Bagi pasangan yang akan menikah, salah satu tahap yang biasanya dilewati adalah sesi foto prewedding. Sebenarnya prewedding bukanlah kewajiban yang harus dilakukan, tetapi prewedding telah menjadi salah satu budaya atau kebiasaan yang dilakukan oleh hampir seluruh pasangan di dunia.

Prewedding bisa menjadi salah satu pengeluaran yang cukup besar bagi kedua pasangan, tapi hal itu bergantung pada lokasi dan konsep yang akan digunakan. Bagi kamu yang ingin melakukan prewedding dengan budget sederhana, yuk kunjungi kota Tangerang, Banten. Di sana terdapat beberapa rekomendasi tempat prewedding yang tidak kalah menarik sekaligus romantis.

Khusus bagi kamu dan pasangan yang menginginkan konsep prewedding outdoor, kamu bisa pilih  beberapa rekomendasi tempat prewedding di Tangerang berikut ini.

1. Hutan Kota BSD

* sumber: www.bridestory.com

Salah satu tempat prewedding favorit di Tangerang adalah hutan kota BSD atau biasa disebut taman BSD 2. Tidak hanya mudah diakses, hutan kota ini juga sangat sejuk dan bersih. Selain itu hutan kota ini berfungsi sebagai paru-paru kota, jadi sekalian juga untuk tempat pelepaskan penat sekaligus untuk para wisatawan.

Nuansa hutan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan prewedding dengan teman santai atau alam. Dan yang terpenting adalah kamu tidak perlu mengeluarkan budget sewa lokasi untuk prewedding di tempat ini. Pemerintah kota Tangerang pun menyatakan masyarakat tidak perlu ragu untuk memakai fasilitas kota termasuk untuk prewedding.

Hutan kota BSD memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti area bermain, trek olahraga, tempat duduk yang bernuansa kayu dan gazebo.

  • Alamat: Jl. Letnan Sutopo, Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Jam buka: 06:00 – 18:00 WIB
  • Harga: Gratis

2. Taman Potret

* sumber: palapanews.com

Selain di hutan kota, kamu juga bisa memanfaatkan taman kota untuk tempat prewedding. Sebenarnya teradapat banyak taman kota di Tangerang tetapi salah satu taman kota yang menjadi tempat favorit prewedding adalah Taman Potret. Taman ini biasanya banyak digunakan oleh masyarakat Tangerang sebagai tempat olahraga, bermain, atau sekedar jalan-jalan.

Taman ini memiliki luas 5000 meter yang bisa membuat kamu dan pasangan bisa menikmati setiap sudut taman yang indah. Suasananya yang sejuk dan terdapat banyak patung atau dekorasi taman akan membuat foto preweddingmu terlihat menarik.

  • Alamat: Babakan, Tangerang, Kota Tangerang, Banten
  • Jam buka: 24 Jam
  • Harga: Gratis

 3. Situ Cipondoh

* sumber: dolanyok.com

Bagi kamu yang ingin foto prewedding di wahana air, Tangerang punya salah satu danau yang bagus untuk prewedding yaitu situ Cipondoh. Selain murah, situ Cipondoh ini memiliki spot yang indah terutama saat sunset tiba. Kamu bisa melakukan prewedding di perahu atau di taman situ Cipondoh.

Selain itu, situ Cipondoh juga memiliki wahana lain yang bisa kamu jadikan tempat prewedding seperti perahu bebek atau perahu boat. Buat kamu yang ingin memangkas sedikit biaya prewedding, tentunya tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat bukan?

  • Alamat: Jl. KH. Hasim Ashari, Cipondih, Kota Tangerang, Banten
  • Telepon: 081213797484
  • Jam buka: 08:00 – 20:00 WIB
  • Harga: Rp2.000 (Weekday), Rp3.000 (Weekend)

4. Telaga Biru Cisoka

Tempat wisata lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai tempat prewedding adalah Telaga Biru Cisoka. Sesuai dengan namanya, air danau disana berwarna biru langit yang cerah. Sehingga membuat banyak pengunjung tertarik untuk datang kesana. Warna biru di danau tersebut terbentuk bekas tambang pasir.

Warna air di danau ini bisa berubah tergantung cuacanya, mulai dari warna hijau, biru langit, dan biru toska. Tidak hanya untuk keperluan media sosial saja, tidak sedikit orang yang memanfaatkan danau biru sebagai tempat prewedding dengan panorama alam yang indah.

