Bulan Ramadan bagi umat muslim merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu. Semua orang akan berpuasa dari Subuh hingga Magrib. Perut tidak diisi makanan ataupun minuman. Nah, ini terkadang membuat orang-orang menjadi malas untuk beraktivitas, apalagi untuk traveling. Terutama jika bulan Ramadan jatuh di musim kemarau yang panas, semakin malas orang untuk keluar.

Sebenarnya, bulan Ramadan bukan penghalang bagi kamu untuk tetap bisa melakukan hobimu itu.  Lalu bagaimana cara berbuka puasa nantinya? Sebenarnya, tak ada masalah dengan berbuka saat traveling jika kamu tahu tipsnya. Supaya kamu tak bermasalah saat harus berbuka, yuk ikuti tips buka puasa saat traveling berikut ini.

1. Pilih Destinasi Ramah Muslim

Di bulan Ramadan seperti sekarang ini, ada baiknya jika kamu mengunjungi destinasi wisata yang ramah untuk muslim. Pertimbangannya adalah kemudahan untuk berbuka dan beribadah lainnya. Maksudnya destinasi itu memungkinkan kamu untuk mencari makanan untuk buka dan sahur.

Selain itu, banyak terdapat restoran yang menjual makanan halal. Bagi seorang muslim, sebelum membeli makanan, penting untuk mempertimbangkan aspek kehalalannya. Jadi pastikan destinasi itu memiliki tempat makan yang menjual makanan halal.

2. Bawa Air Putih dan Kurma di Tas

Ada baiknya kamu membawa air putih dalam tasmu sebelum pergi berjalan-jalan. Tujuannya agar disaat berada di tempat wisata dan waktu berbuka tiba, kamu tidak akan kesusahan untuk berbuka. Setidaknya kamu bisa membatalkan puasamu dengan air putih terlebih dahulu.

Satu lagi yang mungkin perlu kamu bawa saat traveling di bulan puasa adalah kurma. Buah kurma akan membantu kamu mendapatkan kembali energi karena rasa manis alaminya. Selain itu, buah kurma juga mudah untuk dibawa ke mana-mana.

3. Ketahui Waktu Sahur dan Buka Puasa

Seperti yang kamu ketahui bahwa waktu berbuka puasa berbeda – beda bergantung zona waktunya. Selain itu, jika kamu berlibur ke luar negeri, waktu berbuka juga akan berbeda tiap musimnya. Begitu pula dengan waktu sahur, akan dipengaruhi oleh musim juga zona waktu.

Jika kamu pergi traveling ke luar kota, luar pulau atau bahkan luar negeri, yang penting kamu ketahui dan miliki sebelum pergi berlibur adalah waktu berbuka dan sahur. Ini akan memudahkan kamu ketika sedang berada di tempat wisata.

Kamu tak perlu bingung-bingung lagi apakah waktu berbuka sudah tiba atau belum dan apakah waktu sahur sudah habis atau belum. Untuk tahu ini, kamu bisa mengunduh aplikasi pengingat salat di smartphone-mu melalui PlayStore ataupun AppStore.

Umumnya aplikasi tersebut tak hanya menyediakan fitur yang mengingatkan waktu salat tapi juga waktu imsak. Untuk berbuka, aplikasi ini tentunya akan sangat membantu.

4. Siapkan Perbekalan

Selain air putih dan kurma kamu juga bisa menyiapkan makanan yang lain. Mungkin destinasi wisata yang kamu tuju tidak begitu memiliki banyak restoran atau kedai-kedai maupun kios-kios makanan yang menjual makanan halal, jadi kamu perlu membawa makanan sendiri.

Sebelum pergi kamu bisa siapkan perbekalan berupa makanan yang gampang untuk dibawa dan tidak merepotkan. Kamu bisa bawa camilan sehat, seperti multigrain yang isinya berupa campuran biji-bijian yang sehat, buah yang tak terlalu manis, cokelat, susu rendah lemak, atau yogurt rasa plain.

5. Rencanakan Tempat Berbuka Puasa Sebelum Pergi

Ketika berpuasa saat traveling, mungkin kamu bingung akan berbuka puasa di mana? Kalau kamu berencana untuk berbuka puasa di luar, terlebih dahulu pilih tempat berbuka yang akan kamu kunjungi. Jangan sampai kamu kehabisan waktu memilih tempat saat waktu berbuka sudah dekat.

Mendadak pesan saat akan berbuka puasa juga bisa membuat kamu kehabisan tempat duduk karena kamu datang di last minute. Orang-orang pasti sudah banyak yang berdatang, apalagi waktu buka memang dekat dengan waktu makan malam.

