Kabupaten Tabanan tak hanya terkenal dengan Tanah Lot yang ikonik ataupun Gunung Batukaru yang merupakan puncak tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung. Masih banyak destinasi lain yang menarik untuk dieksplorasi, terutama bagi para pegiat olahraga.

Sebut saja Soka Bike Park buat kamu penyuka gowes. Tempat bermain sepeda ini terletak di kaki Gunung Batukaru, tepatnya di Desa Soka, Kecamatan Penebel. Dari Tanah Lot, jaraknya sekitar 40 km dan dapat ditempuh dengan satu jam berkendara.

Foto: Instagram @suprayana714

Bike park ini menyediakan empat jalur sepeda dengan panjang bervariasi, masing-masing berkisar antara 2,3 hingga 2,5 km. Semua jalurnya berupa single track melalui hutan yang rimbun. Rintangannya beragam, dari jalur berbatu dan berpasir maupun yang dirambati akar, selain beberapa drop off.

Buat kamu yang tertarik bersepeda di sini, bisa mengikuti tur dari Infinity Mountain Biking. Operator ini sudah bekerja sama dengan Soka Bike Park sejak 2020 untuk menyuguhkan rute sepeda yang seru bagi pegowes. Selain itu, pihaknya juga bermitra dengan komunitas lokal untuk memelihara jalur sepeda tersebut setiap harinya.

Foto: Instagram @suprayana714

Tur sepeda ini dimulai pukul 07:00 dengan penjemputan dari akomodasi masing-masing. Biayanya tergantung jumlah peserta, yakni mulai Rp650 ribu per orang untuk minimal keberangkatan 3 orang, sudah termasuk sewa sepeda.

Sementara yang membawa sepeda sendiri bisa menikmati harga yang lebih murah, yakni Rp300 ribu per orang. Syaratnya, jumlah pesertanya minimal empat orang.

Foto: Instagram @roamthe_island

Biaya di atas sudah termasuk penjemputan dari hotel di wilayah Seminyak, Kuta, Canggu, Sanur, dan Legian. Di luar wilayah itu, peserta tur bisa membayar biaya tambahan untuk antar jemput.

Kalau ingin sekalian makan siang, pemandu bisa mengantarkan ke restoran lokal di Jatiluwih yang bisa diakses dengan 15 menit berkendara. Opsi lainnya, kamu bisa meminta pihak tur untuk menyediakan makanan untuk disantap langsung di bike park. Sekitar pukul 14:00-15:00, tur berakhir dan peserta akan diantarkan kembali ke akomodasi masing-masing. Info lebih lanjut, hubungi WhatsApp 082247031111 atau kunjungi laman ini.

Teks: Melinda Yuliani

Previous article51 Tempat Wisata di Nias Utara Paling Fotogenik
Next article36 Tempat Wisata di Kota Bandung yang Wajib Dikunjungi