Untuk melakukan foto prewedding, kamu bisa menyewa perahu dengan harga Rp20.000. Atau berfoto di pinggir danau dengan latar belakang danau biru.

  • Alamat: Jl. Cigaru Cisoka, Desa Cisoka, Kec. Cisoka, Tangerang, Banten
  • Jam buka: 06:00 – 18:00 WIB
  • Harga: Gratis

5. Tanah Retak

Jika tanah retak merupakan pertanda yang membawa duka akibat musim kemarau, berbeda dengan tanah retak yang berlokasi di kawasan pantai Anom Tangerang ini. Awalnya tanah retak tersebut adalah lumpur dari tumpahan laut karena kemarau yang cukup panjang di Tangerang membuat tanah di pesisir pantai tersebut menjadi retak.

Tanah retak justru mendatangkan rezeki bagi penduduk sekitar ketika mulai banyak orang yang berkunjung untuk berfoto. Bermula dari viral di media sosial, tanah retak menjelma menjadi tanah tempat prewedding. Tanah retak yang berwarna putih keabuan itu menjadi keunikan tersendiri bagi pasangan yang prewedding.

Dihiasi dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi membuat konsep preweddingmu akan terlihat unik. Untuk mencapai ke lokasi, kamu tidak bisa menggunakan kendaraan roda empat karena akses menuju kesana cukup sempit, sehingga kamu harus menggunakan sepeda motor atau ojek. Apakah kamu tertarik untuk prewedding di tanah retak?

  • Alamat: Kawasan Pantai Anom, Desa Kramat, Kec. Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten
  • Harga: Rp5.000

6. Tanah Tingal

*

Tanah tinggal merupakan wisata edukatif atau tempat outbond yang sangat menyenangkan. Tapi tidak sedikit pasangan muda yang menjadikan tanah tingal sebagai tempat prewedding. Bagi kamu yang ingin foto prewedding dengan konsep yang fun, kamu dan pasangan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada disana sebagai properti prewedding. Memiliki taman yang luas dan danau buatan, membuat kamu bisa menggunakan semua sudut di tanah tingal.

  • Alamat: Jl. Merpati No. 32B, Sawah Baru Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten
  • Telepon: 021- 7409454
  • Jam buka: 08:00 – 16:00 WIB
  • Harga: Rp8.000 (Weekday), Rp10.000 (Weekend)

7. Tebing Koja

* sumber: phinemo.com

Berawal dari sosial media, Tebing Koja mengundang daya tarik pengunjung untuk datang kesana. Tempat wisata ini sebanrnya adalah area beksa tambang pasir yang sudah tidak aktif. Sehingga menyisakan tebing-tebing yang menjulang tinggi dan terlihat indah. Disebut sebagai tebing Godzilla, kawasan wisata tersebut ramai pengunjung.

Bahkan tidak sedikit yang menjadikan Tebing Koja sebagai tempat prewedding favorit. Pemandangan alam yang asri dan danau membuat tebing ini semakin indah. Di sana juga terdapat beberapa gazebo unik berbentuk segitiga yang terbuat dari ranting pohon. Dijamin akan membuat foto prewedding menjadi sangat menarik.

Menurut pengelola disana, waktu yang tepat untuk berfoto adalah jam 3 sore. Tetapi lokasi ini cukup jauh dari pusat Tangerang, membutuhkan sekitar 1 jam untuk sampai ke lokasi.

  • Alamat: Desa Cireundeu, Kec. Solear, Kab. Tangerang, Banten
  • Jam buka: 05:00 – 18:00 WIB
  • Harga: Rp5.000 (pengunjung biasa), Rp350.000 (prewedding)

Itulah beberapa rekomendasi tempat prewedding di Tangerang. Selain harganya murah, tempat-tempat tersebut pun sangat indah dan menarik. Apakah kamu pernah mengunjungi salah satu tempat di atas? Kira-kira tempat mana nih yang mau kamu kunjungi untuk prewedding?

Atau kamu tahu mengenai tempat prewedding lainnya di Tangerang? Jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar.

Previous article10 Cafe Murah Meriah di Bandung yang Wajib Dicoba
Next articleInilah 10 Tempat Wisata di Belanda yang Mesti Dikunjungi