Taman Flora Bratang merupakan salah satu taman kota di Surabaya yang baru dibuka kembali sejak April lalu setelah sebelumnya ditutup karena pandemi. Pembukaan taman ini tentunya menjadi kabar baik bagi warga setempat yang sudah kangen refreshing di tempat yang asri.

Menempati lahan seluas 2,4 hektar, taman ini memang menawarkan suasana yang sejuk nan rindang berkat keberadaan berbagai macam jenis pohon dan tanaman yang tumbuh di sini. Jalur pejalan kakinya teduh dan terawat dengan baik, sehingga tak jarang para pengunjung memanfaatkannya sebagai trek lari untuk berolahraga.

Foto: Instagram @valensiaamelia

Uniknya lagi, taman ini tak hanya terkenal akan berbagai jenis floranya, namun juga memiliki beragam fauna di dalamnya, sehingga berkunjung ke sini bagai bertandang ke kebun binatang mini. Salah satu jenis hewan yang paling populer di sini adalah rusa.

Rusa-rusa tersebut ditempatkan dalam kandang yang cukup luas. Selain melihat tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, pengunjung bisa ikut memberi makan rusa dengan membeli pakan yang dijual di sana.

Foto: Dok. Google Maps/Caladosyafianwar Anwar

Tak hanya rusa, taman ini juga merupakan rumah bagi berbagai jenis burung. Mulai dari kakak tua, merak, kasuari, hingga kalkun, semua bisa kamu jumpai di dalam kandang burung raksasa. Ada pula kolam ikan yang teduh, dengan tepiannya yang biasa digunakan untuk bersantai sembari menghirup udara taman yang sejuk.

Seperti taman kota pada umumnya, berbagai fasilitas penunjang telah disiapkan untuk membuat pengunjungnya merasa betah dan nyaman selagi berwisata ataupun berolahraga di Taman Flora Bratang. Sebut saja wahana bermain anak, arena outbound, perpustakaan mini, hingga tempat makan.

Foto: Dok. Google Maps/Yamin Nathaniel

Tiket masuknya gratis, pengunjung cukup membayar biaya parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Pengunjung yang masuk ke taman ini wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak, dan tidak membuat kerumunan.

Jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas taman. Jam berkunjung untuk sementara ini hanya mulai pukul 06:00 hingga 11 setiap harinya. Selain itu, di hari Rabu dan Sabtu ditambahkan jam kunjungan mulai pukul 15:00 hingga 17:00. ­­

Taman Flora Bratang terletak di Jalan Bratang Binangun, Baratajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Lokasinya tak jauh dari pusat kota. Kalau dari kawasan Kota Tua Surabaya, taman ini bisa dicapai dengan berkendara selama sekitar setengah jam.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleBerani Cicipi 6 Kuliner Ekstrim Asal Korea Selatan Ini?
Next article12 Jajanan Halal di Minimarket Korea untuk Teman Muslim