Ketika berkunjung ke suatu wilayah, mencari oleh-oleh yang khas sepertinya sudah menjadi suatu kegiatan wajib. Di Taiwan, ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa Anda bawakan untuk keluarga maupun teman. Yuk, cari tahu enam oleh-oleh paling populer di Taiwan!

  1. Kue Nanas

Pilihan kue khas Taiwan sebenarnya ada banyak, namun kue nanas tetap menempati peringkat pertama oleh-oleh favorit wisatawan. Kue nanas Taiwan ini biasanya berbentuk biskut kotak dengan selai nanas melimpah di dalamnya. Berbeda dari kue nastar, kue nanas Taiwan tidak memiliki rasa yang terlalu manis. Kue nanas juga sudah dibungkus dalam plastik kedap udara sehingga aman untuk dijadikan oleh-oleh. Kue yang satu ini bisa ditemukan dengan mudah di mana-mana, salah satunya di supermarket.

  • Teh Hijau Oolong

  • Para pecinta teh pasti senang diberi oleh-oleh teh hijau oolong khas Taiwan. Teh herbal ini dibuat dari daun teh bernama ilmiah Camellia sinensis. Dalam proses pembuatannya, daun teh dibuat layu terlebih dahulu baru kemudian dijemur. Teh hijau oolong sendiri terdiri atas beberapa jenis teh. Ada Bai Hao Oolong Tea dengan warna oranye kemerahan dan beraroma madu serta buah-buahan, ada juga Dong Ding Oolong Tea dengan warna air teh yang mengilap. Tempat terbaik untuk menemukan teh hijau oolong ada di Wang Tea dan Wang De Chuan Tea House. Namun, teh hijau ini juga cukup mudah ditemukan di supermarket.

  • Mini Sky Lantern

  • Salah satu festival paling populer di Taiwan adalah Pingxi Lantern Festival yang biasa diadakan pada bulan Februari. Festival ini kemudian menginspirasi warga setempat untuk menciptakan oleh-oleh berupa lentera kertas mini. Miniatur lentera ini memiliki beberapa pilihan warna, mulai dari warna merah, oranye, kuning, biru, dan masih banyak lagi. Warna-warna ini merepresentasikan harapan yang ingin mereka capai, misalnya warna merah untuk rezeki yang baik, biru untuk harapan, dan kuning untuk kesuksesan.

    Lentera-lentera kecil ini biasanya dibungkus dalam kotak atau tabung mika sehingga nampak cantik ketika dipajang. Kotak plastik ini juga akan memudahkan Anda ketika membawanya pulang dari Taiwan. Anda dapat membeli miniatur lentera ini di Ningxia Night Market.

  • Nougat

  • Untuk para penyuka camilan manis, Anda dapat memberikan oleh-oleh nougat yang terbuat dari campuran madu, gula, dan kacang. Teksturnya cukup padat dan lengket, dan seringnya meninggalkan bekas di gigi ketika dikunyah, sehingga biasanya juga dijual dalam potongan kecil agar lebih mudah dimakan. Saat ini, variasi rasa nougat juga sudah bermacam-macam, mulai dari orisinal, cokelat, kacang merah, hingga taro. Nougat bisa Anda temukan di supermarket atau tempat perbelanjaan lainnya. Salah satu merek nougat populer di Taiwan adalah Sugar & Spice.

  • Payung Kertas

  • Opsi lainnya untuk oleh-oleh unik adalah payung kertas warna-warni khas Taiwan. Payung cantik ini dibuat dari kerangka bambu yang rumit dan dilapisi kertas tembus cahaya. Permukaan kertas ini dihiasi oleh perpaduan cat warna-warni yang membentuk gambar-gambar indah di atasnya. Tidak heran jika payung kertas sering digunakan sebagai dekorasi rumah. Payung kertas khas Taiwan dapat Anda temukan di Huaxi Street Night Market, Taipei atau di Meinong Prosperity Paper Umbrella Store, Meinong.

  • Teh Susu Chun Cui He

  • Teh susu merek Chun Cui He ini memiliki kemasan yang lucu dan menyerupai botol sampo sehingga banyak dijadikan oleh-oleh. Warnanya juga bermacam-macam mengikuti pilihan rasa yang ditawarkannya. Tidak sedikit orang yang berburu dari satu supermarket ke supermarket lainnya demi melengkapi koleksi botol Chun Cui He.

    Beberapa rasa yang ditawarkan teh susu Chun Cui He ini adalah rose milk tea, honey rose milk tea, cocoa milk tea, dan rasa-rasa tradisional seperti green milk tea dan earl grey milk tea. Ada juga pilihan rasa kopi seperti latte, white coffee, café au lait, dan matcha latte. Chun Cui He bisa Anda temukan mulai dari warung-warung kecil hingga supermarket besar. Namun bila Anda ingin mendapatkan rasa serta botol yang bervariasi, Anda sebaiknya langsung datang ke supermarket.

    Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

     

     

    Previous article5+ Cafe di Ngawi yang Hits, Wajib Dikunjungi!
    Next articleGantarvelocity Your 5K Personal Best Challenge, Tantang Peserta Tingkatkan Waktu Lari