Sebenarnya untuk bisa menikmati suasana berbeda dari biasanya, tidak perlu jauh-jauh keluar kota. Apalagi bila mencari tempat wisata yang ramah anak dan keluarga. Kawasan Cibubur menawarkan banyak pilihan untuk hal tersebut.

Kalau kamu tidak percaya, bisa melihat 10 tempat wisata di Cibubur yang ramah anak dan keluarga versi Keluyuran di bawah ini. Mulai dari wisata air, wisata piknik, sampai wisata tematik. Semua hadir di kawasan Cibubur.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Sangat Seru

1. Taman Bunga Wiladatika

  • Alamat: Jalan Jambore Nomor 1, Cibubur, Cimanggis.
  • Telepon: 021- 8731859
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-16.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang

Tempat wisata di Cibubur yang pertama kali kamu bisa kunjungi adalah Taman Wiladatika Cibubur. Taman Wiladatika merupakan singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka.

Taman ini menawarkan tempat untuk piknik bersama keluarga. Dulunya, sempat ada banyak bunga ditanam di sini. Kini, masih ada tapi tidak sebanyak dulu. Lebih banyak kawasan rumput luas untuk lari-lari atau piknik bersama keluarga.

Lokasinya berseberangan persis dengan Cibubur Junction. Di sini, kamu bisa menikmati air mancur yang ikonik. Di bagian belakang, terdapat tempat bermain anak berupa kereta keliling, bom bom car, rumah kelinci, sampai kincir. Untuk orang dewasa, ada arena paintball yang bisa dimainkan.

Kemudian ada permainan manual seperti perosotan dan ayunan. Ada pedagang yang menjajakan balon sabun yang bisa dimainkan di sana. Area yang luas tak akan membuat kamu khawatir akan si kecil lari-larian dan bertabrakan dengan banyak orang.

Tak hanya itu, Taman Wiladatika juga menyediakan kolam renang dengan tiket masuk lagi sebesar Rp25.000 per orang. Ada kios tempat makan bila kamu lapar dan tidak membawa makan untuk piknik atau sehabis berenang.

2. Buperta Cibubur

  • Alamat: Jalan Flora Indonesia, Nomor 5, Cibubur, Ciracas.
  • Jam operasional: Setiap hari 24 jam
  • Harga tiket masuk: Rp20.000

Kurang afdhol rasanya bila membicarakan tempat wisata di Cibubur tidak memasukan Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata atau disingkat dengan Buperta.

Sejatinya, Buperta adalah tempat perkemahan luas yang biasa didatangi oleh anak sekolah untuk acara sekolah. Namun, kamu tetap bisa berkunjung ke sini bersama keluarga untuk berkemah di dalam kota. Fasilitas seperti kamar mandi pun disediakan di sini.

Kalau tidak memiliki tenda, pengelola menyediakannya dengan harga sewa mulai dari Rp50.000. Tak ingin berkemah? Tenang saja, ada wisma atau penginapan nyaman untuk ditempati bersama keluarga.

Selain berkemah, kamu dan keluarga bisa menikmati berbagai wahana lain yang disediakan pengelola seperti permainan air danau, pemancingan, bermain sepak bola, sampai tempat makan. Sekarang, kawasan ini juga memiliki hutan pinus, lho. Menarik, bukan?

3. Kampung Cina

  • Alamat: Jalan Boulevard Kota Wisata Cibubur, Ciangsana, Gunung Putri.
  • Jam operasional: Setiap hari 08.00-18.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Gratis

Bila kamu mencari tempat wisata di Cibubur yang tematik bisa mendatangi perumahan Kota Wisata. Di sana terdapat Kampung Cina, tempat wisata dengan tema negeri tirai bambu, lengkap dengan sejarahnya.

Di Kampung Cina, kamu bisa melihat suasana yang dibuat mirip dengan negara asalnya. Kemudian, berbelanja barang-barang otentik negara tersebut sampai berfoto di bangunan dengan spot instagramable, wahana permainan, sampai restoran.

