Malang Trail Runners akan kembali menggelar ajang balap lari ke puncak gunung yang bertajuk Mantra Skyrace 2022. Bekerja sama dengan Siksorogo Solo dan Altitude Runner Bali, total ada empat seri yang ditawarkan, dari Gunung Welirang, Lawu, Agung, hingga Penanggungan sebagai seri final.

Di seri pertamanya yang diadakan di Gunung Welirang pada Minggu, 11 September, acara akan dimulai pukul 06:00 di Pemandian Air Panas Cangar yang berada di ketinggian 1.600 mdpl. Peserta kemudian finis di puncak Welirang di ketinggian 3.156 mdpl.

Total jarak tempuhnya adalah 12,2 km dengan total elevasi 1.630 meter. Sementara batas waktu untuk menyelesaikan tantangan ini adalah 2 jam 45 menit. Dengan elevasi yang tinggi dan waktu yang menantang, race ini memang tidak dirancang untuk pemula, meski mereka tetap diperbolehkan untuk mencobanya.

Setiap finisher akan mengambil bendera finisher di puncak Welirang sesuai urutan finis. Kalaupun ada pelari yang melebihi batas waktu, mereka tetap wajib masuk garis finis di puncak.

Inagurasi pemenang akan dilakukan di puncak, dengan podium diambil dari tiga pemenang pria dan tiga pemenang wanita. Setelah itu, seluruh peserta dapat kembali turun ke titik start.

Patut diingat bahwa di sepanjang jalur race ini tidak disediakan water station. Karena itu, masing-masing peserta wajib membawa air minum sendiri minimal satu liter. Selain itu, peserta wajib membawa jaket, sarung tangan, maupun selimut darurat. Penggunaan trekking pole tidak diperbolehkan.

Seri-seri selanjutnya akan digelar di Gunung Lawu pada Oktober, Gunung Agung pada November, dan Gunung Penanggungan pada Januari 2023.

Mantra Skyrace 2022 akan menggunakan sistem poin per seri, berdasarkan rasio elevasi dengan jarak tempuh. Gunung Penanggungan sebagai seri final akan menjadi laga puncak bagi 30 peserta dengan poin tertinggi di tiga seri sebelumnya.

Sementara itu, HOKA Indonesia sebagai partner resmi Mantra Skyrace 2022 akan menyediakan hadiah menarik di setiap serinya, mulai dari merchandise hingga voucer belanja, selain menawarkan trail shoes trial saat lomba berlangsung.

Bila tertarik mengikuti acara ini, kamu bisa langsung mendaftarkan diri di laman ini paling lambat 5 September 2022. Biaya registrasi Rp350 ribu, sudah termasuk T-shirt eksklusif, voucer belanja dari HOKA Indonesia, finisher flag untuk semua finisher, dan tiket masuk Tahura Raden Soerjo.

Teks: Melinda Yuliani

Previous article10 Oleh-Oleh Khas Malang yang Paling Unik dan Menarik
Next articlePerjalanan Darat, Kunci Singkap Pesona Australia Barat