Freediving merupakan salah satu metode penyelaman yang dikenal lebih ekstrem dan menantang ketimbang scuba diving. Pasalnya, penyelaman dilakukan hanya dengan alat selam dasar, seperti masker dan kaki katak, serta tanpa tabung oksigen. Karena itu, mereka harus melakukan penyelaman dalam satu tarikan napas.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang freediver adalah belajar untuk tak melakukan freediving sendirian dan selalu menyelam bersama seorang buddy. Dengan mengikuti kursus freediving, kamu bisa mencari tahu alasan kenapa kegiatan ini tidak boleh dilakukan seorang diri.

Kamu juga akan diajarkan berbagai macam teknik, termasuk cara menahan napas melebihi tingkat kenyamanan biasanya. Tak hanya itu, kamu juga bisa berlatih teknik penyelamatan dasar. Berikut ini rekomendasi tempat kursus freediving di Jakarta.

1. Let’s Freedive

Let’s Freedive menawarkan pelatihan freediving di kolam selam Tribuana sedalam 16 meter di kompleks Kopassus, Cijantung. Ada beberapa kelas yang bisa kamu ikuti, dan bila berhasil mengikuti pelatihannya, kamu akan mendapatkan sertifikat AIDA.

Foto: Dok. Google Maps/Kardus Ichan

Biaya kursus mulai Rp4 juta. Kamu bahkan bisa mengambil AIDA Instructor Course di sini untuk menjadi instruktur freediving. (letsfreedive.com)

2. Freediving Society

Tempat kursus ini menyediakan kursus untuk pemula hingga pelatihan untuk menjadi instruktur freediving. Harganya bervariasi, yakni mulai Rp2,5 juta untuk Intro Freediving dan mulai Rp4 juta untuk Basic Course.

Foto: Instagram @freediving_society

Ada pula opsi Fun Diving untuk penyelaman di beberapa lokasi pilihan seperti Pulau Pramuka, Amed dan Tulamben di Bali, atau bahkan kolam renang di Aquatic Center GBK. (freedivingsociety.com)

3. Selam Bebas Indonesia

Sama halnya dengan kursus di atas, Selam Bebas Indonesia juga menyediakan pelatihan freediving untuk pemula hingga kelas master. Kelas reguler dilakukan tiap Rabu pukul 14:00 dan Minggu pukul 10:00 (bisa cek akun Instagram @selambebasind untuk info terbarunya).

Foto: Instagram @antondonats

Di luar jadwal yang disediakan, kamu bisa melakukan sesi pelatihan secara privat bersama instruktur. Selain itu, Selam Bebas Indonesia juga menyediakan kelas berenang untuk memperlancar kemampuan berenang, maupun kelas CPR yang berguna dalam keadaan darurat. (selambebas.com)

Teks: Melinda Yuliani

Previous article8 Camping Ground di Sekitar Berastagi yang Wajib Dijajal
Next article10 Menu Platinum Grill Paling Enak yang Mesti Dicoba