Dengan memilih lebih awal, kamu bisa memastikan banyak hal, selain jarak juga kehalalan makanan yang dijual di tempat makan yang akan kamu tuju. Karenanya usahakan agar satu jam sebelumnya kamu sudah memesan tempat atau mengetahui tempat makan yang akan kamu datangi.

Oh iya, sesudah berbuka, jangan buru-buru pergi. Istirahatkan dulu sejenak perutmu. Ini supaya saat kamu harus kembali traveling atau pulang ke penginapan perut kamu tidak akan merasa sakit.

6. Cari Tahu Masjid Terdekat

Kalau kamu tak berniat untuk makan di tempat makan umum karena takut akan kehalalannya, coba cari masjid terdekat. Masjid bisa menjadi pilihan aman karena pastinya di sana akan disajikan makanan yang halal.

Sebelumnya kamu harus cari tahu dulu letak masjid terdekat. Kalau kamu traveling di Indonesia, sepertinya kamu akan dengan mudah menemukan masjid, tapi jika kamu berkunjung ke luar negeri, apalagi ke negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim, kamu akan sedikit kesusahan.

Biasanya, pihak masjid akan menyediakan takjil gratis sehingga kamu nggak perlu mengeluarkan uang. Selain itu, kamu tak akan ragu lagi dengan kehalalan makanan yang akan dikonsumsi. Sesudahnya, kamu juga tak akan kesusahan untuk salat Maghrib dan bisa berjamaah pula.

7. Ikut Acara Bukber

Tips buka puasa saat traveling lainnya yaitu ikut buka puasa bareng alias bukber. Tempat untuk yang bisa kamu datangi untuk berbuka puasa bersama tak hanya masjid. Kamu bisa ikut bukber dengan teman muslim yang jadi kenalan kamu.

Biasanya komunitas-komunitas muslim suka mengadakan acara buka puasa bersama. Nah, kalau kamu punya teman di daerah wisata yang kamu kunjungi yang kebetulan seorang muslim, kamu bisa bergabung dengannya.

Tentunya, kamu bisa mencicipi kuliner khas daerah setempat. Selain itu, kamu bisa memiliki kesempatan untuk menjadi persahabatan dengan penduduk lokal yang juga berpuasa. Serunya lagi, kamu bisa berbagi cerita berpuasa di tempat masing-masing.

8. Pilih Makanan Siap Saji

Meskipun ini tidak dianjurkan, namun karena kamu sedang traveling, kamu bisa mencoba menu makanan siap saji. Makanan ini biasanya akan disajikan dalam waktu yang singkat sehingga kamu tidak terlalu lama merasa lapar.

Tidak semua makanan siap saji sehat. Jadi pastikan kamu memilih makanan siap saji yang sehat sehingga tidak akan menimbulkan masalah kesehatan sesudahnya. Pilihlah makanan siap saji yang tidak terlalu berat saat berbuka.

9. Hindari Makanan yang Bisa Menyebabkan Masalah

Ingat, kamu sedang traveling jadi jika terjadi sesuatu itu akan sangat merepotkan. Karenanya pilihlah makanan yang aman-aman saja untuk dikonsumsi. Hindari makanan yang bisa membuat kamu sakit perut atau masalah kesehatan lainnya.

Perhatikan juga kondisi kesehatanmu. Jika kamu memiliki riwayat kesehatan tertentu, pastikan untuk memilih makanan yang tidak dilarang oleh dokter. Jangan sampai puasa dan traveling-mu kacau gara-gara makanan berbuka yang kamu pilih.

Nah, itulah tips buka puasa saat traveling yang bisa kamu terapkan. Traveling di bulan Ramadan juga akan mengasyikkan karena kamu bisa belajar budaya setempat. Kamu bisa tahu kebiasaan dan tentunya mencicipi makanan-makanan khas bulan puasa yang ada di tempat yang kamu kunjungi. Selain itu, ada keseruan tersendiri saat kamu berkumpul dengan penduduk lokal saat berbuka.

Jadi, saat kamu traveling, kamu tak lagi harus khawatir tentang berbuka. Tips di atas akan membantumu menyiasati berbuka puasa saat kamu sedang traveling. Selamat jalan-jalan!

Previous articleWahyu Mahendranata: Menjadi Fotografer Tak Semudah yang Dikira
Next articleInilah Daftar Menu Terenak di Domino’s Pizza, Apa Favoritmu?