Rinjani 100, ajang lari lintas alam di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat akan kembali digelar pada 3-5 Juni 2022 mendatang. Ada lima kategori yang dilombakan, yakni rute klasik sejauh 27K dan 36K, serta rute dari tepi laut ke puncak gunung sejauh 75K, 119K, dan 162K.

Titik start untuk rute klasik akan dimulai dari Desa Sembalun, sementara untuk rute lainnya akan dimulai dari Pantai Belanting. Secara berurutan, peserta dengan kategori terjauh, yakni 162 km, akan memulai lari terlebih dahulu pada Jumat, 3 Juni, pukul 15:00, diikuti peserta dari kategori lainnya dengan jarak yang lebih pendek.

Kategori 36K biasanya yang paling banyak diminati karena memungkinkan peserta untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Kategori yang lebih jauh juga melewati puncak, hanya saja rutenya lebih memutar dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Sejak penyelenggarannya yang pertama pada 2016, Rinjani 100 sudah menarik minat banyak pelari lintas alam, baik dari dalam maupun luar negeri. Selain sebagai sarana untuk mendapatkan poin UTMB (Ultra-Trail du Mont-Blanc), Rinjani 100 tergolong ajang lari yang cukup berat dengan elevation gain mencapai 15.000 meter lebih.

Rutenya pun menantang, dengan medan yang bervariasi, dari savana, area berpasir gunung berapi, hutan, kebun, jalur perbukitan, dan masih banyak lagi.  Belum lagi mesti menghadapi terik di siang hari dan angin dingin di malam hari. Karena itu, peserta harus benar-benar menyiapkan diri untuk mengikuti lomba ini.

Karena itu, demi menjamin kelancaran lomba maupun keamanan dan kenyamanan peserta, pihak panitia telah melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah mengecek perlengkapan peserta dengan ketat. Bila tak memenuhi syarat, mereka tak diperbolehkan mengikuti lomba.

Pihak pantia juga menyediakan marking yang selalu terjangkau pandangan peserta, selain menempatkan water station setiap 8-10 km. Namun, peserta tetap harus menyupai dirinya dengan hidrasi dan nutrisi secara mandiri.

Perjuangan menempuh trek lari lintas alam ini akan berbuah pemandangan indah di sepanjang perjalanan, dari Danau Segara Anak yang indah hingga puncak Rinjani yang megah. Tak heran bila Rinjani 100 kerap dipilih sebagai salah satu acara olahraga yang tak boleh dilewatkan.

Berminat mengikuti Rinjani 100 tahun depan? Segera registrasi di rinjani100.com. Jangan lupa untuk siapkan dirimu dengan latihan yang cukup.

Teks: Melinda Yuliani

Previous articleCara Bermain Aneka Permainan di Game Master untuk Pemula
Next article10 Toko Kue di Jakarta yang Enak & Wajib untuk Dikunjungi