4. Kampung Jepang

  • Alamat: Jalan Boulevard Kota Wisata Cibubur, Ciangsana, Gunung Putri.
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-18.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Gratis

Selain Kampung Cina, Cibubur juga memiliki tempat wisata tematik lain bernama Kampung Jepang. Kampung Jepang memiliki suasana khas Negeri Matahari Terbit saat musim panas. Di bagian tengah terdapat pemandian umum dengan nuansa alam.

Selain itu, dijual suvenir berupa topeng kitsune, makanan Jepang seperti takoyaki, udon, ramen, sushi, sate gurita, mochi, dan banyak lagi.

Menariknya, ada tempat main akan seperti perosotan, jaring laba-laba, ayunan, jungkat-jungkit, dan sebagainya. Orang tua bisa menunggu anaknya bermain di tempat duduk di bawah pohon sakura.

5. Cibubur Garden Dairy

  • Alamat: Jalan Peternakan Raya Nomor 1, Pondok Ranggon, Cipayung.
  • Telepon: 0812 9521 253
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: mulai dari Rp20.000

Kawasan Cibubur juga memiliki tempat wisata edukatif untuk anak-anak. Namanya adalah Cibubur Garden Dairy atau Cibugary. Awalnya, tempat ini adalah peternakan untuk memerah sapi dan kambing. Kemudian, pemiliknya mengembangkan tempat ini menjadi agrowisata.

Di sini, kamu dan anak-anak bisa belajar pembuatan susu, mulai dari memerah sampai memroses menjadi susu siap minum. Untuk bisa menikmati aktivitas menarik sekaligus edukatif perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp20.000.

Kalau ingin yang lebih lengkap, bisa memilih paket Rp 100.000 per orang. Ini termasuk dengan memberi makan ternak, pembuatan susu, memerah susu, sampai goodie bag khas Cibugary. 

6. Eldorado Waterpark

  • Alamat: Kompleks Legenda Wisata, Jalan Alternatif Transyogi, Gunung Putri, Nagrak.
  • Telepon: 021-8232121
  • Jam operasional: Sabtu dan Minggu, 09.00-17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: mulai dari Rp45.000 per orang

Mencari tempat berenang di Cibubur? Ada! Kunjungi perumahan Legenda Wisata. Di sana terdapat Eldorado Waterpark yang memiliki banyak wahana permainan air menyenangkan. Mulai dari seluncuran air, goa, ember tumpah, kolam air, ranjau air, lingkaran air, sampai jamur air.

Tema yang diusung Eldorado Waterpark adalah legenda jadi kamu akan menemukan suasana seperti di negeri dongeng, lengkap dengan patung hewan menarik. Di dalamnya juga ada food court untuk mengisi perut yang lapar setelah berenang.

7. Kampoeng Maen Cibubur

  • Alamat: Kompleks Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.
  • Telepon: 021-3901575
  • Jam operasional: Setiap hari, 09.00-17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: mulai dari Rp60.000

Kampoeng Maen Cibubur menjadi tempat wisata di Cibubur yang tepat untuk mengajak anak beraktivitas fisik di luar rumah. Tak hanya beraktivitas fisik tetapi juga ada edukasi yang bisa tersampaikan saat berkunjung ke sini. Menariknya, hanya anak saja yang dikenakan biaya untuk beberapa paket permainan.

Beberapa paket permainan yang bisa diambil mulai dari Kampoeng Petualang (mini wall climbing, benteng repot, crazy web, flying fox), Kampoeng Larya (kreasi kantong kertas, layang-layang, caping, tepung, PIN, aksesoris), Kampoeng Rasa (membuat cokelat, kue pelangi, kue putu, mie, milkshake), serta Kampoeng Permainan.

Namun, sebelum datang ke sini, lebih baik telepon dulu pihak pengelola. Ini karena untuk Senin sampai Jumat harus ada perjanjian lebih dulu dengan minimum 10 orang. Sedangkan Sabtu-Minggu diperuntukan pengunjung umum perorangan.

