Jakarta dikenal sebagai kota yang padat penduduk dan sumpek. Sangat sulit untuk menemukan area hijau seperti taman-taman kota di negara lain. Meskipun demikian, ternyata kota ini berusaha untuk menyediakan ruang terbuka hijau bagi penduduknya walaupun tamannya tak terlalu besar.

Beberapa daerah di Jakarta memiliki taman hijau untuk dinikmati masyarakatnya, seperti taman di Jakarta Timur. Beberapa taman ini berada di sekitar hunian penduduk sehingga tempat ini bisa digunakan oleh warga sekitar untuk bersantai atau juga berolahraga. Berita bagusnya, semua taman tersebut tidak memungut tiket masuk alias gratis.

Penasaran dimana saja taman di Jakarta Timur yang bisa kamu kunjungi? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Taman di Jakarta Selatan, Liburan Murah Meriah

1. Taman Bambu Jakarta Timur

  • Alamat: Jl. Rawa Binong Blok Jacky No.60, Bambu Apus, Kec. Cipayung, Jakarta Timur
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: gratis

Taman ini pengelolanya adalah Dinas Pertamanan & Hutan DKI Jakarta. Luas taman ini sekitar 2.93 hektar. Lokasi taman ini berada di Jl. Rw. Binong Blok Jacky, No.60, di Jakarta Timur.

Taman ini tak memungut tiket masuk, tapi kalau kamu membawa kendaraan, ada biaya parkir sebesar Rp2.000. Jadi, taman di Jakarta Timur ini cocok untuk kamu yang perlu refreshing tapi kebetulan dompet lagi tipis.

Taman Bambu mempunyai beberapa fasilitas, seperti terdapat waduk buatan, lapangan bermain bola dan bulu tangkis yang bisa digunakan anak-anak serta orang dewasa, pepohonan tinggi untuk berteduh, sejumlah gazebo untuk beristirahat, track jogging sampai wahana bermain anak.

Enaknya mengunjungi taman ini saat sore hari karena sinar matahari tidak terik. Pastikan juga cuaca tidak mendung karena kalau hujan, tempat berteduh di sini terbatas.

Sayangnya, untuk menuju tempat ini tak bisa menggunakan kendaraan umum karena tidak ada yang lewat ke tempat ini. Jadi, kamu harus menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan online.

2. Taman PPA

  • Alamat: Jl. P.P.A Blok Paitem No.31, RT.5/RW.1, Bambu Apus, Kec. Cipayung, Jakarta Timur
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: gratis

Taman PPA terletak di dalam sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH), jadi tak hanya jadi taman lingkungan, tapi juga bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat di daerah sekitar taman untuk berekreasi.

Karena pemanfaatannya untuk masyarakat, maka di sini bisa ditemui beberapa fasilitas untuk menunjang aktivitas masyarakat, seperti lapangan basket dan outdoor fitness.

Di lokasi taman di Jakarta Timur ini juga terdapat area resapan air yang berupa danau buatan yang berfungsi untuk menampung air. Selain itu, danau ini juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman di taman tersebut.

3. Taman Piknik

  • Alamat: Jl. Manunggal II, Cipinang Melayu, Kec. Makasar, Jakarta Timur
  • Jam buka: 06.00 – 17.00
  • HTM: gratis

Taman Piknik memiliki luas sekitar 1 hektar dan lokasinya berada di Jl. Manunggal II, daerah Cipinang Melayu. Pembukaan taman di Jakarta Timur ini adalah untuk menyediakan tempat rekreasi bagi warga sekitar.

Letak taman ini di dekat pemukiman warga dan jaraknya dari Jl. Raya Kalimalang sekitar 1 kilometer. Saat memasuki taman ini akan terasa suasana yang asri karena di sini banyak tanaman.

