho-mae dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

  • Taman Kinugasayama

  • Tempat lain yang tidak kalah populer di kalangan pencinta bunga sakura adalah Taman Kinugasayama. Ada sekitar 2.000 bunga sakura yang berjajar rapi di sepanjang jalan, selain digelar pula Festival Bunga Sakura mulai 26 Maret hingga 6 April 2020. Di festival ini, Anda dapat ikut piknik di bawah keindahan bunga-bunga sakura, selain berjalan menyusuri Taman Kinugasayama hingga ke puncak tertingginya untuk menikmati pemandangan Gunung Fuji dan Yokohama Landmark Tower.

    Taman ini bisa diakses dengan turun di Stasiun Yokosuka-chuo (Keihin Express Line), lalu naik Bus Keihin Express Misakiguchi atau Nagai, dan berjalan selama 10 menit ke Taman Kinugasayama. Anda juga bisa naik kereta JR dan turun di Stasiun Kinugasa, kemudian berjalan kaki selama 20 menit.

    Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

    Previous article10 Makanan Khas Situbondo yang Lezat dan Menggugah Selera
    Next articleCara Pesan Menu di Sushi Tei & Tips Makan Sushi yang Benar