8. Taman Lebah

  • Alamat: Jalan Buperta Nomor 1, Cibubur, Cipayung.
  • Jam operasional: Senin-Jumat, 08.00-16.00 WIB, Sabtu 08.00-13.00 WIB, Minggu 08.00-16.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp5.000 per orang

Ada satu tempat menarik untuk anak-anak bermain sambil belajar di kawasan Cibubur yaitu Taman Lebah. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Cibubur ini menceritakan tentang lebah, mulai dari daur hidup, madu, sampai area bermain yang dihiasi dengan patung lebah.

Kamu bisa melihat bagaimana lebah hidup, menghasilkan madu, sampai mengambil madu dengan cara aman. Ada pemandu yang bisa membantu kamu dan keluarga memahami kehidupan hewan satu ini. Tentu saja, saat masuk kamu akan menemukan banyak kandang lebah bertebaran di kawasan ini.

Puas mendengarkan ilmu yang ditransfer dari pemandu, si kecil bisa bermain ayunan di tempat yang disediakan, berlari, atau bahkan beristirahat di gazebo yang disediakan.

9. Telaga Arwana

  • Alamat: Jalan Jambore, Pondok Rangon, Harjamukti.
  • Telepon: 021 84312978
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp10.000

Bila dilihat dari nama, Telaga Arwana identik dengan nama pemancingan. Padahal tempat wisata di Cibubur satu ini lebih dari itu. Ada banyak wahana seru yang bisa dinikmati anak-anak atau satu keluarga. Telaga Arwana memiliki area outbond, kolam renang, permainan ATV, menangkap ikan, flying fox, sampai memancing.

Semua alat sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Kamu hanya bawa diri, anak-anak, dan seluruh anggota keluarga saja. Tak lupa, bawa pakaian ganti, makanan, dan minuman. Kalau lapar pun tenang saja karena ada rumah makan saung di dalam area yang bisa memuaskan rasa lapar sekaligus dahaga.

Setelah puas bermain, sempatkan melihat koleksi arwana di sini. Kalau ingin membeli arwana pun bisa. Siapkan uang mulai dari Rp200.000 untuk membeli satu ekor arwana. Ingat, setiap jenis dan warna arwana dibanderol dengan harga beragam. Bahkan ada yang sampai belasan juta!

10. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

  • Alamat: Bumi Perkemahan Cibubur, Jalan Flora Indonesia, Cibubur, Ciracas.
  • Telepon: 021-8444948
  • Jam operasional: Senin-Jumat khusus rombongan. Sabtu-Minggu, 08.00-16.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp10.000

Kalau membicarakan taman lalu lintas mungkin langsung teringat dengan taman lalu lintas di Bandung, Taman Ida Suryani Nasution. Padahal, di Cibubur ada juga taman setipe bernama Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara. Tempat ini diprakarsai oleh Polda Metro Jaya.

Di dalamnya terdapat jalan raya mini yang dilengkapi dengan berbagai rambu lalu lintas termasuk lampu lalu lintas. Kemudian, kamu akan menemukan lintasan kereta api mini di sekeliling taman.

Lalu, anak-anak bisa bermaik sepeda keliling, menaiki kereta api mini, sampai fun car. Tak hanya itu, ada istana balon di dalamnya dan kamu bisa membawa sepeda sendiri untuk mengelilingi taman, lho.

Dari 10 tempat wisata di Cibubur, mana yang akan kamu kunjungi bersama anak dan keluarga? Quality time bersama pun menjadi lebih berkualitas dan memperkuat bonding mengunjungi tempat tersebut. Kalau kamu sudah puas di Cibubur, bisa jelajahi kawasan lainnya. Simak inspirasinya di Keluyuran.

Previous articlePerlengkapan Listrik Berbagai Merek Ada di Borma
Next article4 Kota Favorit di Asia yang Ramah untuk Pesepeda