Terdapat tangga yang bisa digunakan untuk menuju taman utama. Di bawah tangga terdapat sebuah kolam. Selain itu, di sini juga terdapat pohon tabebuya. Di taman ini disediakan tempat duduk berbahan beton, jadi pengunjung tidak akan kesulitan mencari tempat untuk duduk.

Kebanyakan pengunjung datang ke taman ini membawa keluarga. Taman ini sudah memiliki area bermain anak, tapi permainannya yang masih belum banyak.

4. Taman Flamboyan

  • Alamat: Jl. Raya Cilangkap, RT 2/RW 5, Cilangkap, Kec. Cipayung, Jakarta Timur
  • Jam buka: 05.30 – 19.00
  • HTM: gratis

Berlokasi di Jl. Raya Cilangkap, Taman flamboyan ini merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan untuk aktivitas luar ruang bagi masyarakat Cilangkap.

Masyarakat di sekitarnya bisa menggunakan taman ini untuk aktivitas olahraga karena di sini tersedia fasilitas berupa alat gym sederhana yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Taman flamboyan terlihat sangat asri karena di sini terdapat pepohonan yang menghiasi jalan setapak. Untuk yang senang berfoto juga bisa berkunjung ke taman ini karena pemandangannya yang bagus untuk berswafoto.

Taman ini juga dilengkapi fasilitas seperti tong sampah agar pengunjung tidak kesusahan saat membuang sampah. Untuk yang bingung mau menghabiskan weekend dimana, bisa coba datang ke taman di Jakarta Timur ini. Kamu bisa datang bersama teman-temanmu untuk berfoto atau olahraga.

5. Taman Apung

  • Alamat: Jakarta Est 3, RT 3/RW 7, Klp. Dua Wetan, Kec. Ciracas, Jakarta Timur
  • Jam buka: 06.00 – 17.00
  • HTM: gratis

Taman Apung yang terletak di Ciracas, Jakarta Timur, ini adalah salah satu taman yang bisa dikunjungi untuk sekedar rehat dari kesibukan. Taman ini adalah hasil kolaborasi antara pemerintah DKI Jakarta dengan warga sekitar.

Dalam pembuatan taman ini, warga sekitar ikut terlibat secara langsung agar taman ini bisa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat yang akan jadi penggunanya.

Keberadaan taman ini merupakan gagasan dari Pemprov DKI Jakarta sebagai usaha untuk menghadirkan Ruang Terbuka Hijau di Jakarta.

Suasana di taman ini cukup asyik dengan adanya kolam yang cukup luas berisi ikan-ikan. Taman di Jakarta Timur ini cocok untuk dikunjungi untuk jalan sore-sore bersama keluarga.

Kolam yang ada di taman ini cukup bersih dan dihiasi dengan bunga teratai sehingga semakin indah. Pohon di taman ini masih kecil-kecil jadi saat siang cukup panas. Jadi waktu terbaik untuk datang ke taman ini adalah pagi atau sore hari.

6. Taman Waduk Ria Rio

  • Alamat: Jl. Pulo Mas Utara Blok E Nomor 01, RT 07/ RW 15, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur
  • Jam buka: 06.00-19.00
  • HTM: gratis

Di daerah Pulo Gadung, Taman Waduk Ria Rio ini merupakan RTH pertama yang dibangun oleh Pemprov Jakarta. Taman di Jakarta Timur ini merupakan salah satu objek wisata yang diresmikan oleh Pak Jokowi saat masih jadi Gubernur DKI Jakarta.

Para pengunjung taman ini mengatakan kalau Taman Waduk Ria Rio adalah salah satu RTH terbaik yang berada di tengah kota dan mudah sekali untuk dijangkau.

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, seperti area bermain anak serta jogging track untuk berolahraga. RTH ini juga memiliki panorama yang sedap dipandang mata.

7. Taman RPTRA Bambu Petung

  • Alamat: Jl. Bambu Petung 1, RT 5/ RW 5, Setu, Kec. Cipayung, Jakarta Timur
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • HTM: gratis

Lokasi taman di Jakarta ini berada di Jalan Bambu Petung. Ini adalah RTH yang dibangun di area pemukiman penduduk. Tak jarang masyarakat di sini menggunakan taman ini sebagai arena untuk hunting foto.

Di sini tersedia lapangan yang bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Mereka bisa bermain bola di taman ini. Ada juga sebuah gazebo yang bisa digunakan untuk rehat sejenak.

8. Taman Menteng Utama

  • Alamat: Jl. Menteng Niaga No.1, RT 1/RW 8, Ujung Menteng, Kec. Cakung, Jakarta Timur
  • Jam buka: 06.00 – 21.00
  • Telepon: 0812 3239 8282
  • HTM: gratis

RTH yang berada di daerah Perumahan Metland Menteng Ujung ini merupakan salah satu lokasi alternatif untuk berekreasi di Jakarta Timur. Di sini pengunjung bisa melakukan aktivitas outdoor seperti olahraga.

Taman ini juga cocok dijadikan tempat untuk kumpul bareng teman-teman. Oh iya, di taman di Jakarta Timur ini juga terdapat tempat ibadah dan mini market.

9. Taman Cornel Simanjuntak

  • Alamat: Jl. Cipinang Cempedak I No.3, RT 11/RW 3, Cipinang Cempedak, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: gratis

Luas taman ini sekitar 400 meter persegi. Di sini terdapat fasilitas seperti lapangan basket juga sebuah pendopo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Mungkin karena itulah, taman ini terlihat luas.

Meskipun tak setenar Taman Waduk Ria Rio, taman yang berada di Jl. Cipinang Cempedak I No. 3 ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk berekreasi maupun olahraga.

Pepohonan dan tumbuhan di taman ini membuat suasana jadi asri dan tenang. Selain itu, taman ini juga jauh dari polusi udara sehingga aman jika datang ke sini untuk berolahraga atau berjalan santai bersama anak-anak.

10. Taman Rusa Bintik Putih Brigif

  • Alamat: Jl. Nusantara No.19, Cijantung, Pasar Rebo, Kalisari, Jakarta Timur
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • HTM: gratis

Untuk melihat rusa, tak perlu ke Bogor. Kamu cukup datang ke Taman Rusa Bintik Putih Brigif. Taman di Jakarta Timur ini kerap kali dikunjungi oleh warga yang berasal dari Cijantung, Depok, dan sekitarnya.

Taman ini diminati oleh orang tua karena mereka bisa memberikan hiburan murah-meriah bagi anak mereka. Anak-anak bisa melihat rusa yang berkeliaran di dalam kandang.

Ternyata, rusa-rusa yang ada di tempat ini adalah hibah dari Istana Bogor yang dilakukan pada tahun 2009. Awalnya rusa-rusa ini berjumlah 5 ekor, tapi kini sudah berkembang biak dan jumlahnya jadi 50 ekor lebih.

Pengunjung bisa memberikan pakan untuk rusa-rusa ini, tapi pakannya tak boleh sembarangan. Di sini tersedia pakan khusus yang bisa dibeli oleh pengunjung. Mengapa disediakan khusus? Itu supaya mutu pakannya terjaga, jadi para rusa tidak akan sakit perut.

Berekreasi tak selalu harus mengunjungi tempat yang mahal. Kamu bisa berkunjung ke 10 taman di Jakarta Timur ini jika ingin melepas penat atau berolahraga. Asyiknya lagi, taman-taman ini gratis jadi cocok untuk dikunjungi saat keuangan lagi seret.

Kamu bisa datang ke sini bersama teman-temanmu untuk berolahraga bersama atau sekedar berfoto-foto. Bagaimana? Tertarik untuk berekreasi ke taman di Jakarta Timur?

Previous articleYuk, Cobain 10 Makanan Khas Banjarmasin yang Mantap Ini!
Next article10 Hotel Romantis di Jakarta yang Cocok untuk Honeymoon